cemilan sehat ibu hamil

Pada saat hamil, keadaan yang sering dijumpai adalah meningkatnya keinginan untuk ngemil daripada biasanya. Namun, tentu saja ibu hamil tidak boleh mengonsumsi cemilan sembarangan karena penting untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup dan baik. Oleh karena itu, penting bagi Realfoodfam yang sedang hamil mengetahui cemilan sehat ibu hamil.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Ada berbagai cemilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Misalnya, mulai dari kacang-kacangan, biji-bijian, buah, oats, hingga sereal. Cemilan tersebut tentunya tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan mudah ditemukan, tetapi kaya akan manfaat bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Berikut ini adalah 7 cemilan sehat ibu hamil yang enak:

1. Overnight Oats

Cemilan sehat ibu hamil yang pertama adalah overnight oats. Cara membuat overnight oats sangat mudah, Realfoodfam bisa mencampurkan oats dengan beberapa jenis buah dan ditaruh dalam jar. Kemudian, jar yang berisikan oats dan beberapa jenis buah tersebut bisa dimasukkan ke dalam lemari es selama satu malam dan dimakan esok harinya.

Tidak hanya sebagai cemilan, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi overnight oats untuk sarapan karena menyehatkan. Selain resepnya mudah dibuat, Realfoodfam juga bisa memilih buah sendiri sehingga lebih sesuai selera dan lebih fresh.

2. Smoothies Buah

Ibu hamil tentu saja direkomendasikan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah karena mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan. Namun, beberapa ibu hamil belum tentu bisa mengkonsumsinya secara langsung karena gangguan makan yang biasanya terjadi pada trimester pertama. Oleh karena itu, alternative yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat smoothies buah menjadi cemilan yang menyehatkan.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini 10 Manfaat Buah Jambu Air untuk Ibu Hamil

Ada banyak buah yang bisa dijadikan smoothies, seperti alpukat, pisang, buah naga, dan lain-lain. Agar lebih nikmat, Realfoodfam bisa menambahkannya dengan yoghurt, madu, atau susu yang baik untuk ibu hamil. Selain kaya akan nutrisi dan mudah pembuatannya, smoothies juga bisa membuat Realfoodfam merasa kenyang sehingga cocok dijadikan cemilan sehat.

3. Bubur Kacang Hijau

Memiliki rasa yang lezat, bubur kacang hijau juga termasuk dalam cemilan sehat ibu hamil. Hal ini karena kacang hijau mengandung protein nabati, mineral, karbohidrat, dan asam folat yang baik untuk perkembangan otak janin.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil dan Janin yang Wajib Diketahui

Bagi yang tidak suka mengonsumsi bubur kacang hijau dengan santan, Realfoodfam bisa menggantinya dengan susu khusus ibu hamil. Kemudian, bubur kacang hijau juga bisa diolah menjadi puding atau minuman yang menyehatkan.

4. Yoghurt dan Sereal

Jika digabungkan, yoghurt dan sereal tentunya memiliki rasa yang lezat. Tidak hanya itu saja, yoghurt sendiri memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, baik bagi ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Selain itu, yoghurt juga mengandung prebiotic, yaitu bakteri baik yang fungsinya untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

Kemudian, sereal juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi, melancarkan pencernaan, dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanlah semangkuk campuran yoghurt dan sereal untuk cemilan atau bisa dijadikan sebagai sarapan yang lengkap dan menyehatkan.

5. Trail Mix

Bagi Realfoodfam yang menyukai cemilan manis dan gurih namun menyehatkan, cobalah trail mix. Trail mix adalah camilan padat energi yang terbuat dari berbagai macam jenis kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering. Misalnya, yaitu terdapat biji labu, kacang almond, kismis, biji bunga matahari, kelapa kering, dan kacang mete tanpa adanya gula tambahan.

Baca Juga: Sering Tak Disadari, Begini Ciri-Ciri Hamil Muda Tanpa Mual

Trail mix sangat baik untuk dijadikan cemilan sehat ibu hamil. Pasalnya, trail mix tinggi akan protein yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, adanya kacang-kacangan dan biji-bijian, membuat trail mix menjadi salah satu sumber lemak sehat yang baik untuk perkembangan otak janin.

6. Apel dan Keju

Ibu hamil mengalami peningkatan kebutuhan serat, yaitu sekitar 28 hingga 30 gram setiap harinya. Salah satu cara mencukupinya yaitu dengan mengkonsumsi buah apel. Pasalnya, apel mengandung lebih dari 4 gram serat sehingga cocok dijadikan sebagai cemilan bagi ibu hamil.

Baca Juga: Efektif Redakan Nyeri Punggung, Berikut Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Agar rasanya tidak monoton, Realfoodfam bisa mengkonsumsi apel menggunakan irisan atau taburan keju. Adapun keju yang bisa dijadikan pilihan untuk dimakan bersama apel adalah Swiss, cheddar, atau Monterey Jack.

7. Roti Gandum

Selain mengenyangkan, roti gandum memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Roti gandum mampu melancarkan pencernaan dan mempertahankan gerak usus yang teratur sehingga dapat mengurangi konstipasi maupun diare yang kerap dialami ibu hamil.

Selain itu, roti gandung juga mengandung thiamin, vitamin B, niacin, dan juga rifoblatin yang sangat bermanfaat untuk metabolisme ibu hamil. Manfaat lainnya dari roti gandum untuk ibu hamil yaitu membantu perkembangan dan pertumbuhan janin karena adanya kandungan proporsi kalsium moderat.

Baca Juga: Tips Cantik Ibu Hamil Supaya Se-glowing Chelsea Olivia

Itulah ulasan yang menarik mengenai 7 cemilan sehat ibu hamil. Selain 7 cemilan tersebut, Realfoodfam bisa mengkonsumsi Realfood Wonder Mom, yaitu program Realfood yang mengandung asam folat baik sehingga cocok untuk dikonsumsi ibu hamil dan bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah serta mencegah anemia. Kandungan asam sialat-nya juga baik untuk perkembangan otak janin.

Realfood Wonder Mom mengandung asam amino glisin yang membantu mencegah preeklampsia. Asam amino triptofan pada Realfood Wonder Mom juga membantu untuk mengurangi kelelahan dan kecemasan pada ibu hamil serta membantu mengurani stretch mark. Jika tertarik Disarankan untuk mengonsumsi Realfood Wonder Mom setelah kehamilan trimester pertama.