cara mengatasi rambut kering

Rambut kering sering kali dianggap kurang atraktif sehingga banyak orang yang mencari produk atau cara mengatasi rambut kering. Pasalnya rambut sering kali disebut sebagai mahkota insan. Begitu banyak produk di pasaran, tetapi ini dia 8 cara mengatasi rambut kering yang bisa kamu coba mulai dari sekarang! 

1. Hindari Mencuci Rambut Terlalu Sering 

Di masa pandemi ini pastinya kita sangat ingin menjaga kebersihan dengan rutin mencuci rambut. Faktanya, cara mengatasi rambut kering yang paling mudah adalah dengan mengurangi frekuensi mencuci rambut. Setidaknya berikan jeda 2 hari atau cukup keramas 2-3 kali saja dalam seminggu. Selain itu, fokuslah membersihkan kulit kepala baru menurunkan busa di batang rambut. 

2. Gunakan Shampoo yang Tepat

Pemilihan shampoo yang tepat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut kering. Shampoo yang tepat akan membantu membersihkan rambut tanpa menghilangkan minyak alami rambut, menjaga kelembapan rambut, dan tentunya mencegah kekeringan. Realfoodfam bisa memilih shampoo dengan warna pekat karena shampoo dengan warna pekat mengandung lebih banyak kandungan pelembap jika dibandingkan dengan shampoo berwarna bening. 

3. Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

Cara mengatasi rambut kering paling mudah adalah dengan mengaplikasikan kondisioner setelah mencuci rambut. Kondisioner sendiri dapat menutup kutikula rambut dan memberikan minyak alami di rambut. Selain minyak, kondisioner juga banyak mengandung dimethicone yang dapat menjaga kelembapan rambutmu. Penggunaan kondisioner juga bisa disesuaikan dengan hair goal kamu nih, apakah ingin sekedar lembap dan lembut, atau ingin mencegah kusam dan lain sebagainya. Pastikan kamu menggunakan kondisioner secukupnya dan hindari area kulit kepala ya!

4. Oleskan Leave-in Conditioner & Hair Oil 

Jika kamu memiliki rambut yang sangat kering, ada baiknya kamu menambahkan kelembapan ekstra dengan leave-in conditioner dan hair oil. Leave-in conditioner memiliki tekstur mirip dengan kondisioner yang mampu melembapkan dan memberikan kesan halus pada rambut. Sedangkan hair oil dapat menjadi cara mengatasi rambut kering karena dapat melapisi setiap helai rambut dengan minyak atau dimethicone sebelum rambut mengalami penataan terutama dengan styling tool bertemperatur tinggi.

Kamu juga bisa lho menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa, tetapi harus berhati-hati karena keduanya bisa membuat rambut tampak lepek. 

5. Berikan Perlindungan yang Cukup untuk Rambut 

Lindungi rambumu dari temperatur tinggi dan paparan sinar matahari terlalu lama dapat menjadi salah satu cara mengatasi rambut kering lho! Jika matahari sedang panas, kenakanlah topi untuk melindungi rambut dan kulit kepala. Ada baiknya gunakan penutup kepala saat berenang di kolam renang atau laut ya! Plus kamu bisa lho menggunakan sunscreen di puncak kepala di mana kulit kepala terlihat jelas!

6. Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut 

Musuh utama rambut kering adalah suhu panas, terutama suhu panas yang berlebih dari styling tool seperti pengering rambut, pelurus rambut, dan pengeriting rambut. Penggunaan styling tool berlebihan dan terlalu sering dapat membuka kutikula rambut sehingga rambut menjadi kering dan mudah rusak. Cara mengatasi rambut kering paling utama adalah dengan menghindari styling tool, tetapi jika harus sekali menggunakan styling tool–selalu gunakan heat protectant.

7. Rutin Lakukan Hot Oil Treatment 

Pernah dengar cara mengatasi rambut kering yang satu ini? Mirip seperti krimbat atau hair spa, hot oil treatment ini dapat kamu lakukan di rumah lho! Mudah saja, cukup siapkan minyak-minyakan alami seperti minyak kelapa dan minyak kemiri. Tuangkan secukupnya pada mangkuk kecil. Siapkan mangkuk besar berisi air panas dan letakkan mangkuk kecil berisi minyak di dalamnya. Diamkan hingga minyak menjadi hangat. Aplikasikan di seluruh rambut dan biarkan setidaknya 1 jam. Bilas hingga bersih. Voila! Rambut menjadi lebih lembap dan halus dan tentunya bebas dari kering! 

8. Konsumsi Makanan yang Membantu Menjaga Kesehatan Rambut 

Aloe vera atau lidah buaya diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, terutama rambut. Sayangnya mengaplikasikan aloe vera ke rambut tidak hanya merepotkan dan aromanya mengganggu, tetapi juga hasilnya tidak bisa dilihat secara instan. Nah, lebih baik kita konsumsi aloe vera saja! Salah satu yang bisa kamu coba sebagai cara mengatasi rambut kering adalah dengan rutin mengonsumsi Program 12 Hari Realfood Hair Power

Hair Power adalah formula semi-concentrated yang diperkaya dengan sarang burung walet. Sarang burung walet sendiri kaya akan asam amino, asam sialat, dan Epidermal Growth Factor yang mampu memperkuat akar rambut. Juga terdapat ekstrak aloe vera untuk kesehatan rambutmu lho! Konsumsi Hair Power punya khasiat ini untuk rambutmu:

  • Membantu pertumbuhan rambut 
  • Mengurangi kerontokan pada rambut 
  • Membantu mencegah rambut kering 
  • Menutrisi rambut agar tetap sehat 
  • Membantu melembutkan rambut 
  • Membuat rambut tampak berkilau

Setelah 6 hari pertama mengonsumsi Hair Power akan mengalami detox, lalu 6 hari kemudian kamu akan merasakan manfaatnya. Namun dengan konsumsi rutin, rambut ala anak sultan yang sehat berkilau bebas kering bisa jadi milikmu! Yuk, rutin konsumsi Program 12 Hari Realfood Hair Power setidaknya 12 hari dalam sebulan untuk rambut sehat dan menjadi cara mengatasi rambut kering!

Artikel Terkait Lainnya: