diet mayo

Diet mayo merupakan salah satu program diet yang populer beberapa tahun terakhir. Tak hanya mampu menurunkan berat badan, pola diet ini juga dapat membantu menurunkan resiko berbagai penyakit kritis seperti jantung, diabetes, dan hipertensi. Tak main-main, diet mayo merupakan program diet yang digagas oleh tim dari Mayo Clinic Diet yang sudah melalui hasil uji klinis. 

Tak hanya sekedar untuk menurunkan berat badan, diet mayo menekankan pada pentingnya pola hidup sehat. Penelitian yang dilakukan Mayo Foundation for Medical Education and Research juga menyebutkan bahwa pola diet yang tepat untuk beberapa orang yang memiliki penyakit seperti diabetes, ternyata dapat mengontrol gula darah. Lantas sebenarnya bagaimana sih cara menjalankan diet mayo agar tetap efektif dan aman? Berikut adalah hal penting yang perlu diperhatikan saat memulai diet mayo:

  • Asupan kalori: Perlu diketahui bahwa jumlah kalori yang masuk ke tubuh saat menjalankan diet berkisar antara 1200-1800 per hari. Namun hal ini juga tergantung pada jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan  sehari-hari. Untuk itu tetap pastikan asupan kalori yang masuk per harinya sesuai dengan yang dibutuhkan. 
  • Perbanyak sayur dan buah: mengonsumsi sayur dan buah merupakan hal yang penting saat menjalankan program diet mayo. Dengan mengonsumsinya, diharapkan Realfoodfam bisa merasa kenyang. Selain itu sayur dan buah juga kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan. 
  • Kurangi garam dan gula: garam berperan mengikat air dalam tubuh, dengan mengonsumsi makanan minuman yang rendah garam akan meningkatkan keluarnya air dalam tubuh sehingga berat badan berkurang. Makanan tinggi gula juga merupakan salah satu faktor meningkatnya berat badan. Untuk itu jika sedang menjalani program diet ada baiknya kamu hindari makanan tinggi garam dan gula. 
  • Perbanyak asupan protein: mengonsumsi banyak protein dapat membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang setelah makan sehingga kamu tidak akan makan berlebihan. Untuk itu tetap pastikan kamu mendapatkan asupan protein yang cukup setiap harinya selama menjalankan diet mayo. 
  • Kurangi konsumsi lemak: mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Untuk itu pastikan makanan yang kamu konsumsi rendah lemak, dan kamu juga bisa mengurangi makanan yang digoreng dan menggantinya dengan makanan yang dikukus.

Hal lain yang perlu diketahui mengenai diet mayo adalah bahwa program ini memiliki dua fase yang perlu diikuti. Fase pertama yang berlangsung selama dua minggu merupakan fase penurunan berat badan. Sedangkan fase kedua merupakan fase dimana kamu diharapkan untuk tetap aktif beraktivitas seperti olahraga selama 30 menit per hari. Dengan begitu penurunan berat badan akan konsisten. 

Berikut adalah menu diet mayo selama satu hari penuh yang bisa kamu jadikan inspirasi. Pada dasarnya menu harian diet mayo mayoritas terdiri dari sayur dan buah pada komposisi tertinggi.kalori yang harus dipenuhi per harinya pun disesuaikan dengan jenis kelamin, dan berat badan. Misalnya, batas kalori per harimu adalah 1.200 kalori, menu harian yang perlu dikonsumsi mencakup 4 porsi sayuran, 3 porsi protein atau produk susu, dan 3 porsi lemak. Berikut adalah inspirasi menu harian untuk kamu yang menjalankan diet mayo: 

Sarapan pagi

Kamu bisa mengonsumsi roti gandum yang diberikan selai kacang rendah kalori atau 3 butir putih telur dan teh. Pastikan untuk mengurangi gula pada teh mu ya. Atau kamu bisa mengonsumsi buah seperti apel, kiwi, atau pisang di pagi hari. 

Makan siang

Saat makan siang, kamu bisa mengonsumsi ayam bakar, sayur kukus seperti wortel, buncis, brokoli. Atau mengonsumsi pecel dengan telur rebus. Jangan lupa untuk menambahkan buah seperti strawberry atau melon sebagai pengganti dessert.

Makan malam

Ganti menu makan malam junk food mu dengan menu sehat seperti cumi atau udang bakar saus madu dengan beras coklat. Dengan mengurangi nasi putih juga akan menurunkan asupan gula harianmu. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur-sayuran disela menu makan malam. 

Camilan

Saat menjalankan program diet, tentunya kamu pun perlu menyesuaikan camilan yang kamu konsumsi sehari-hari agar program dietmu sukes. Sebagai alternatif camilan yang lebih sehat, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan atau mengonsumsi Realfood Cleanse Appletox yang mengandung ekstrak apel dan sarang burung walet. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari sehabis makan untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh. Itu dia berbagai informasi mengenai diet mayo yang bisa kamu lakukan agar program dietmu berhasil. Pastikan untuk tetap beraktivitas seperti olahraga minimal 30 menit sehari agar perjalanan dietmu semakin mudah. Namun ada baiknya sebelum memulai diet mayo kamu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi agar tetap aman dan efektif. Selain itu pastikan untuk mengonsumsi makan sehat dan camilan rendah gula sep.erti Realfood Cleanse Appletox untuk membantu menutrisi pencernaanmu dan membantu pembentukan lemak berlebih.

Artikel Terkait Lainnya: