penyebab jerawat di dagu

Realfoodfam, pasti banyak di antara kita yang merasa jerawat di dagu sangat mengganggu. Well, kenyataannya penyebab jerawat di dagu adalah perubahan hormon yang sering dialami oleh wanita maupun pria! Yuk simak mengapa hormon bisa menjadi penyebab jerawat di dagu dan bagaimana cara menghindarinya. 

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Blackhead di Kulit Wajah Secara Alami

Sebenarnya perubahan hormon adalah sesuatu yang wajar dan lumrah terjadi. Pada saat setelah ovulasi, tubuh menghasilkan lebih hormon progresterone lebih tinggi untuk memicu peluruhan dinding rahim yang terbentuk dari darah sehingga muncul menstruasi. Namun, bagi sebagian orang, produksi progresterone oleh tubuh dapat memicu penyebab jerawat di dagu karena produksi sebum berlebih. Terutama bagi mereka yang memiliki masalah ketidakseimbangan hormon, pasti akan sering mendapati jerawat di dagu. Simak artikel ini untuk menghindari penyebab munculnya jerawat di dagu ya! 

Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Mungkin terdengar aneh menghindari makanan manis untuk menghindari penyebab jerawat di dagu, tetapi makanan manis yang tinggi akan gula dapat memicu produksi insulin yang tinggi. Insulin sendiri adalah hormon yang membuat tubuh menyimpan lemak dari kelebihan gula. Insulin kemudian meningkatkan produksi testosteron yang kemudian akan membuat wajah makin berminyak dan menjadi penyebab jerawat di dagu. Tidak hanya itu, konsumsi makanan manis secara berlebihan setiap harinya dapat menyebabkan kegemukan dan masalah reproduksi pada wanita seperti menstruasi tidak menentu dan kista ovarium. 

Baca Juga: 11 Korean Skin Care Steps yang Perlu Kamu Tahu

Alternatif makanan manis yang dapat menghindari penyebab jerawat di dagu: 

  • Dark chocolate 100% tanpa gula 
  • Buah rendah gula seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan jambu 
  • Kacang-kacangan seperti almond dan biji labu 

Mengurangi Makanan Terbuat dari Tepung dan Digoreng 

Bayangkan betapa nikmatnya makan ayam goreng, pisang goreng, bakwan goreng atau risol isi mayones? Apa lagi dicocol pakai sambal cabai pedas! Waduh, kamu harus tahu bahwa tepung dan gorengan dapat menjadi penyebab jerawat di dagu karena tepung bersifat inflammatory dan proses penggorengan memperparah inflamasi. Selain itu gorengan jg tinggi akan kalori tetapi miskin gizi sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas. Jika berat badan berlebih saja bisa menjadi penyebab jerawat di dagu secara terus menerus, apa lagi saat obesitas? Oleh karena itu, yuk ganti kebiasaan makan gorengan dengan makanan yang lebih bergizi seperti: 

  • Alpukat dengan roti gandum panggang
  • Telur rebus dengan garam dan lada
  • Ayam panggan dengan sayur 

Bersihkan Wajah dengan Baik 

Penyebab jerawat di dagu mungkin berbeda dengan jerawat di pipi, tapi satu hal yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah dengan benar dan baik. Perawatan wajah dengan mencuci wajah menggunakan oil-based cleanser dan water-based cleanser yang sesuai dengan jenis kulit dan juga menghindari pegang-pegang wajah dengan tangan kotor akan membantu mencegah penyebab jerawat di dagu lho! Simak langkah membersihkan wajah yang benar dan baik:

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Tomat yang Bikin Kamu Pingin Pakai Sekarang Juga!

  • Pastikan kamu sudah mencuci tangan dan mengeringkan tangan sebelum membersihkan wajah
  • Awali dengan wajah yang kering, gunakan oil-based cleanser agar kotoran, sisa sunscreen, dan sisa makeup luruh
  • Pijat dengan lembut tanpa tekanan, bantu kotoran untuk luruh seutuhnya
  • Bilas dengan air mengalir hingga bersih, lanjutkan dengan water-based cleanser
  • Cuci wajah setidaknya 20 - 60 detik, jangan lupa area telinga, leher, dan tengkuk
  • Bilas dengan air bersih, hindari mengeringkan wajah dengan handuk tubuh. Tepuk-tepuk saja untuk mengeringkan.

Bersihkan Wajah dari Bulu Rambut dan Cegah Ingrown

Meskipun kebanyakan penyebab jerawat di dagu untuk pria adalah munculnya bulu tumbuh ke dalam atau ingrown, wanita jg bisa tumbuh bulu rambut di area sekitar dagu karena ketidakseimbangan hormon. Tumbuhnya bulu rambut ke dalam dapat menyebabkan peradangan yang kemudian menjadi penyebab jerawat di dagu. Atasi pertumbuhan bulu rambut ke dalam dengan cara berikut ini: 

Baca Juga: Ketahui Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat yang Ampuh

Khusus pria, rutinlah bercukur dengan menggunakan shaving cream atau gel untuk mencegah iritasi. Mencukur menggunakan alay cukur saja dapat menyebabkan luka dan memotong bulu rambut yang tidak rata sehingga memperbesar kemungkinan tumbuh bulu rambut ke dalam. Gunakan juga aftershave setelah bercukur agar mampu mencegah iritasi berlebih. Rutin menggunakan exfoliating toner juga sangat membantu lho dalam mencegah munculnya tumbuh bulu rambut ke dalam dan menjadi penyebab jerawat di dagu. 

Sedangkan wanita, jika kamu memiliki bulu rambut yang tumbuh di area dagu, segera kunjungi dokter untuk melakukan pengecekan hormon. Namun, jika memang memiliki ketidakseimbangan hormon, lakukan pencabutan bulu rambut di area dagu dan gunakan exfoliating toner untuk mencegahnya tumbuh ke dalam dan menjadi penyebab jerawat di dagu. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan di area dagu ya! 

Hindari Memegang atau Menopang Dagu 

Penyebab utama munculnya jerawat di dagu adalah terlalu sering memegang dagu atau menopang dagu dengan tangan yang kotor. Padahal salah satu penyebab munculnya jerawat di dagu dan di area wajah lain adalah karena kotoran di tangan serta perpindahan bakteri Streptococcus aureus dan P. acnes. Buat Realfoodfam yang suka bengong sambil pegang dagu, hati-hati deh dan sebaiknya hindari kebiasaan penyebab jerawat di dagu ini! Rutinlah menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan sebelum memegang area wajah, atau kurangi kebiasaan menopang dagu dengan tangan agar tidak muncul jerawat baru di area dagu!

Penyebab Jerawat di Dagu Lainnya

Selain hal-hal di atas, masih ada lagi penyebab jerawat di dagu yang disebabkan oleh sejumlah faktor. Faktor ini biasanya meningatkan produksi sebum di kulit terutama di area dagu seperti stress, kurang tidur, konsumsi gula, garam, pedas, dan lemak berlebih, hingga efek samping dari konsumsi obat seperti pil KB, antidepresan, dan obat mengandung kortikosteroid. Hal-hal seperti ini mungkin bisa menjadi penyebab jerawat di dagu yang tidak terhindarkan tetapi dapat dicegah. 

Baca Juga: Jenis Jerawat, Penyebabnya, dan Cara Mengatasinya

Pola hidup yang lebih sehat tentunya dapat membuat kamu mampu mengatur manajemen stres dengan lebih baik dan memiliki tidur berkualitas dengan kuantitas yang cukup dapat mengeliminasi penyebab jerawat di dagu. Konsumsi makanan juga dapat dilakukan meskipun hasilnya tidak terlihat secara instan. Sedangkan untuk hal-hal seperti konsumsi pil KB, antidepresan, dan kortikosteroid, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terkait dan dokter kulit untuk dapat mencari solusi dari penyebab jerawat di dagu ini. Terlebih jika jerawat di dagu sangat menganggu penampilan bahkan mengganggu sehari-hari karena sakit yang tak tertahankan. 

Pastinya jerawat di dagu adalah sesutu yang mengganggu, ada baiknya lho kita tetap menjaga penampilan dengan melakukan hal-hal di atas dan secara rutin mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang kaya akan kolagen agar bekas jerawat di dagu cepat hilang dan tidak berbekas. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi Realfood Program Sehat 12 Hari Forever Young yang mengandung EGF dan kolagen 500mg untuk menunjang pertumbuhan sel kulit baru. Siapa sih yang gak mau bebas dari penyebab jerawat di dagu dan area kulit lain serta selalu tampil muda? Yuk, mulai konsumsi Realfood dari sekarang!