Efektif Redakan Nyeri Punggung, Berikut Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

06 Januari 2021
posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, banyak perubahan secara fisik yang terjadi pada ibu hamil dan perlunya mengatur posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Ketika otot meregang, menyebabkan punggung bawah menopang berat badan. Hal ini membuat beberapa wanita menjadi susah tidur karena sulit menemukan posisi tidur yang nyaman.

Ada juga wanita yang mengalami sakit punggung selama masa kehamilan. Salah satu penyebabnya karena pertambahan berat badan. Menurut Jurnal Physical Therapy Science 2016, selama kehamilan berat badan wanita meningkat 15 hingga 25 persen.

Hal tersebut menandakan beban yang dibawa tubuh wanita hamil lebih besar. Khususnya pada beberapa bagian tubuh seperti, tendon, ligamen, dan sendi.

Selanjutnya, hormon yang ada dalam tubuh yaitu estrogen mengendurkan ligamen dan menciptakan predisposisi tambahan untuk mengurangi resiko cedera pada bagian punggung belakang.

Ibu hamil memerlukan penanganan yang tepat agar bisa istirahat dengan baik. Untuk mengurangi masalah nyeri punggung, Realfoodfam dapat melakukan gerakan senam untuk ibu hamil.

Posisi Tidur Miring Mampu Mengatasi Masalah Nyeri Punggung

Bagi Realfoodfam yang mulai memasuki usia kehamilan trimester 2 dan trimester 3 atau bulan kehamilan ke-4,5,6,7,8, dan 9, disarankan untuk tidur dengan posisi miring. Posisi tidur miring sangat tepat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri punggung.

Baca juga: Inilah 9 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Saat Trimester Pertama

Manfaat Tidur Posisi Miring Bagi Ibu Hamil

Biasakan untuk tidur menghadap ke kiri dengan menggunakan bantalan. Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil tersebut terbukti bisa mengurangi tekanan pada pembuluh darah balik besar atau yang disebut dengan vena cava inferior pada bagian depan tulang belakang.

1. Melancarkan Proses Aliran Darah

Manfaat tidur dengan posisi menghadap ke kiri juga bertujuan untuk mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, sehingga proses aliran darah menjadi lebih lancar. Tidur dengan posisi miring juga membuat sirkulasi darah menjadi lebih sehat baik bagi ibu dan untuk janin.

2. Menjaga Metabolisme Tubuh 

Selain itu, posisi miring pada samping kiri dapat membuat keadaan organ lambung berada pada posisi yang nyaman dan tidak menekan organ hati yang ada pada sisi kanan. Dengan begitu, proses metabolisme tubuh tidak akan terganggu.

Baca juga: Sering Tak Disadari, Begini Ciri-Ciri Hamil Muda Tanpa Mual

3. Mampu Meredakan Nyeri Punggung

Posisi tidur menyamping juga dapat membantu meredakan nyeri punggung dengan menggunakan bantuan bantalan. Menurut dr. Kevin Adrian, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dengan bantuan bantalan akan membuat tidur ibu hamil terasa lebih nyaman karena tubuh tertopang dengan benar.

Dengan menerapkan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang tepat, Realfoodfam dapat terhindar dari rasa nyeri punggung sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, Realfood menghadirkan Program Realfood Wonder Mom yang juga diperkaya dengan asam folat.

Fully concentrated formula Realfood Wonder Mom yang diformulasi dengan berbagai bermanfaat seperti sarang burung walet ini, baik dikonsumsi selama 3 bulan berturut-turut setelah trimester pertama kehamilan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Rekomendasi artikel lain seputar “ibu hamil”

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars