morning sickness

​​​​Mengalami mual pada masa awal kehamilan dialami oleh 70%-80% ibu hamil. Jika mengalami morning sickness, ibu hamil bisa merasakan mual, muntah, hingga tidak nafsu makan. Meskipun mengganggu, namun selama gejala yang dirasakan tidak parah, seperti menurunnya berat badan yang signifikan atau dehidrasi, maka bisa diatasi secara alami.

Baca Juga: 6 Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Jadi, jika tidak ada tanda kegawatdaruratan meskipun mengalami mual selama masa awal kehamilan adalah wajar sehingga Realfoodfams tidak perlu panik berlebihan. Terlebih lagi, perasaan mual ini pada umumnya hanya terjadi di trimester pertama saja dan pada pagi hari. Jika Realfoodfams ingin tahu cara mengatasi morning sickness secara alami dan mudah dilakukan di rumah, berikut ini adalah ulasannya:

1. Makan dalam Porsi Kecil Namun Sering

Perasaan mual yang dialami tentunya mengurangi nafsu makan. Namun, jika nafsu makan mulai muncul, terkadang ibu hamil mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Sayangnya, pola makan yang seperti ini bisa memunculkan perasaan mual hingga muntah.

Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi makan enam kali sehari dalam porsi yang kecil. Pola makan tersebut jauh lebih baik dibandingkan ibu hamil yang mengkonsumsi dalam porsi besar tiga kali sehari.

2. Menghirup Aromaterapi

Cara mengatasi morning sickness berikutnya yaitu dengan menghirup aromaterapi. Pasalnya, ibu hamil umumnya memiliki hormone estrogen yang tinggi sehingga indra penciuman cenderung lebih sensitif terhadap bau. Oleh karena itu, banyak ditemukan ibu hamil yang akan merasa mual jika menghirup aroma tertentu.

Baca Juga: Lakukan 9 Cara Makeup Natural ala No-Makeup Makeup

Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa menghirup aromaterapi. Menghirup aromaterapi tidak hanya menghilangkan rasa mual tetapi juga membuat relax. Cobalah untuk menghirup aromaterapi dengan aroma yang menyegarkan, seperti peppermint, lemon, atau spearmint.

3. Makan Makanan atau Minuman yang Asam

Tidak heran jika ibu hamil biasanya suka mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam. Pasalnya, makan makanan atau minuman yang asam terbukti mampu mengurangi rasa mual pada masa kehamilan. Kemudian, biasanya makanan asam mengandung capsaicin yang bisa meningkatkan nafsu makan.

Oleh karena itu, cobalah untuk menghisap permen asam atau menyesap air lemon agar perasaan mual berangsur-angsur berkurang. Atau, konsumsi buah-buahan yang memiliki rasa sedikit asam, seperti strawberry, mangga, dan juga jeruk. Namun, konsumsilah secara bijak karena meskipun makanan atau minuman asam bisa berguna bagi ibu hamil dan janin namun jika dikonsumsi berlebihan bisa berdampak buruk.

4. Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin B Kompleks

Dokter seringkali meresepkan ibu hamil vitamin B Kompleks dan asam folat. Vitamin tersebut tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin tetapi juga mampu mencegah dan meringankan rasa mual.

Baca Juga: 9 Penyebab Jerawat di Pipi yang Wajib Kamu Tahu

Asupan vitamin B tidak hanya bisa didapatkan melalui suplemen tetapi bisa dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B kompleks, misalnya adalah biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti wijen, biji bunga matahari, kacang kedelai, dan kacang tanah. Vitamin B kompleks juga terkandung dalam ikan, daging, hati sapi, pisang, semangka, alpukat, bayam, dan kentang.

5. Melakukan Akupresur

Akupresur adalah pengobatan alternatif yang terbukti mampu mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Cara ini dilakukan dengan memberikan tekanan yang konstan dan kuat pada beberapa titik pada tubuh.

Hal ini dikuatkan oleh National Health Service yang membuktikan bahwa memberikan tekanan pada titik tertentu di pergelangan tangan bisa meringankan morning sickness. Namun, untuk melakukan ini, Realfoodfams direkomendasikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter dan dilakukan oleh ahlinya.

6. Tetap Terhidrasi

Terkadang ibu hamil tidak hanya merasakan mual saja tetapi juga muntah berkali-kali. Jika hal tersebut terjadi, tentunya cairan tubuh akan berkurang dan timbul risiko dehidrasi yang bisa membahayakan ibu hamil dan janin.

Baca Juga: 15 Makanan Penyebab Jerawat yang Sebaiknya Dihindari

Untuk mengatasinya, ibu hamil sebisa mungkin rajin minum air putih atau cairan elektrolit yang mampu mengisi cairan tubuh. Contoh minuman elektrolit yang bisa dikonsumsi yaitu air kelapa, minuman elektrolit kemasan, maupun jus buah.

7. Mengkonsumsi Jahe

Menurut British Journal of Anaesthesia, mengkonsumsi jahe mampu mengurangi perasaan mual dan muntah pada ibu hamil. Pasalnya, jahe mengandung senyawa alami seperti gingerol dan shogaol yang mampu meredakan mual dan muntah pada ibu hamil. Jahe tersebut bisa dikonsumsi secara langsung, dijadikan bumbu masakan, atau diseduh menjadi teh jahe.

Namun, disarankan agar ibu hamil tidak mengkonsumsi jahe lebih dari 3 sendok teh dalam sehari. Pasalnya, jahe jika dikonsumsi dalam jumlah banyak per harinya bisa merangsang asam lambung yang mampu menimbulkan nyeri dan perih di ulu hati.

8. Lakukan Olahraga Ringan

Mengatasi morning sickness juga bisa dengan melakukan olahraga ringan. Misalnya, yaitu dengan berjalan kaki secara perlahan-lahan di pagi hari, yoga, atau renang. Dengan melakukan olahraga ringan, selain bisa meredakan rasa mual dan muntah, juga dapat menjaga kebugaran saat hamil.

Baca Juga: Pentingnya Asam Folat untuk Promil dan Bumil

Hal ini sangat penting dilakukan karena pada umumnya ibu hamil lebih mudah lelah. Kemudian, dengan melakukan olahraga ringan, mampu melepaskan hormon endorphin yang mampu mengatasi rasa mual dan juga kelelahan. Setelah berolahraga, jangan lupa untuk minum air dan mengkonsumsi makanan yang ringan agar menunjang olahraga yang dilakukan.

9. Tidur yang Cukup

Mengatasi morning sickness yaitu bisa dengan istirahat dan tidur yang cukup. Jadi, ketika Realfoodfams merasakan mual dan ingin muntah, cobalah perbanyak istirahat. Baringkan tubuh dengan posisi yang aman dan nyaman untuk ibu hamil agar lebih relax.

Pasalnya, jika tubuh sedang stress, biasanya akan timbul permasalahan pada tubuh, seperti mual atau muntah. Jadi, jika Realfoodfams merasakan lelah atau mual, istirahatlah sejenak. Saat malam hari, hindari begadang dan tidur yang cukup. Usahakan untuk memberikan waktu sejenak bagi tubuh dalam memulihkan energi.

10. Mengkonsumsi Birdnest

Ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi birdnest. Namun, pilihlah birdnest yang sudah dijamin keamanan dan kesterilannya, seperti produk bird nest Realfood. Program sehat yang berbahan dasar dari sarang burung walet ini aman dikonsumsi karena telah berstandar ISO 2000 dan bersertifikasi halal dan BPOM.

Baca Juga: Inilah 9 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Saat Trimester Pertama

Produk Realfood yang disarankan untuk dikonsumsi untuk ibu hamil adalah Wonder Mom. Wonder Mom adalah fully concentrated birdnest yang mengandung asam folat yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan dapat berperan dalam pembentukan sel darah merah agar mencegah anemia.

Selain itu, Wonder Mom juga mengandung asam sialat yang baik untuk perkembangan otak janin. Adanya asam amino triptofan pada Wonder Mom mampu mengurangi kecemasan dan kelelahan yang bisa memicu rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Kandungan lainnya yang terdapat pada Wonder Mom adalah asam amino glisin yang mampu mencegah preeklamsia.

Realfoodfams, kini sudah mengetahui jika ada 10 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness. Lakukanlah cara tersebut dengan rutin agar perasaan mual dan ingin muntah pun berangsur-angsur menghilang. Jangan lupa untuk mengkonsumsi Wonder Mom dari Realfood yang baik untuk ibu hamil dan juga janin.