cara menahan nafsu makan

Salah satu penyebab gagalnya diet adalah gagal menahan nafsu makan. Padahal, dengan menahan nafsu makan, kita bisa mengurangi kalori yang masuk. Cari tahu dulu yuk penyebab seseorang sulit menahan nafsu makan! 

Penyebab Sulit Menahan Nafsu Makan

1. Kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi 

Baik makronutrien atau mikronutrien, tubuh akan memberikan sinyal lapar ke otak sehingga bawaannya pengen makan terus! 

2. Stress

Hormon kortisol dapat meningkatkan nafsu makan, terutama makanan manis yang dapat meningkatkan produksi hormon endorfin.

3. Masalah hormonal

Beberapa masalah hormonal seperti hipotiroid, hipertiroid, dan kelebihan produksi insulin dapat menyebabkan nafsu makan tidak terkontrol.

4. Kebiasaan makan tidak teratur 

Seseorang yang tidak terbiasa dengan jadwal makan teratur atau makan terlalu sedikit bisa menyebabkan nafsu makan tidak terkontrol lho! 

5. Penggunaan obat-obatan

Beberapa jenis obat seperti pengobatan depresi dan obat-obatan dengan steroid dapat meningkatkan nafsu makan. 

6. Masalah emosional atau psikologis

Masalah psikologis seperti depresi, kecemasan, atau masalah pengendalian diri dapat membuat seseorang makan berlebihan sebagai mekanisme koping. 

7. Lingkungan 

Lingkungan yang menyediakan akses ke makanan akan mendorong makan berlebihan. Atau lingkungan yang justru kesulitan akses makanan juga dapat menyebabkan nafsu makan berlebih. Ingat juga nasihat orang jaman dulu yang memaksa anak untuk makan banyak? Ya itu bisa jadi penyebab! 

8. Penyakit 

Beberapa penyakit seperti diabetes atau penyakit ginjal dapat menyebabkan nafsu makan yang tidak terkontrol. Contohnya pada diabetes, hal ini disebabkan karena resistensi insulin sehingga tubuh terasa lapar terus menerus. 

Jika kamu merasa sulit menahan nafsu makan dan mencari cara untuk menahan nafsu makan untuk menjaga berat badan, cobalah cari bantuan profesional atau ahli gizi untuk menginfentifikasi penyebabnya dan mengembangkan strategi makan yang lebih baik. Namun, jika kamu ingin mencoba cara menahan nafsu makan di bawah ini–berikut ini adalah 8 caranya! 

Cara Menahan Nafsu Makan

1. Tetapkan jadwal makan

Cobalah untuk menetapkan waktu makan pagi, makan siang, dan makan malam. Jika masih lapar, selipkan waktu snack. Pilih snack yang tinggi serat seperti Realfood Cleanse Passion Power atau Realfood Cleanse Appletox.

2. Hindari makanan tinggi kalori 

Makanan manis, gorengan, dan makanan siap saji cenderung terasa lezat sehingga nafsu makanmu akan meningkat sehingga rasanya ingin makan terus dan terus!

3. Kontrol makananmu 

Siapkan daftar belanja dan cobalah untuk membeli pilihan makanan yang lebih sehat. Sayur, buah, dan protein berkualitas akan membantu menciptakan gaya makan baru, terutama kalau kamu membiasakan diri untuk masak setiap harinya. 

4. Kurangi konsumsi makanan sampah 

Cobalah untuk tidak menyimpan terlalu banyak makanan tidak sehat seperti snack. Selain tinggi kalori, menyimpan snack di rumah bikin kamu pengen nyemil terus!

5. Tingkatkan konsumsi serat 

Konsumsi lebih banyak makanan dan minuman yang mengandung serat seperti sayuran, buah-buahan, dan suplemen serat bila perlu. Serat akan memberikan rasa kenyang lebih tahan lama.

6. Minum lebih banyak air

Air juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan sebagai cara menahan nafsu makan. Jadi gak ada salahnya lho konsumsi lebih banyak air di saat kamu gak tahan pengen makan! 

7. Rutin berolahraga 

Olah raga secara teratur akan membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan hormon endorfin sehingga nafsu makan akan berkurang! 

8. Cari bantuan psikolog atau psikiater

Jika cara menahan nafsu makan di atas tidak membantu, cobalah untuk menghubungi psikolog atau psikiater untuk mendapatkan saran mengenai cara mengatasi masalah nafsu makan.

Kamu juga bisa menambahkan Realfood Cleanse Passion Power. Inovasi terbaru dari Realfood ini gak cuma bisa menahan nafsu makan, tapi juga membantu menurunkan berat badan lho. Minuman serbuk ini bisa kamu konsumsi karena kaya akan serat dan serat dari 12 jenis buah dan sayuran, prebiotik, dan juga sarang burung walet. Serat tambahan berupa physllium husk akan membantu memberikan rasa kenyang tanpa konsumsi gula berlebih lho. Bayangin deh, gak cuma serat aja, tapi juga memaksamu untuk konsumsi lebih banyak cairan. Rasa passionfruit yang enak juga dilengkapi dengan stevia yang rendah kalori dan rendah indeks glikemik sehingga kamu gak usah takut konsumsi gula berlebih. Yuk, tahan nafsu makan dengan serat sehat dengan Realfood Cleanse Passion Power.

Artikel Terkait: