Sering Tak Disadari, Begini Ciri-Ciri Hamil Muda Tanpa Mual

17 Februari 2021
ciri ciri hamil muda tanpa mual

Di masa kehamilan terdapat beberapa gejala yang umum terjadi, seperti mual, muntah, telat datang bulan. Tanda-tanda ini biasanya akan muncul pada minggu kedua setelah kehamilan.

Hal ini dikarenakan sel telur yang dibuahi membuat tubuh masih menyesuaikan perubahan. Namun, ada juga ada ciri-ciri hamil muda tanpa mual yang jarang disadari selama 1 hingga 2 bulan masa kehamilan, lho! Yuk, simak ciri-cirinya berikut ini.

1. Mudah Lelah dan Mengantuk 

Ini merupakan salah satu gejala awal bila Realfoodfam tengah mengalami hamil muda. Perasaan mudah lelah ini akan terus berlanjut hingga empat bulan awal kehamilan.

Hanya saja sebagian wanita merasa kesulitan membedakannya antara kelelahan usai bekerja atau karena hamil.

Bahkan wanita yang mengalami stres hingga kurang tidur dapat menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan kurang bersemangat. Gejalanya memang serupa, sehingga Realfoodfam tidak bisa menerawang saja. Memeriksakan diri ke dokter kandungan merupakan tindakan yang paling tepat dalam tahap awal.

2. Timbulnya Bercak Darah dan Perut Terasa Kram

Pada usia kehamilan satu hingga empat minggu, sel telur yang telah dibuahi biasanya menciptakan sekelompok sel berisi cairan.

Hal inilah yang akan berkembang menjadi organ organ dan bagian tubuh bayi. Pada proses ini, biasanya akan tidak terjadi apa apa dan bahkan wanita hamil tidak merasakan gejala yang serius.

Namun, memasuki pada minggu ke empat atau 10 hingga 14 hari setelah pembuahan terjadi, sel berisi cairan tersebut akan menempel pada lapisan rahim.

Karena proses tersebut, maka terjadi pendarahan implantasi yang mungkin di salah artikan sebagai menstruasi biasa. Padahal, bercak darah tersebut menjadi tanda-tanda hamil muda.

Pada umumnya, bercak darah tersebut memiliki warna yang bervariasi, mulai dari merah, pink, dan coklat. Selain timbul bercak, ciri ciri hamil muda tanpa mual juga disertai dengan kram pada perut yang cukup serius.

Bahkan ada studi di tahun 2010 oleh National Institutes of Health menyatakan bahwa hampir 28% wanita akan mengalami bercak dengan disertai rasa sakit  pada awal trimester kehamilan.

Pada masa awal kehamilan, tidak sedikit wanita yang menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Hal ini dikarenakan tidak adanya gejala mual yang dirasakan.

3. Perubahan Emosi yang Signifikan

Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron Realfoodfam juga akan meningkat, sehingga dapat mempengaruhi suasana hati.

Tidak hanya itu saja, perubahan suasana hati juga akan menyebabkan kondisi lainnya, seperti depresi, cemas, dan mudah marah terhadap hal-hal sepele.

Baca juga: Harus Dipenuhi! Ini 12 Macam Kebutuhan Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

4. Hidung Jadi Sensitif

Seperti yang dilansir di healthline.com, selain mengalami perubahan tubuh, wanita hamil muda biasanya juga akan mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan.

Hal inilah menjadi pemicu utama kenapa ibu yang sedang hamil muda memiliki indra penciuman yang lebih sensitif daripada biasanya. Terlebih jika mencium sesuatu aroma tertentu yang cukup menyengat.

5. Payudara Membesar

Tanda lainnya yang akan terjadi pada masa awal kehamilan yaitu payudara terasa lebih besar dari sebelumnya. Hal ini yang menjadi salah satu tanda yang paling menonjol ketika hamil.

Payudara akan terasa membengkak karena secara alami tubuh akan mempersiapkan ASI Eksklusif saat bayi telah lahir. Namun, terkadang tanda ini tidak disadari karena hampir mirip dengan gejala saat mengalami menstruasi.

6. Sering Buang Air Kecil 

Perubahan tubuh pada ibu yang sedang hamil muda sering kali juga memberikan efek lainnya. Salah satu ciri ciri hamil muda tanpa mual yang paling menonjol yaitu sering buang air kecil dan juga konstipasi.

Hal ini dikarenakan kondisi rahim ketika hamil akan menekan saluran kandung kemih,  sehingga dapat  membuat Realfoodfam menjadi lebih sering buang air kecil.

Meskipun seringnya beser dikaitkan dengan saluran udara yang dingin atau banyak minum, tetapi hal ini tidak berlaku pada ibu yang hamil muda.

Sekalipun tidak dalam cuaca yang dingin, apabila hamil tetap akan mengalami gejala tersebut. Selain itu, terkadang perubahan bentuk tubuh juga akan mengganggu saluran pencernaan yang mengakibatkan sembelit.

Baca juga: Ini 4 Rahasia Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

7. Mengalami Sakit Punggung di Bagian bawah

Hal ini disebabkan tubuh kurang berolahraga, sehingga saat pertama kali mengandung tubuh belum siap untuk menopang ibu dan calon bayi dalam kandungan. Untuk mengatasinya, Realfoodfam bisa membaca posisi tidur yang baik untuk ibu hamil untuk meredakan nyeri.

Untuk membantu menutrisi bayi dalam kandungan, Realfoodfam bisa ikut Program 12 Hari Wonder Mom yang dikonsumsi setelah Trimester pertama kehamilan. Diperkaya dengan kandungan asam folat dan ekstrak sarang walet, program sehat Realfood satu ini mampu memaksimalkan pertumbuhan bayi dalam kandungan.

 

Artikel lainnya terkait tentang  “kehamilan”

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars