penyebab jerawat di pipi

Penyebab jerawat di pipi sebenarnya hampir sama dengan penyebab jerawat yang timbul di area lain, biasanya sih tidak jauh-jauh dari masalah kebersihan atau hormonal. Namun, jerawat di pipi biasanya tampak sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Jerawat sendiri memang tidak bisa dipolakan penyebab berdasarkan tempat munculnya, tetapi setidaknya jerawat di tempat tertentu bisa jadi indikator kesehatanmu lho! 

Hal ini dikarenakan jerawat di pipi biasanya berkontak langsung dengan kulit atau benda lain sehingga mudah saja mencari penyebab jerawat yang muncul di pipi. Coba deh cek 9 hal yang bisa jadi penyebab jerawat di pipi, siapa tahu secara tak sadar memang kamulah yang menyebabkan jerawat di pipi! 

Sarung Bantal yang Jarang Diganti Bikin Jerawat di Pipi 

Idealnya, seprai dan sarung bantal harus diganti setiap 2 minggu karena kedua benda tersebut terdapat sisa sel kulit mati dari tubuh dan kotoran yang menempel saat kita terlelap. Misalnya sisa skincare dan minyak rambut yang ada di bantal dapat terakumulasi dan menjadi sumber berkembangnya bakteri. Akhirnya sarung bantal menjadi penyebab jerawat di pipi yang mungkin tidak kamu sadari. Jika dua minggu sekali dianggap terlalu lama, cobalah untuk mengganti sarung bantal dua minggu sekali atau miliki beberapa sarung bantal yang bisa diganti untuk mencegah menjadi penyebab jerawat di pipi. 

Penggunaan Ponsel yang Kotor juga Bisa Jadi Penyebab Jerawat!

Faktanya, ponsel yang dipakai berkomunikasi setiap hari itu selalu ‘tersentuh’ dengan tangan lalu ditempelkan ke wajah yang bermakeup… Wajar dong kalau bakteri di layar ponsel itu 18x lebih banyak daripada bakteri di toilet atau ada 25.127 bakteri per-inci persegi! Sadar tidak sadar, ponsel juga bisa jadi penyebab jerawat terutama di pipi lho! Coba deh biasakan untuk membersihkan ponsel menggunakan pembersih gadget atau cairan alkohol setelah digunakan. Terlebih jika ponsel dipegang setelah ke toilet atau memegang uang. Agak repot sih, tapi kebiasaan membersihkan ponsel bisa mengeliminasi salah satu penyebab jerawat di pipi lho! 

Kebiasaan Menyentuh Pipi dengan Tangan Kotor

Siapa nih yang suka menopang dagu dan pipi dengan tangan saat melamun? Ini juga salah satu penyebab jerawat di pipi lho! Coba bayangkan betapa banyak barang yang dipegang oleh tanganmu setiap harinya? Mungkin saat ini kita semua sering menggunakan hand sanitizer, tapi coba diingat-ingat sebelum pandemi--kadang keluar dari toilet saja suka skip cuci tangan kan! Bakteri pada tangan sendiri bisa berada di kulit lebih lama, lalu memicu infeksi dengan cara menyumbat pori-pori lalu muncullah jerawat yang memerah dan meradang. Yuk, biasakan untuk tidak memegang wajah dengan tangan yang kotor agar penyebab jerawat di pipi yang satu ini bisa kita hindari! 

Produk Makeup atau Skincare Kulit yang Kurang Tepat Juga Bisa Menyebabkan Jerawat di Pipi

Tentu saja penggunaan skincare dan makeup yang kurang tepat juga bisa menyebabkan jerawat di pipi dan area lainnya. Ada beberapa kandungan di makeup dan skincare yang bisa memicu jerawat seperti minyak kelapa yang bersifat comedogenic atau bisa menyumbat pori-pori, selain itu juga dapat menyebabkan tampilan kulit yang berminyak. Ada juga lanonlin yang biasanya ditambahkan di pelembap dan bedak untuk melembapkan kulit. Bahan yang berasal dari bulu domba ini sangat mudah menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di pipi. Kandungan tumbuhan seperti algae juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi lho! Justru penggunaan skincare dengan kandungan algae bisa menyebabkan jerawat di pipi. Selain tiga di atas, kamu juga harus berhati-hati dengan bahan shea butter, cocoa butter, plant-based butters & waxes, serta mineral oil karena bahan-bahan seperti ini bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di pipi juga lho! 

Peralatan Makeup yang Tidak Bersih Juga Bisa Jadi Penyebab Jerawat!

Meskipun banyak yang bilang bahwa makeup dan skincare adalah salah satu penyebab munculnya jerawat, sebenarnya selama makeup tersebut cocok untuk kulitmu, tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan jerawat, dan digunakan secara personal alias tidak digunakan bersamaan dengan orang lain. Menggunakan makeup secara bersamaan bisa menyebabkan penularan bakteri penyebab jerawat lho! Namun satu hal yang kita lupa bisa menjadi penyebab jerawat di pipi adalah peralatan makeup yang tidak bersih dan suka dipinjami! Peralatan seperti brush dan sponge mengandung bakteri yang cukup banyak lho, sehingga sebaiknya langsung dicuci setelah digunakan--maksimal seminggu agar bakteri tidak berkembang dengan pesat. Penggunaan sabun antibakteri juga membantu mengurangi kemungkinan munculnya jerawat di pipi lho. Yuk, rajin membersihkan peralatan makeup! 

Penyebab Jerawat di Pipi pada Perempuan adalah Perubahan Hormon 

Perubahan hormon pada perempuan terjadi setiap harinya sehingga kondisi kulit sangat dipengaruhi oleh hormon. Semisalnya pada waktu setelah ovulasi, kulit cenderung memproduksi lebih banyak minyak sehingga kulit lebih mudah berjerawat terutama di area pipi dan rahang. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan clay mask atau toner BHA yang mampu mengurangi produksi minyak berlebih. Kamu juga bisa mengonsumsi spearmint tea untuk mengurangi hormon androgen penyebab minyak berlebih. Namun, jika penyebab jerawat hormona di pipi sangat membandel, ada baiknya kamu konsultasi ke dokter kandungan atau kulit agar mendapatkan penanganan khusus untuk jerawat hormonal di pipi kamu ya! 

Terlalu Banyak Konsumsi Panganan Tinggi Gula juga Bisa Jadi Penyebab Jerawat di Pipi

Hubungan antara gula sebagai penyebab jerawat di pipi memang cukup kompleks. Gula yang dikonsumsi oleh tubuh akan meningkatkan kadar gula darah sehingga tubuh berusaha menyeimbangkannya dengan hormon insulin. Konsumsi gula berlebih secara terus menerus akan meningkatkan kemungkinan berkurangnya kesensitifan tubuh terhadap insulin atau resistansi insulin. Sehingga tubuh terus menerus menghasilkan insulin dan kemudian tubuh tidak bisa menggunakan lemak sebagai energi dan insulin membuat tubuh menghasilkan lebih banyak hormon testosteron. Hasilnya wajah tampak lebih berminyak dan muncul jerawat di area pipi dan rahang. Itulah mengapa gula bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di pipi, Realfoodfam! 

Manajemen Stres yang Buruk Juga Bisa Bikin Jerawatan di Pipi! 

Selain gula, manajemen stres yang buruk juga bisa membuat tubuh menghasilkan kortisol terus menerus yang menganggu metabolisme karbohidrat di hati dan otot sehingga dapat menyebabkan resistansi insulin. Pastinya pernah dong kurang tidur dan stres memikirkan tugas sekolah atau kantor lalu besoknya muncul jerawat di pipi? Nah, itu adalah bukti bahwa stres dapat menjadi penyebab jerawat di pipi lho!

Penggunaan Masker Dalam Jangka Waktu Panjang

Nah, kalau yang penyebab jerawat yang satu ini baru ‘muncul’ dua tahun terakhir. DI mana penggunaan masker di saat pandemi menjadi sebuah kewajiban dan hampir setiap hari menggunakan masker dalam jangka waktu yang panjang. Padahal logikanya, saat menggunakan masker gak jarang kita menggunakan makeup ya. Penggunaan masker yang membuat udara lembap terperangkap, ditambah dengan suhu panas dari mulut dan hidung, lalu gesekan yang membuat kulit teriritasi. Wajar saja sih kalau penyebab jerawat di pipi yang satu ini bikin panik! Biasakan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, menggunakan skincare yang melembapkan, dan memilih masker yang lembut di kulit. Biasakan juga untuk melepas masker sesekali saat sedang sendirian agar kulit bisa bernapas. 

Yuk, bantu jaga kesehatan kulitmu dengan rutin mengonsumsi Realfood Program Sehat 12 hari yang mengandung concentrated sarang burung walet yang kaya akan Epidermal Growth Factor, asam amino, asam sialat, antioksidan, dan 1.000mg collagen supaya kesehatan kulit terjaga dari penyebab jerawat di pipi, membantu pembentukan kolagen dan elastin kulit sehingga lebih kencang dan sehat, membantu mencegah kerutan wajah dan anti jerawat, serta menghambat proses penuaan dini pada kulit perempuan. Realfood Program Sehat 12 hari ini terbuat dari gula alami yang manisnya pas dan tidak berlebihan. Baiknya juga dikonsumsi di pagi hari sebelum makan ya! Yuk, rutin konsumsi Realfood mulai sekarang!

Artkel Terkait Lainnya: