Asam‌ ‌Folat,‌ ‌Kunci‌ ‌Sehat‌ ‌Ibu‌ ‌Hamil‌ ‌

04 April 2020
manfaat asam folat bagi ibu hamil

Salah satu anugerah terbesar yang Tuhan berikan untuk makhluk hidup adalah kemampuan berketurunan. Oleh karenanya, kita harus betul-betul melindungi dan menjaga kesehatan ibu hamil demi keselamatan dirinya dan janin.

Cara menjaga kesehatan selama kehamilan terbilang banyak dan cukup kompleks. Kita harus memperhatikan keseimbangan antara jasmani dan rohani demi kelancaran dari masa kehamilan hingga proses lahiran, bahkan sampai tumbuh kembang anak.

Kandungan gizi merupakan salah satu yang wajib terjaga sempurna. Kebutuhan nutrisi Ibu hamil lebih banyak dari biasanya karena harus menghidupi janin dalam dirinya. Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang menjadi kunci sehat ibu hamil.

Apa itu Asam Folat?

Asam folat atau Folic Acid adalah jenis vitamin B kompleks (B9) yang larut dalam air. Asam folat dapat dikatakan sebagai versi sintetis atau buatan manusia untuk folat atau vitamin B9, dalam rupa suplemen atau bahan tambahan pada makanan.

Dilansir dari Hellosehat.com, kecukupan folat ini sebenarnya terdapat dalam makanan harian kita, namun dalam jumlah sedikit, yakni sekitar 400 mcg per hari. Sementara untuk ibu hamil, kebutuhan asam folat ini lebih tinggi, yakni sekitar 600 mcg per hari.

Apa Manfaat Asam Folat?

Bagi manusia pada umumnya, asam folat sangat dibutuhkan pada masa pembelahan dan pertumbuhan sel, serta untuk produksi sel darah merah. Nutrisi ini sangat bermanfaat untuk mencegah anemia.

Sejak lama, asam folat diyakini sebagai nutrisi unggulan yang paling dibutuhkan ibu hamil. Merujuk Nhs.uk, Seorang perempuan yang sedang dalam program hamil pun disarankan mengonsumsi asam folat, setidaknya mengonsumsi 4 bulan sebelum kehamilan, sampai usia kehamilan 12 minggu.

Bagi ibu hamil, asam folat begitu penting untuk menghindari bayi dari kemungkinan terkena Neural Tube Defect (kecacatan tabung syaraf), Spina Bifida (kelainan tulang belakang), dan Anencephaly (otak tidak terbentuk dengan baik). Kondisi catat lahir tersebut umumnya terbentuk pada beberapa minggu awal kehamilan, bahkan sebelum wanita tersebut tahu bahwa ia hamil.

Tak hanya itu, asam folat sendiri juga bisa membantu mengurangi potensi keguguran pada calon ibu, meningkatkan produksi asi, serta meminimalkan potensi autisme pada anak.

Bagaimana Saya Mencukupi Kebutuhan Asam Folat Selama Hamil?

Dua cara utama untuk mendapatkan asupan asam folat harian adalah melalui makanan dan suplemen atau multivitamin.

Beberapa makanan yang kaya akan asam folat, antara lain:

  • sereal
  • tepung
  • nasi putih
  • sayuran hijau
  • buah-buahan (terutama pepaya, kiwi, dan jeruk)
  • kol
  • kubis
  • kuning telur
  • susu
  • biji bunga matahari
  • roti gandum

Realfood Wonder Mom, Rahasia Kecukupan Nutrisi Lengkap Ibu Hamil

Selain makanan di atas, sarang walet juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Adapun manfaat sarang walet bagi ibu hamil adalah untuk tumbuh kembang otak bayi. Sarang walet mengandung asam sialat yang sangat bagus untuk membantu perkembangan otak janin, asam amino triptofan untuk membantu mengurangi kecemasan dan kelelahan pada ibu (termasuk mengurangi stretch mark), serta asam amino glisin untuk membantu mencegah pre-eklampsia. Pastinya sarang burung walet sendiri juga mengandung asam folat.

Segala kebaikan untuk ibu hamil melalui sarang walet kini tersedia melalui program sehat Realfood yang berdurasi minimal selama 3 bulan. Jadi dalam ibu hamil bisa menjalankan 1 bulan minimal 1 program. Realfood, sebagai sebuah perusahaan di bidang kesehatan yang telah berstandar ISO 22000, hadirkan 6 varian program sehat bersertifikasi Halal dan BPOM tersebut dengan bahan dasar sarang walet.

Secara istimewa, Realfood hadirkan program Wonder Mom untuk ibu hamil. Program ini merupakan fully concentrated di mana kandungan sarang waletnya lebih banyak sehingga teksturnya lebih padat. Tak hanya sehat, Realfood juga sangat enak dan segar dengan rasa manis alami dari daun stevia. Tentunya, Realfood Wonder Mom sangat baik untuk ibu hamil karena tidak mengandung pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Proses pengembangannya pun diawasi oleh ahli nutrisi dan gizi berpengalaman.

Nikmati masa kehamilan yang menyenangkan bersama Realfood Wonder Mom. Sebaiknya, konsumsi Realfood Wonder Mom setelah kehamilan trimester pertama. Realfood paling baik dikonsumsi setiap pagi (1 jam sebelum sarapan) atau malam hari (3 jam setelah makan malam). Hal tersebut untuk memaksimalkan penyerapan zat-zat aktif dari program. Selamat hidup sehat!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars