cemilan korea

Belakangan ini apapun yang berkaitan dengan Korea Selatan tengah digemari banyak orang dari berbagai belahan dunia, begitupun Indonesia. Setelah ramai dengan K-Pop, Korean Drama, belakangan trend cemilan Korea pun mulai banyak bermunculan. Mulai dari restoran, street food, hingga snack Korea. Pasalnya banyak orang ingin merasakan pengalaman yang sama dengan scene yang terjadi dalam drama Korea favorit mereka. 

Hal tersebut tak mengherankan, pasalnya cemilan Korea memiliki rasa yang unik dan juga enak dilidah. Berikut adalah 16 kuliner dari Korea yang belakangan banyak dicari masyarakat Indonesia:

1. Tteokbokki

Tteokbokki merupakan salah satu cemilan Korea yang terbuat dari tepung beras. Makanan ini biasanya memiliki rasa pedas dan memiliki tekstur kenyal dan berbentuk lonjong atau panjang. Tteokbokki belakangan sedang banyak digemari dan banyak ditemukan bahkan di kaki lima lho, Realfoodfam!

2. Banana Milk 

Hampir dianggap sebagai minuman nasional Korea Selatan, Banana Milk sudah pasti menjadi buah tangan bagi orang yang berlibur dari Korea. Susu pisang ini populer karena sering muncul dalam adegan drama Korea. Minuman ikonik Korea ini bisa kamu dapatkan di supermarket Korea ataupun di marketplace favoritmu. 

3. Corn Dog

Corndog adalah makanan yang dibuat dari sosis yang dilapisi adonan tepung kemudian digoreng. Biasa disajikan dengan tusuk sate sehingga banyak ditemukan di kaki lima atau street food. Bahkan saat ini banyak pedagang kaki lima yang menjual corn dog ala Korea ini di kota besar di Indonesia

4. Realfood Jelly 

Cemilan Korea kekinian yang bisa kamu coba adalah Realfood Jelly. Snack Jelly yang sering muncul di drama Korea ini merupakan snack sehat jelly yang mengandung sarang burung walet, kolagen, dan retinol lho! Cemilan Korea berupa beauty jelly ini hadir dengan formula menyehatkan dengan komposisi 1 gram gula dan kalori 5 kkal per sachet. Rasa manis alami Realfood Jelly Flawless sendiri berasal dari buah elderberry dan pomegranate sehingga mengonsumsi Realfood Jelly secara rutin tidak menyebabkan efek buruk pada kesehatan. Hadir dalam varian pertamanya yaitu Flawless, Realfood Jelly bisa kamu konsumsi kapanpun dan dimanapun.

5. Kimbap

Gimbap atau kimbap adalah makanan populer di Korea yang dibuat dari nasi putih yang digulung dengan lembaran rumput laut kering. Makanan yang mirip dengan sushi khas Jepang ini biasanya terdiri dari nasi, sayur-sayuran, kimchi, dan isian daging, atau ikan. 

6. Gyeran-ppang

Gyeran-ppang adalah cemilan Korea yang terbuat dari roti telur yang banyak digemari turis. Tidak perlu khawatir karena gyeran-ppang ini termasuk salah satu snack Korea yang halal karena terbuat dari bahan telur, roti, dan keju. 

7. Buah dan Sayuran Kering

Korea juga terkenal akan buah dan sayuran kering siap kemas yang banyak tersedia di swalayan. Buah dan sayuran yang dikeringkan biasanya berupa ubi, strawberry, pir dan banyak lagi. Cemilan Korea ini bisa jadi opsi yang lebih sehat untuk kamu yang bosan dengan junk food atau makanan berminyak lho. 

8. Odeng

Odeng adalah sate daging ikan yang dimasak dengan cara direbus dengan kuah kaldu. Meski belum banyak yang menjual di Indonesia, tapi odeng banyak dinikmati turis di Kore lho

9. Gurita dan Cumi Bakar

Cumi atau gurita bakar adalah salah satu cemilan Korea yang kerap kali ditemui di sepanjang jalanan Kota Seoul atau Myeongdong. Rasanya yang unik dan tekstur kenyalnya banyak digemari. Gurita dan cumi bakar inipun merupakan salah satu cemilan Korea halal yang bisa kamu nikmati. 

10. Bungeoppang

Kue berbentuk ikan ini memiliki rasa manis dengan isian kacang merah. Memiliki tekstur garing diluar dan lembut di dalam, menjadikan cemilan ala Korea ini sangat cocok dilidah masyarakat Indonesia. Tak heran anak-anak pun suka, bahkan beberapa bungeoppang memiliki isian es krim lho. 

11. Honey butter almond

Honey Butter Almond merupakan salah satu snack Korea yang sering dijadikan oleh-oleh ketika bepergian ke Korea. Cemilan ini terdiri dari almond gurih yang digabungkan dengan mentega dan madu sehingga memiliki cita rasa sempurna. Cemilan ini wajib kamu coba ketika berkunjung ke Korea atau kamu juga bisa dengan mudah menemukannya di supermarket yang ada di Indonesia

12. Bbopki

Bbopki atau permen gula dari Korea ini sudah muncul sejak lama bahkan menjadi makanan yang biasa dikonsumsi anak kecil di Korea. Permen ini terbuat dari larutan gula yang dicampur baking soda agar mengembang. Diolah dengan memanaskan gula hingga menjadi karamel, bentuk bbopki memang mirip gulali namun memiliki warna coklat muda. Sejak kemunculan drama series Squid Game, bbopki atau dalgona candy ini mulai mendapat popularitas kembali. 

13. Choco pie

Choco Pie adalah salah satu cemilan Korea yang populer dan mudah ditemukan. Cemilan ini kombinasi dari coklat, kue bolu atau soft cake, dan marshmallow yang empuk dan lembut jika digigit.

14. Cemilan Rumput Laut

Bagi Realfoodfam yang kurang suka makanan manis dari Korea bisa mencoba cemilan rumput laut. Makanan ringan dari bahan dasar rumput laut menjadi kudapan yang disukai banyak orang. Biasanya tersedia dalam bentuk lembaran besar dan juga lebih kecil. Snack rumput laut juga bisa menjadi nilai plus karena bisa menyehatkan tubuh.

15. Twist Potato atau Kentang Spiral

Pasti Realfoodfam sudah sering lihat cemilan Korea satu ini kan? Kentang yang diiris dengan mesin sehingga memiliki bentuk unik ini mulai banyak ditemui dipinggir jalan atau food court kota besar di Indonesia. Twist potato dari Korea ini biasanya digoreng kemudian diberikan berbagai macam pilihan bumbu.

16. Samyang

Samyang merupakan merk mie instan asal Korea Selatan yang beberapa tahun belakangan sangat populer di Indonesia. Mie pedas ini sangat digemari oleh rakyat Indonesia karena rasanya yang pedas sesuai dengan lidah masyarakat kita umumnya. Mie Instan Samyang halal mudah ditemukan di supermarket atau bahkan minimarket di Indonesia. Itu dia cemilan Korea yang belakangan banyak digemari dan dicari oleh masyarakat Indonesia. Cemilan diatas dapat kamu temui diberbagai supermarket besar atau supermarket khusus Korea. Kamu juga bisa beli produk Realfood Jelly di Tokopedia atau Shopee!

Artikel Terkait Lainnya: