posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, banyak perubahan secara fisik yang terjadi pada ibu hamil dan perlunya mengatur posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Ketika otot meregang, menyebabkan punggung bawah menopang berat badan. Hal ini membuat beberapa wanita menjadi susah tidur karena sulit menemukan kenyamanan dan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Ada juga wanita yang mengalami sakit punggung selama masa kehamilan. Salah satu penyebabnya karena pertambahan berat badan. Menurut Jurnal Physical Therapy Science 2016, selama kehamilan berat badan wanita meningkat 15 hingga 25 persen. Hal tersebut menandakan beban yang dibawa tubuh wanita hamil lebih besar. Khususnya pada beberapa bagian tubuh seperti, tendon, ligamen, dan sendi.

Selanjutnya, hormon yang ada dalam tubuh yaitu estrogen mengendurkan ligamen dan menciptakan predisposisi tambahan untuk mengurangi resiko cedera pada bagian punggung belakang.

Ibu hamil memerlukan penanganan yang tepat agar bisa istirahat dengan baik. Untuk mengurangi masalah nyeri punggung, Realfoodfam dapat melakukan gerakan senam untuk ibu hamil.

Posisi Tidur Miring Mampu Mengatasi Masalah Nyeri Punggung

Semakin besar usia kehamilan, beberapa wanita merasakan berbagai keluhan baru pada tubuhnya. Beberapa keluhan yang umumnya dirasakan wanita hamil adalah kram kaki dan perut, sembelit, tubuh lemas, sering mengalami pusing, hingga bengkak pada tangan dan kaki. Namun perlu diketahui bahwa setiap perempuan belum tentu mengalami masalah yang sama. Bahkan, ada beberapa wanita yang mungkin tidak mengalami keluhan sama sekali selama masa kehamilan.

Beban tubuh yang meningkat karena ukuran bayi yang semakin besar justru akan memberatkan punggung dan panggul sehingga keluhan sakit punggung sering dirasakan ibu hamil. Dikutip dari Pregnancy Birth Baby, kehamilan membuat ligamen yang menghubungkan antar tulang menjadi lebih lunak dan meregang untuk mempersiapkan persalinan. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah nyeri punggung saat hamil, yaitu:

  • Menghindari mengangkat benda yang berat
  • Menggunakan alat bantu seperti meja yang tinggi saat bekerja untuk mencegah membungkuk
  • Seimbangkan berat tas ketika membawa tas atau membawa belanjaan
  • Duduk dengan posisi tegak

Selain itu, bagi Realfoodfam yang mulai memasuki usia kehamilan trimester 2 dan trimester 3 atau bulan kehamilan ke-4,5,6,7,8, dan 9, disarankan untuk tidur dengan posisi miring. Posisi tidur miring adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri punggung.

Baca juga: Inilah 9 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Saat Trimester Pertama

Manfaat Tidur Posisi Miring Bagi Ibu Hamil

Semakin besarnya usia kehamilan membuat bergerak dan tidur kadang terasa tidak nyaman. Untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan mudah lelah, biasakan untuk tidur menghadap ke kiri dengan menggunakan bantalan. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil tersebut terbukti bisa mengurangi tekanan pada pembuluh darah balik besar atau yang disebut dengan vena cava inferior pada bagian depan tulang belakang. Beberapa alasan yang membuat tidur miring banyak disarankan dan disebut sebagai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil diantaranya karena:

1. Melancarkan Proses Aliran Darah

Manfaat tidur dengan posisi menghadap ke kiri juga bertujuan untuk mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, sehingga proses aliran darah menjadi lebih lancar. Tidur dengan posisi miring juga membuat sirkulasi darah menjadi lebih sehat baik bagi ibu dan untuk janin karena dapat membantu memaksimalkan aliran darah dan nutrisi menuju plasenta dan dapat mencegah janin terkena tekanan organ hati yang terletak di sebelah kanan. 

2. Mengurangi Masalah Lambung

Jika Realfoodfam memiliki masalah lambung, meletakkan tumpukkan bantal untuk membantu menopang tubuh sangat disarankan. Dengan begitu, tubuh bagian atas dalam posisi lebih tinggi dibandingkan tubuh bagian bawah dan proses metabolisme tubuh tidak akan terganggu. Realfoodfam bisa mempertimbangkan untuk menggunakan bantal khusus kehamilan dengan ukuran besar untuk menambah kenyamanan tidur. Tapi pastikan agar posisi tidur agar tulang belakang tidak jadi terlalu melengkung.

Baca juga: Sering Tak Disadari, Begini Ciri-Ciri Hamil Muda Tanpa Mual

3. Mampu Meredakan Nyeri Punggung

Posisi tidur menyamping juga dapat membantu meredakan nyeri punggung dengan menggunakan bantuan bantalan. Menurut dr. Kevin Adrian, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dengan bantuan bantalan akan membuat tidur ibu hamil terasa lebih nyaman karena tubuh tertopang dengan benar. Selain itu, posisi tidur miring ke kiri juga dapat membantu ginjal bekerja lebih efisien dalam membuang kotoran-kotoran dan cairan-cairan tubuh, sehingga membantu mengurangi rasa sakit pada pergelangan kaki, telapak kaki dan tangan.

Dengan menerapkan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang tepat, Realfoodfam dapat terhindar dari rasa nyeri punggung sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, Realfood menghadirkan Program Realfood Wonder Mom yang memiliki kandungan utama sarang burung walet dan juga diperkaya dengan asam folat.

Fully concentrated formula Realfood Wonder Mom yang diformulasi dengan berbagai bermanfaat baik dikonsumsi selama 3 bulan berturut-turut setelah trimester pertama kehamilan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Yuk mulai siapkan kebutuhan nutrisi si kecil sejak dalam kandungan dengan Realfood Wonder Mom!

Rekomendasi artikel lain seputar “ibu hamil”