cemilan sehat untuk diet

Mengonsumsi makanan tinggi serat dan protein akan membuat tubuh lebih cepat kenyang. Tak heran banyak kaum millennials yang mulai mengonsumsi cemilan sehat untuk diet terutama di pagi hari. Mengonsumsi cemilan kaya serat dan protein yang lebih mengenyangkan membuat kita makan lebih sedikit. Selain itu, mengonsumsi cemilan sehat juga memiliki beberapa manfaat lainnya seperti: menjaga gula darah tetap stabil, membantu mengembalikan energi setelah olahraga, dan mengontrol nafsu makan. 

Selain dapat dikonsumsi kapanpun, cemilan sehat juga mulai banyak ragamnya. Sehingga kamu tidak perlu bingung untuk menemukan cemilan sehat untuk dietmu. Berikut 14 snack sehat yang dapat kamu konsumsi untuk hidup yang lebih sehat: 

1. Biji Chia

Realfoodfam pasti tak asing dengan biji chia atau yang lebih sering disebut chia seed. Termasuk cemilan sehat, chia seed merupakan makanan kaya serat dan juga salah satu sumber antioksidan. Selain cocok digunakan sebagai salah satu menu sarapan, chia seed juga membantu mengurangi peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. 

2. Greek Yogurt

Berbeda dengan yogurt jenis lainnya. Greek Yogurt memiliki tekstur yang lebih kental dan rasa yang tidak terlalu manis sehingga lebih aman dikonsumsi secara rutin. Yogurt memiliki kandungan probiotik, kalsium, vitamin B12, dan zinc yang bermanfaat untuk usus dan sistem pencernaan. Jika sedang diet, kamu dapat mengonsumsi Greek Yogurt di pagi hari dan buah-buahan seperti strawberry, blueberry atau pisang. 

3. Snack bar

Snack bar merupakan cemilan `yang belakangan ini mulai booming khususnya dikalangan anak muda terlebih lagi pecinta olahraga. Snack bar adalah camilan ringan dalam bentuk batangan yang biasa dijadikan sebagai makanan penunda lapar dan dapat dikonsumsi kapanpun. Snack bari biasa terbuat dari campuran oat, almond, kacang tanah, atau walnut, dan buah-buahan. 

4. Realfood Jelly

Realfood Jelly dapat menjadi alternatif cemilan sehat untuk diet yang cocok untuk kamu. Mengandung 5 kkal dan 1 gr gula, Realfood Jelly dibuat dari bahan berkualitas dengan kandungan Elderberry, Pomegranate, Retinol, Sarang burung walet, dan kolagen. Tak hanya cocok untuk diet, Realfood Jelly juga cocok untuk kamu yang ingin punya kulit wajah mulus bak artis Korea. Realfood Jelly merupakan edible skincare dan Korean Beauty Jelly pertama di Indonesia lho, Realfoodfam!

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu yang banyak dikonsumsi saat sarapan karena tidak memerlukan waktu dan proses lama untuk mengolahnya. Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsi oatmeal dengan madu atau buah berry agar lebih segar. 

6. Telur Rebus

Salah satu menu makanan sehat untuk diet adalah telur rebus, pasalnya selain mudah, telur rebus dilengkapi dengan protein tingg, vitamin B12, dan K2. Tak heran banyak orang yang sedang menjalani diet rutin mengonsumsi telur rebus untuk meningkatkan massa otot. Namun perhatikan juga kolesterol ya, Realfoodfam. Karena terlalu banyak kuning telur dapat memicu kolesterol.

7. Granola

Cemilan sehat untuk diet satu ini sedang populer di tengah masyarakat. Granola merupakan makanan yang terdiri dari campuran oat, kacang-kacangan (seperti almond, walnut), buah-buahan kering, yang dicampur madu. Meskipun instan, granola adalah cemilan sehat karena menggunakan pemanis alami dan tidak melalui proses pembuatan yang panjang. 

8. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak atau yang dikenal dengan susu skim mengandung kadar lemak yang jauh lebih rendah dari susu lain sehingga lebih bagus untuk penderita kolesterol dan Realfoodfam yang sedang diet. Dalam segelas susu rendah lemak hanya mengandung kalori sebesar 83 kalori, dan 0,1 gram.. 

9. Hummus

Hummus merupakan makanan Timur Tengah yang berasal dari olahan kacang Arab (chickpea) yang dicampur dengan minyak zaitun bawang putih, dan biji wijen. Biasa digunakan sebagai saus atau dikonsumsi dengan sayuran mentah atau roti, hummus merupakan salah satu sumber protein yang baik. 

10. Alpukat

Sudah tidak heran jika alpukat sering direkomendasikan sebagai menu makanan sehat. Nutrisi dalam alpukat yang terdiri dari lemak baik membantu membuat tubuh menjadi lebih cepat kenyang dan lebih sehat. Pasalnya, dalam 1 buah alpukat terdapat 160 kalori tak heran dengan mengonsumsi alpukat di pagi hari kamu jadi lebih cepat kenyang.

11. Edamame

Edamame termasuk golongan kacang-kacangan yang memiliki protein nabati terbaik. Edamame memiliki asam amino esensial yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi 155 gram edamame dapat mencukupi ⅓ kebutuhan serat dan protein harian. Kamu dapat menjadikan edamame sebagai cemilan sehat untuk diet dengan mengonsumsinya di pagi hari atau disela-sela jam makan

12. Roti Gandum

Roti gandum merupakan salah satu jenis roti tawar yang lebih sehat diantara jenis lainnya. Terbuat dari gandum utuh, roti gandum biasanya memiliki kandungan gizi yang lebih banyak, seperti serat dan vitamin B. Roti gandum juga biasanya memiliki rasa yang lebih hambar dan berserat dari jenis lainnya sehingga terasa lebih cepat mengenyangkan. 

13. Kurma

Kurma merupakan salah satu cemilan sehat untuk diet karena kaya nutrisi, mengandung 277 kalori, 75 gram karbohidrat, 7 gram serat, 2 gram protein. Kurma sangat baik untuk menambah energi, tak heran kurma banyak dikonsumsi saat berpuasa ya, Realfoodfam

14. Pisang

Pisang memiliki kandungan nutrisi seperti magnesium, kalium, vitamin C, serat, dan juga antioksidan. Disebutkan oleh USDA, dalam 100 gram pisang terkandung sekitar 89 kalori, 75 persen air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 12,2 gram gula, dan 2,6 gram serat. Kamu bisa mengonsumsi pisang kapanpun atau bisa menjadikannya sebagai smoothie agar lebih segar. 
Kira-kira cemilan sehat untuk diet mana yang jadi favoritmu, Realfoodfam? Agar tidak bosan, kamu bisa menyelipkan menu diatas saat sarapan, atau snack time di siang atau sore hari. Tidak ada alasan untuk tidak memulai hidup sehat kan, Realfoodfam?

Artikel Terkait Lainnya: