cara make up natural

Makeup sejatinya adalah dekorasi penghias wajah agar tampak lebih cantik, menarik, dan percaya diri. Namun, teknik pengaplikasian makeup tidak semudah itu lho, Realfoodfam! Salah mengaplikasikan makeup, justru dapat menyebabkan makeup tampak dempul dan tidak cantik. Cara Makeup Natural sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya tidak banyak orang terutama pemula paham cara mengaplikasikan makeup dengan detail tanpa tampak berlebihan. 

Baca Juga: 9 Penyebab Jerawat di Pipi yang Wajib Kamu Tahu

Makeup natural sendiri bisa terlihat berbeda di setiap wajah. Pada hakikatnya, cara makeup natural hanya menojolkan satu dari 3 fitur di wajah, kulit, mata, atau bibir. Jika terlalu banyak mengaplikasikan makeup di kulit, mata, dan bibir, maka makeup akan terlihat berlebihan. Dua bagian yang menonjol tentu tetap terlihat cantik, tetapi akan memberikan kesan glamor yang tak jarang akan terlihat intimidating. Cara makeup natural terletak di pemilihan bagian yang akan ditonjolkan. Cukup satu, tetapi mampu membuat tampilanmu terlihat cantik dan luar biasa memukau tanpa makeup berlebih. 

Pastikan kamu memilih menonjolkan area mata jika kamu memiliki mata yang indah, atau pilihlah untuk menojolkan bibir jika kamu punya bibir yang imut atau bahkan tebal. Dan pilihlah untuk fokus ke kulit jika kulitmu banyak imperfection. Yuk, simak cara makeup natural tahap demi tahap yang akan bikin kamu memukau tanpa makeup berlebih alias tampil no-makeup makeup!

bagaimana cara make up natural

Skin Prep

Sebelum melakukan cara makeup natural, pastikan kamu menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. Setidaknya, gunakan hydrating toner dan pelembap yang mudah meresap. Hal ini agar kulitmu tidak terlalu berminyak setelah menggunakan makeup dan juga tidak terlalu kering. Pilih sunscreen dengan tekstur cair dan kandungan silicone sebagai pengganti primer karena menggunakan sunscreen akan menghindari tampilan kulit yang kusam. 

Pilih Tinted Moisturizer atau BB Cream dari pada Foundation

Meskipun harus menutupi noda di wajah, ada baiknya memilih tinted moisturizer atau bb cream sebagai alas bedak. Tinted moisturizer biasanya memiliki tekstur yang terlihat lebih ringan di wajah sekaligus melembapkan kulit. Sedangkan BB cream memang bertekstur lebih tebal tetapi hasil akhirnya lebih natural di kulit. Sedangkan foundation akan terlihat berat jika tidak dibaurkan secara merata. Tentunya cara makeup natural akan lebih memilih tinted moisturizer atau BB cream dibanding foundation. 

Baca Juga: 15 Makanan Penyebab Jerawat yang Sebaiknya Dihindari

Kamu juga bisa lho mencampurkan pelembap dengan sedikit concealer atau foundation untuk hasil yang ringan dan mampu meratakan warna kulit tanpa terlihat berlebihan. Jika kamu ingin tampil dengan kulit luar biasa flawless, sah-sah saja menggunakan foundation. Namun perlu diingat untuk menggunakan full coverage foundation dalam satu layer, daripada menggunakan foundation berlapis-lapis untuk mencapai cara makeup natural yang terlihat seperti no-makeup makeup.

Spot Concealing 

Punya kulit yang banyak noda? Gunakan concealer untuk menutupi noda di wajah dengan brush kecil sebagai salah satu cara makeup natural. Lakukan gerakan menepuk, bukan menggosok agar noda tertutup sempurna. Hindari penggunaan concealer di seluruh wajah karena dapat memberikan kesan dempul yang sama seperti foundation. Oh ya, jika kamu memiliki kulit yang terbilang mulus, kamu juga bisa lho skip tinted moisturizer, bb cream, apa lagi foundation dan langsung gunakan concealer di area yang gelap seperti di bawah mata untuk memberikan kesan warna kulit wajah yang rata. 

Aplikasikan Makeup dengan Jari dan Brush, lalu baurkan dengan Sponge 

Nah, kalau mengaplikasikan produk complexion di atas, sebaiknya kamu menggunakan jari atau brush untuk hasil yang lebih rata. Penggunaan jari dan brush akan memberikan hasil yang rata dan rapi, tetapi memang lebih dempul jika dibandingkan dengan menggunakan sponge. Mengapa harus jari dan brush dulu? Hal ini dilakukan agar kulit mendapatkan coverage yang cukup, sebelum dikurangi pigmennya dengan sponge yang basah. Teknik ini sering digunakan sebagai cara makeup natural yang dilakukan oleh makeup artist.  Pastikan juga kamu memilih concealer dengan coverag yang medium to high untuk menutupi noda, sebaiknya langsung pakai concealer yang mampu menutupi daripada memilih concealer biasa dan digunakan berlapis-lapis. 

Pilih Cream Makeup untuk Tampil Lebih Natural 

Jika Realfoodfam terbiasa menggunakan makeup dalam format bubuk atau compact, inilah waktunya untuk mencoba makeup dekoratif seperti blush, bronzer, dan highlighter dalam bentuk cream. Cara makeup natural ini terbilang cukup mudah karena cukup mengubah tampilan yang tebal menjadi lebih soft. Makeup yang berbentuk cream biasanya mengandung lebih banyak minyak sehingga mudah dibaurkan ke wajah dan hasilnya tidak sejelas makeup dengan bubuk. Cobalah untuk menggunakan cream blush terlebih dahulu, lalu bubuhkan sedikit cream bronzer di perimeter wajah bagian luar. Dan selesaikan dengan cream highlighter di bagian tertinggi wajah. Gunakan produk cream tipis-tipis untuk mendapatkan cara makeup natural lalu bangun warna perlahan untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. 

Skip Powder atau Pakai Di Area Tertentu Saja

Yes! Meskipun sudah menggunakan cream makeup, sebaiknya hindari powder untuk menge-set makeup sebagai salah satu cara makeup natural. Gunakan makeup setting spray untuk mengunci semua makeup agar makeup lebih tahan lama. Kecuali Realfoodfam yang punya kulit berminyak, gunakan powder di area yang berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu dengan loose powder. Penggunaan compact powder terutama yang mengandung foundation akan memberikan kesan makeup yang tebal dan tidak alami. 

Pakai Eyeshadow Matte 

Tampil natural bukan berarti gak bisa pakai eyeshadow, Realfoodfam! Tentu saja Realfoodfam bisa menggunakan eyeshadow tetapi sebaiknya pilih eyeshadow matte yang tidak mengandung shimmer dan glitter. Pemilihan warna juga sangat penting pada cara makeup natural, pilih warna-warna yang netral seperti coklat, copper, dan coral. Baurkan eyeshadow matte di kelopak mata dan berikan sedikit di garis mata bawah untuk menyeimbangkannya. Jika tetap ingin menggunakan eyeshadow shimmer atau glitter, pilih eyeshadow dengan kesan transparan yang bisa diberikan di tengah kelopan untuk efek mata lebih bersinar dan besar. 

Baca Juga: Penyebab Jerawat Di Dagu dan Cara Menghindarinya

Bisa juga dengan menggunakan shimmer di sudut dalam mata sebagai ‘belek para bintang’ agar terlihat lebih fresh. Pastikan menggunakan eyeshadow shimmer warna kulit atau champagne agar tetap terlihat seperti makeup natural. Cara makeup natural seperti ini tetap membuatmu tampil cantik dan glamor tanpa berlebihan lho! 

Eyeliner dan Mascara? Boleh! 

Ingin membuat mata tampak lebih besar dan menarik dengan cara makeup natural yang paling mudah? Cukup ganti eyeliner hitammu dengan eyeliner coklat yang lebih lembut! Warna coklat akan tetap mempertegas mata tetapi tidak memberikan kesan terlalu tajam, justru makin lembut. Cara makeup natural di mata juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan eyeliner di waterline, bukan di kelopak untuk kesan lebih soft. Hindari cat eye, melainkan cukup buat sedikit garis dan baurkan. Mascara jg bisa digunakan, tetapi pastikan mascara yang kamu pakai adalah mascara yang memberikan kesan lebih panjang. Mascara dengan kesan lebih tebal dan bervolume biasanya akan menggumpal dan memberikan kesam makeup tidak alami. 

Tutup Cara Makeup Natural dengan Lip Balm atau Lip Tint

Bak Perempuan Korea, cara makeup natural yang gak boleh kelewatan adalah dengan menggunakan perona bibir. Bubuhkan lip balm dengan warna merah, pink, atau peach untuk kesan bibir sehat yang merona alami, atau gunakan lip tint di bagian tengah bibir. Saat ini juga banyak tersedia lip tint dengan gloss yang membuat bibir tampak sehat dan juicy. Tentunya bisa jadi opsi buat kamu. Namun, jika kamu hanya memiliki lipstick biasa, totolkan lipstick ke bibir lalu baurkan dengan jari agar warna tampak tipis dan bersemu saja. 

Semoga cara makeup natural di atas membantu kamu tampil lebih cantik dan percaya diri ya! 

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Blackhead di Kulit Wajah Secara Alami