7 Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Dikonsumsi Tiap Hari

28 Mei 2020

Masa-masa kehamilan menjadi momen yang membahagiakan, di mana kelahiran sang buah hati akan menjadi pelengkap di dalam keluarga. Bagi ibu hamil, sangat penting untuk rutin memeriksakan kandungan dan menjaga kesehatan diri dan juga calon buah hati.

Selain menghindari aktivitas fisik yang berat, menjaga pola makan yang sehat adalah hal yang harus dilakukan untuk memberikan nutrisi bagi pertumbuhan cabang bayi yang sedang dikandung. Bagi calon ibu yang suka ngemil, sangat penting untuk mengetahui cemilan mana yang bisa dimakan atau tidak. Pastikan bahwa jumlah asupan gizi bagi ibu dan janin tetap terpenuhi.

Umumnya, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah yang lebih banyak karena nutrisi tersebut nantinya akan diserap juga oleh janin. Nutrisi–nutrisi yang berperan penting antara lain: karbohidrat, protein, serat, vitamin, asam folat, zat besi, kalsium, dan lemak. Berikut ini beberapa rekomendasi cemilan sehat dan bisa dikonsumsi untuk wanita hamil.

1. Telur Rebus

Telur rebus mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, karena itulah telur rebus juga dapat direkomendasikan bagi ibu hamil. Dengan mengkonsumsi telur rebus, kebutuhan akan nutrisi penting seperti protein, vitamin A, dan kalsium bisa didapatkan sekaligus.

Umumnya, telur rebus akan lebih baik dikonsumsi saat pagi atau siang hari. Tapi, bukan berarti tidak boleh dimakan saat malam hari (kecuali untuk orang yang sedang melakukan diet).

2. Keju

Sudah bukan rahasia lagi jika keju merupakan salah makanan yang kaya akan nutrisi menjadi salah satu pilihan tepat untuk para calon ibu.

Keju mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti: kalsium, protein, fosfor, vitamin A, magnesium, ribovlavin, vitamin B12, dan zinc. Produk olahan yang satu ini memiliki banyak jenisnya dan bisa ditemukan di Supermarket terdekat.

3. Yogurt

Yogurt adalah produk olahan susu yang sering kita jumpai, produk ini mengandung banyak probiotik yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, yogurt juga mengandung banyak nutrisi lain, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Namun, tidak semua orang menyukai yogurt. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa orang yang ingin dibelikan memang bisa memakannya.

4. Kacang Mede dan Almond

Kacang–kacangan merupakan cemilan yang nikmat dan bergizi bagi wanita yang sedang mengandung. Beberapa jenisnya seperti kacang mede dan kacang almond memiliki banyak nutrisi seperti protein, kalsium, dan zat besi.

Kacang almond dan kacang mede ini sebaiknya disangrai, bukan digoreng dengan minyak. Jika digoreng dengan minyak, mungkin akan ada sisa minyak yang tidak baik untuk janin dalam kandungan.

5. Buah Pisang

Jika berpergian ke pasar buah atau Minimarket, jangan lupa untuk membeli buah pisang. Buah yang terkenal manis dan lezat ini mengandung banyak nutrisi penting seperti, potasium, vitamin, serat, dan mineral.

Untuk buah pisang, disarankan untuk memakannya langsung tanpa perlu diolah. Hal ini untuk menjaga kandungan gizi yang terkandung di dalamnya tidak berkurang karena efek pengolahan yang kurang tepat.

Baca juga: Asam‌ ‌Folat,‌ ‌Kunci‌ ‌Sehat‌ ‌Ibu‌ ‌Hamil‌

6. Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan asam folat. Alpukat juga bisa diolah menjadi jus yang sehat.  Dengan diperkaya asam folat yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan janin, buah ini bisa didapatkan dengan mudah.

Agar lebih nikmat, tambahkan susu kental manis atau taburan coklat meses ke dalam mangkuk yang berisi potongan buah alpukat sebelum dikonsumsi. Hmmm…Gimana, udah kebayang gimana lezatnya?

7. Sereal Gandum

Cemilan lain yang bisa dipilih adalah sereal gandum. Sereal kaya akan kandungan karbohidrat, protein, mineral, dan antioksidan. Salah satu manfaat dari sereal gandum itu sendiri adalah untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Setelah membahas camilan sehat untuk ibu hamil, ada baiknya jika kebutuhan kalori bagi ibu hamil juga dibahas. Untuk jumlah asupan kalorinya sendiri bisa berbeda-beda, tergantung pada kondisi ibu hamil tersebut. Namun, ada jumlah kalori tertentu yang disarankan oleh para dokter dan ahli gizi untuk ibu hamil dengan berat badan normal.

Menurut para ahli, jumlah kalori yang diperlukan oleh ibu hamil dengan berat badan normal adalah 1800 kalori untuk trimester pertama, 2200 kalori untuk trimester kedua, dan 2400 kalori untuk trimester ketiga. Usahakan untuk menghindari cemilan–cemilan yang mungkin mengandung bahan pengawet karena dapat menimbulkan adanya potensi bahaya untuk calon janin.

Yuk, mulai biasakan hidup sehat dengan menjaga pola makan dan cemilan yang dikonsumsi. Perlu dipahami bahwa saat seorang wanita mengandung, ada beberapa hal yang harus diwaspadai supaya tidak terjadi hal-hal buruk terhadap cabang janin yang sedang dikandung.

Jangan lupa juga bahwa kondisi setiap perempuan tidak selalu sama, jadi akan lebih baik untuk memastikannya ke dokter kandungan untuk mengetahui informasi terkait dengan kesehatan kandungan dan juga rekomendasi lainnya.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars