cara diet tanpa olahraga

Seperti yang sudah diketahui bahwa cara menurunkan berat badan yang efektif adalah dengan menjaga pola makan dan juga memperbanyak aktivitas olahraga. Namun sebagian orang bahkan tidak memiliki waktu olahraga karena padatnya aktivitas di kantor. Ternyata, ada cara diet tanpa olahraga yang tetap bisa kamu coba untuk mendukung program menurunkan berat badan, ataupun untuk mencapai tujuan hidup sehatmu. Di sini kita akan membahas 10 cara diet alami tanpa olahraga yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang, diantaranya adalah: 

1. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Cara diet tanpa olahraga yang sederhana namun tetap efektif untuk dilakukan adalah dengan mengunyah makanan secara pelan-pelan. Hal ini nampak sederhana namun seringkali dilupakan oleh banyak orang. Dalam sebuah study yang dilakukan tahun 2011 oleh Appetite disebutkan bahwa mengunyah setiap suapan secara menyeluruh dan memperpanjang durasi makan dapat membantu mengurangi asupan makanan. Selain itu, mengunyah makanan juga dapat membuatmu lebih menikmati apa yang kamu makan

2. Tambahkan Asupan Protein di Setiap Jadwal Makan

Tips diet tanpa olahraga yang efektif dan bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan protein dalam setiap jadwal makan. Mengonsumsi lebih banyak protein dapat mencegah berat badan bertambah walaupun tanpa olahraga.protein membuat efek kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan

3. Konsumsi Lebih Banyak Serat 

Sama halnya seperti protein, serat juga menjadi salah satu nutrisi penting dalam program penurunan berat badanmu. Serat dapat membuat kenyang lebih lama dan memperlambat pengosongan perut. Selain sayur dan kacang-kacangan, kamu bisa mendapatkan asupan serat tambahan dengan mengonsumsi Realfood Cleanse Passion Power sesudah makan. Realfood Cleanse Passion Power membantu sehatkan pencernaanmu dengan memenuhi serat harian dari 12 jenis buah & sayuran serta prebiotik dari sarang burung walet.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan dengan Minum Air Putih

Cara diet alami tanpa olahraga ini mungkin hal yang sederhana namun banyak orang lupa untuk lakukan. Yaitu dengan memastikan asupan cairanmu cukup. Usahakan untuk minum air putih minimal 2,5liter sehari untuk mengontrol kalori yang masuk agar tidak berlebihan

5. Konsumsi Makanan dalam Jumlah Kecil

Menyajikan makanan dengan porsi atau jumlah lebih kecil ternyata dapat membuatmu makan lebih sedikit dan membuat berat badan terjaga lho, Realfoodfam. Jangan lupa untuk menghindari kebiasaan makan sambil menonton TV karena dapat mmebuatmu terdistraksi dan makan berlebihan. 

6. Konsumsi Probiotik

Salah satu cara diet tanpa olahraga yang dapat kamu coba adalah dengan mulai mengonsumsi probiotik yang merupakan bagian dari pencernaan. Dalam studi yang dilakukan pada 2018 oleh Frontiers in Physiology menunjukkan bahwa probiotik memengaruhi berat badan, suasana hati dan juga massa lemak. 

7. Tidur Cukup

Ternyata kurang tidur dapat membuat gangguan pad arasa lapar lho, Realfoodfam! Tak heran kamu akan merasa lapar dan nafsu makan semakin bertambah ketika kurang tidur, untuk itu pastikan tidur cukup setiap hari selama 7-8 jam sehari agar kamu tidak makan berlebihan ya. 

8. Hindari Minuman dan Makanan Manis

Cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan menghindari makanan atau minuman manis. Tak hanya untuk program diet, tapi menghindari makanan manis dapat memberi manfaat bagi kesehatanmu dalam jangka panjang. Mulai sekarang kamu bisa mengganti boba atau es kopi susu favoritmu dengan jus buah tanpa tambahan gula, atau air kelapa muda yang tak kalah segarnya. Tak hanya sehat, hal ini juga merupakan salah satu cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga yang patut kamu lakukan mulai dari sekarang agar di masa tua terhindar dari penyakit kronis. 

9. Kelola Stress

Dalam jurnal penelitian yang diterbitkan Molecular Psychiatry disebut bahwa stress dapat membuat pilihan makanan kita menjadi lebih baik. Selain itu, hormon stres kortisol yang menumpuk dapat menyimpan lemak dan juga meningkatkan rasa lapar. Untuk itu mulailah latih dan kelola stress mu dengan baik sebagai salah satu cara diet tanpa olahraga yang bisa kamu atur dan lakukan sendiri. Salah satunya dengan relaksasi atau menyempatkan waktu me time. Jika stress mu terjadi berkepanjangan, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli agar tidak mengarah ke masalah mental illness.

10.  Kurangi Junk Food dan Makanan Berlemak

Cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga yang terakhir bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari konsumsi junk food dan makanan berlemak. Junk food dan makanan berlemak adalah musuh dalam program diet karena memiliki kandungan serat yang sangat sedikit, namun kaya akan kalori dan lemak jenuh. Hal ini dapat memicu penyakit kronis dikemudian hari, dan juga dapat menaikkan kadar kolesterolmu lho, Realfoodfam! Itulah beberapa cara diet alami tanpa olahraga yang tetap bisa kamu terapkan untuk menurunkan berat badan. Atau kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan saran atau tips lain tentang diet yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhanmu. Meski ada beberapa cara diet tanpa olahraga yang bisa kamu lakukan, namun tetaplah jaga pola makan dan selipkan olahraga ringan sebisa mungkin. Karena olahraga tetaplah menjadi cara yang paling efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk mengonsumsi Realfood Cleanse Passion Power yang memiliki kandungan sarang burung walet dan mengandung prebiotik sehingga baik untuk pencernaan dan mendukung program dietmu!

Artikel Terkait Lainnya: