buah kiwi

Buah kiwi pada dasarnya berasal dari Cina, namun telah banyak dibudidayakan di Selandia Baru. Tak heran banyak yang lebih mengenalnya sebagai buah khas Selandia Baru. Memiliki rasa asam dan sedikit manis, kiwi banyak dimanfaatkan sebagai topping yogurt atau menu sarapan. Daging buah kiwi yang berwarna hijau kaya akan vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalium, dan juga asam folat. Selain kaya vitamin, kiwi juga rendah kalori dan protein sehingga cocok untukmu yang sedang diet. Dilansir dari U.S. Department of Agriculture, pada umumnya dalam 100 gram buah kiwi terdapat kandungan sebagai berikut: 

  • 1 gram protein
  • 64 kalori
  • 3 gram serat
  • 74,7 miligram vitamin C
  • 35 miligram kalsium
  • 1,3 miligram vitamin E
  • 0,24 miligram zat besi

Ternyata banyak juga ya kandungan nutrisi pada buah kiwi. Tak heran buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, tubuh, bahkan juga unutk ibu hamil. Berikut 7 manfaat kiwi yang perlu kamu ketahui: 

1. Kiwi untuk Ibu Hamil 

Sebuah penelitian membandingkan asupan sereal fortifikasi zat besi pada pisang dan kiwi, dan menunjukkan hasil bahwa pada kelompok orang yang mengonsumsi kiwi mengalami peningkatan ferritinin. Ferritin adalah protein dalam tubuh yang bertugas mengikat zat besi. Sebagian besar zat besi yang tersimpan dalam tubuh terikat dengan protein tersebut. Pada ibu hamil biasanya mengalami defisiensi zat besi, untuk itu dengan mengonsumsi buah kiwi dapat membantu meningkatkan kadar zat besi pada ibu hamil yang dibutuhkan tubuh. 

2. Kiwi untuk Orang dengan Kolesterol Tinggi 

Manfaat buah kiwi lainnya adalah dapat mengontrol dan menjaga kadar kolesterol trigliserida (atau lemak darah) dalam batasan normal. Selain itu juga serat pada buah kiwi dapat membantu memelihara jantung. Sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi 3 buah kiwi tiap hari dapat membantu menurunkan kadar trigliserida hingga 15%.

3. Kiwi untuk Kelembapan Kulit

Tak hanya untuk kesehatan, manfaat buah kiwi juga dapat membantu membuat kulitmu jadi lebih sehat dan kencang lho. Kiwi memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengatasi peradangan serta meredakan jerawat.

Selain mengonsumsi buah kiwi sebagai topping pada menu sarapan, kamu juga bisa lho mengonsumsi buah kiwi dalam bentuk lainnya. Kini hadir Realfood Jelly Kiwi Barrier Boost dengan kandungan kiwi. Cemilan jelly yang terinspirasi dari cemilan Korea ini memiliki fungsi untuk memperkuat skin barrier sehingga dapat membantu mencegah kulit kering. Tak hanya itu, Realfood Jelly Kiwi Barrier Boost juga dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit dan membantu menghaluskan kulit

4. Orang dengan tekanan Darah Tinggi

Disebutkan dalam poin sebelumnya bahwa buah kiwi dapat membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah. Jika rutin mengonsumsi kiwi dapat menurunkan resiko  terkena penyakit stroke atau serangan jantung. Selain itu kandungan kalium dalam buah kiwi dapat menjaga fungsi dan kesehatan jantung. 

Kalium berfungsi untuk membantu melemaskan pembuluh darah sehingga peredaran darah lebih lancar dan tekanan darah jadi stabil. Kandungan antioksidan pada kiwi juga dapat membuatnya berfungsi dan berperan sebagai anti kanker dalam tubuh. 

5. Kiwi untuk Orang Insomnia

Siapa yang sangka bahwa mengonsumsi kiwi dapat membantu mengatasi gangguan tidur. Hal ini dikarenakan buah kiwi memiliki kandungan antioksidan dan serotonin di dalamnya. Mengonsumsi 2 buah kiwi sebelum tidur dapat membuat Realfoodfam tidur lebih mudah. 

6. Buah Kiwi Untuk Diet

Bagi Realfoodfam yang sedang menjalankan program diet, kamu bisa lho mengonsumsi buah kiwi yang dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan juga mencegah sembelit. Selain itu, ternyata kiwi juga memiliki manfaat untuk mempercepat pembakaran lemak di tubuh lho. Tak hanya itu, manfaat kiwi dapat membantu menjaga kesehatan tulang juga lho. 

Jika bosan mengonsumsi kiwi dalam bentuk buah, kamu bisa juga menjadikannya smoothies atau mencoba produk Realfood Jelly Kiwi Barrier Boost yang mengandung sarang burung walet dan ekstrak buah kiwi untuk menjaga kulit agar tetap kencang, dan terhidrasi dengan baik. Tak hanya itu, Realfood Jelly Kiwi Barrier Boost juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh lho dengan kandungan sarang burung walet yang kaya asam amino esensial didalamnya.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kulit, kamu juga harus memperhatikan ya apakah terjadi reaksi alergi pada tubuhmu setelah mengonsumsi buah kiwi. Karena ternyata kiwi juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang, seperti bibir bengkak, gatal-gatal pada kulit dan tenggorokan, mual, serta muntah.

Artikel Terkait: