cemilan sehat untuk diet

Siapa bilang orang diet gak boleh makan cemilan sehat? Nyatanya, cemilan itu sangat baik lho untuk kamu konsumsi saat kamu sedang berdiet dan berusaha menurunkan berat badan. Cemilan justru mampu membantu mengontrol nafsu makan dan membuat perut terasa penuh sehingga mengurani keinginan untuk makan. Nyemil juga membantu penyebaran kalori lebih rata dan menghindari peningkatan gula darah berlebih. Namun, perlu diingat bahwa pemilihan cemilan sehat juga tidak kalah penting lho! Selalu ingat: Jenis, Jumlah, dan Jadwal ya. 

Ini dia daftar 20 cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi mulai dari sekarang! 

1. Oatmeal 

Cemilan sehat yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal adalah gandum utuh yang dipotong atau diolah agar lebih mudah diolah tubuh. Oatmeal sendiri diklaim mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) karena tinggi akan serat larut beta glucan. Kamu bisa lho membuat overnight oatmeal atau bubur ayam oat sebagai cemilan sehat. Pastikan juga kamu memilih rolled oat atau steel cut oat dan menghindari instant oat yang tinggi kandungan karbohidrat. 

2. Kacang-kacangan 

Cemilan sehat yang gak pake ribet tapi bikin puas adalah kacang! Gak harus kacang tanah, kamu bisa memilih kacang almond, kacang macadamia, atau kacang walnut yang tinggi akan magnesium. Kacang-kacangan biasanya mengandung tinggi lemak sehingga sangat baik jika kamu konsumsi secukupnya. Misalnya untuk kacang almond, cukup makan 7 buah perhari. Percaya gak percaya, 7 butir almon itu cukup memuaskan lho! 

3. Biji-bijian

Nah kalau di atas kacang-kacangan, kamu juga bisa mengonsumsi biji-bijian sebagai cemilan sehat seperti biji labu, biji bunga matahari, atau biji sesawi. Pastikan bijian yang kamu pilih tidak ditambahkan gula atau garam ya! Cukup dimakan dalam keadaan polos dan tawar saja. 

4. Buah-buahan

Saat diet, kamu memerlukan serat yang banyak untuk dapat menyeimbangkan microflora pencernaan sekaligus memperlancar proses pembuangan. Mengonsumsi buah sebagai cemilan sehat tentu tidak ada salahnya lho! Memang beberapa buah mengandung gula tinggi sehingga harus dibatasi konsumsinya seperti pisang, nanas, dan mangga. Namun, kamu bisa memilih buah dengan kadar gula rendah seperti strawberry, apel, jeruk, pear, dan melon lho! Ingat, makan buah juga gak boleh seenaknya ya! Cemilan sehat yang satu ini sebaiknya kamu konsumsi 100gr perkali makan. 

5. Sayur

Makan sayur sebagai cemilan sehat? Tentu bisa dong! Kamu bebas lho mengonsumsi wortel, mentimun, atau seledri sepuasnya karena sayuran seperti ini kalorinya sangat rendah. Bayangkan saja 100gr wortel mengandung 28 kcal, 300gr mentimun mengandung 45kcal, dan 100gr seledri mengandung 14 kcal saja! Bener-bener cemilan sehat yang aman dikonsumsi saat diet. Kamu juga bisa lho menggunakan sedikit saus sebagai cocolan misalnya hummus atau tahini. 

6. Dark Chocolate 

Di saat sedang stress atau sedih, cobalah untuk mengonsumsi dark chocolate sebagai cemilan sehat yang bisa naikin serotonin kamu! Saat ini sudah banyak tersedia dark chocolate yang dibuat dengan lemak coklat rendah dan bebas gula sehingga cocok banget nih jadi cemilan sehat saat berdiet. Pssst! Cukup konsumsi 1 - 2 potong ya, jangan dihabiskan satu bungkus!

7. Hummus atau Tahini

Hummus adalah cocolan yang terbuat dari kacang arab atau chickpea sedangkan tahini adalah cocolan yang terbuat dari biji sesawi atau sesame seed. Biasanya hummus dan tahini banyak digunakan di makanan Timur Tengah, Mediterranean, dan Yunani. Keduanya bisa kamu jadikan cemilan sehat lho! Dicolek sayur ataupun ditambahkan ke roti–sesukamu aja karena keduanya tinggi protein!

8. Chia Pudding

Selain oatmeal, chia seed juga bisa kamu jadikan cemilan sehat dengan cara kamu oleh menjadi chia pudding. Secara alami, chia seed tinggi akan kandungan serat dan asam lemak omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa membuat chia pudding dengan menambahkan susu, yogurt, susu kedelai, ataupun protein shake lho! 

9. Cottage Cheese 

Kalau diet biasanya kita akan menghindari garam tinggi dan makanan dengan kadar lemak tinggi seperti keju, cemilan sehat yang satu ini justru sangat baik lho! Cottage cheese adalah keju sederhana yang dibuat dengan cara memisahkan casein (protein susu) dengan whey. Cottage cheese berbentuk gumpalan putih dengan rasa sedikit tawar dan creamy. Mirip yogurt tetapi tidak masam sama sekali. Cocok sih buat cemilan sehat saat pingin banget makan keju! 

10. Telur Rebus

Cemilan sehat yang satu ini mudah dibuatnya dan tinggi protein lho! Satu butir telur ukuran sedang biasanya mengandung 60-70 kcal dan mengandung 13 gram protein. Gak cuma protein, telur juga kaya akan vitamin D lho! Cukup rebus telurmu agar tidak menambah kalori dan hindari pengolahan seperti telur goreng atau telur gulung yang jelas tinggi kalori. 

11. Yogurt 

Saat ini yogurt siap santap sudah tersedia banyak sekali di pasaran dan ini bisa jadi salah satu cemilan sehat lho! Pilih yogurt dengan kandungan rendah gula atau pilih yogurt tanpa rasa untuk kalori yang lebih rendah.

12. Popcorn Tawar 

Siapa nih yang suka konsumsi popcorn? Apa lagi pas nonton di bioskop ya? Kerinduanmu akan popcorn bisa kamu atasi lho dengan mengonsumsi popcorn tawar yang dimasak dengan bantuan udara panas atau disebut air-popped popcorn. Tanpa butter, tanpa garam, tanpa gula, 100gr popcorn tawar sebagai cemailan sehat ini cuma 33kcal lho!

13. Susu Low Fat 

Pingin minuman yang menyegarkan? Susu low fat bisa jadi solusinya! Cemilan sehat yang mengandung protein ini cocok banget kamu konsumsi di pagi hari sebelum berolah raga ataupun di malam hari sebelum tidur. 

14. Ubi Rebus

Cemilan sehat yang tinggi karbohidrat adalah ubi rebus. Cemilan ini cocok banget lho dikonsumsi sebelum kamu olah raga angkat beban agar lebih bertenaga. Selain itu ubi rebus juga sangat baik untuk kesehatan ususmu!

15. Kacang Edamame

Berbeda dengan kacang lainnya, edamame cenderung tinggi protein sehingga sangat baik sebagai cemilan sehat saat berdiet. Konsumsi edamame setidaknya 100gr perhari dapat mencukupi kebutuhan protein bagi vegetarian lho!

16. Seaweed

Suka makan sushi atau snack seaweed? Kamu bisa menjadikan seaweed sebagai cemilan sehat dengan memilih seaweed sushi yang bebas rasa dan tidak digoreng sebagai cemilan lho! Kalorinya rendah sekali hanya 13 kcal perlembar dan pastinya bikin kamu puas dengan rasa gurihnya. 

17. Ice Coffee

Jika kamu suka nonton K-drama, pasti sering banget lihat cewek-cewek korea memesan Ice Americano. Ternyata ice americano dipesan karena termasuk minuman dan cemilan sehat yang rendah kalori lho! Hanya 2 kcal pergolas dan es dapat membantu meningkatkan metabolisme secara sesaat. Pas banget nih cemil ice coffee tanpa gula sebelum berolah raga!

18. Ice Tea 

Jika tidak kuat mengonsumsi kopi karena alasan lambung atau takut sulit tidur, coba deh ganti dengan teh dan buat sebagai ice tea. Pilih teh dengan kandungan bunga atau buah agar teh terasa manis alami sebagai cemilan sehat yang hampir 0 kalorinya! 

19. Jelly 

Cemilan sehat yang cukup mudah dibuat dan dijamin mengenyangkan adalah jelly. Tentunya kamu tidak diperbolehkan memakan jelly yang dijual di pasaran dengan rasa manis ya. Melainkan kamu membuat sendiri jelly di rumah tanpa gula! Cemilan sehat yang satu ini tingi fiber lho sehingga pencernaanmu lebih lancar dan merasa kenyang lebih lama. 

20. Realfood Up 

Minuman sarang burung walet ini diformulasi buat kamu yang aktif dan butuh gizi tambahan saat diet nih. Kandungan gula yang ada di dalam Realfood Up sangat rendah dan kandungan sarang burung walet mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sehingga kamu lebih sehat dan kuat. Ada 3 pilihan rasa yang bisa kamu konsumsi tiap hari: classic dengan rasa asli, calm dengan jus kurma merah, dan beauty dengan kolagen dan persik.

Artikel Terkait Lainnya: