diet rendah lemak

Diet rendah lemak adalah gaya hidup pola makan yang menekankan pada konsumsi makanan rendah kandungan minyak dan lemak. Minyak adalah lemak dalam bentuk cair, sedangkan lemak biasanya berbentuk padatan seperti gajih, mentega, margarin, shortening, dan krim. Tujuan utama dari diet ini adalah mengurangi konsumsi kalori dikarenakan lemak memiliki kalori yang paling tinggi yaitu 9,4 kcal/gram. Selain itu, diet rendah lemak juga membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh obesitas. Diet rendah lemak biasanya diiringi dengan peningkatan asupan makanan tinggi protein, serat, dan karbohidrat kompleks dan mengurangi lemak jenuh dan lemak trans. Namun, perlu diingat bahwa diet rendah lemak ini sebaiknya dilakukan di bawah bimbingan ahli gizi atau dokter spesialis gizi karena beberapa jenis vitamin justru hanya bisa larut di lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Asurapn gizi yang tidak seimbang justru dapat membahayakan kesehatanmu lho! 

Manfaat Diet Rendah Lemak 

  1. Membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, sehingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Mengurangi konsumsi minyak dan lemak secara rutin akan membantu mengurangi kadar lemak di dalam darah yang berkontribusi pada angka kadar kolesterol dan trigliserida jika dilakukan dengan cara yang tepat dan konsisten. 

  1. Membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme 

Terutama jika kamu sangat menyukai makanan yang kaya akan kandungan lemak dan minyak seperti gorengan, diet rendah lemak akan membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme jika dipadukan dengan diet tinggi serat dan protein. 

  1. Membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung 

Tanpa memiliki penyakit kolesterol sekalipun, diet rendah lemak sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan jantung dengan menghindari pembentukan plak di pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan. 

  1. Dapat membantu mengontrol gula darah 

Diet rendah lemak dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan resistensi insulin. Gak melulu harus kurangi karbohidrat, gula, dan nasi, tapi lemak juga punya andil dalam resistensi insulin lho!

  1. Membantu mencegah obesitas dan sindrom metabolik lainnya 

Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh kegemukan, salah satunya adalah diabetes, fatty liver, dan fatty pancreas. Dua nama penyakit terakhir mungkin jarang terdengar, tapi keduanya bisa diatasi dengan diet rendah lemak secara rutin. 

  1. Membantu meningkatkan kesehatan hati dan pankreas

Dengan mengonsumsi lebih sedikit kadar lemak dan minyak, kita telah membantu kinerja hati dan pankreas dalam mengolah lemak. Bayangkan jika hati dan pankreas terus menerus bekerja mengolah lemak dan minyak tanpa henti. Bisa jadi penyakit yang berbahaya lho! 

  1. Membantu mencegah mutasi gen yang menyebabkan kanker 

Mengurangi salah satu bahan yang tinggi lemak seperti daging merah juga sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama dalam menghindari mutasi gen yang menyebabkan kanker. 

  1. Membantu meningkatkan kesehatan kulit jika diimbangi dengan konsumsi serat dan lemak tidak jenuh

Konsumsi lemak tidak jenuh dan serat, serta mengurangi konsumsi lemak jenuh dapat memberikan dampak baik untuk sistem metabolisme. Hasil yang paling terlihat? BAB jadi lancar, jerawat berkurang, lalu kulit menjadi lebih sehat dan glowing! 

  1. Membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kesehatan mental

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kegemukan dapat menyebabkan meningkatnya hormon testosteron pada wanita yang dapat menyebabkan PCOS dan kemudian depresi. Sedangkan pada pria dapat meningkatkan hormon androgen yang menyebabkan mengakibatkan pertumbuhan payudara pada pria. Hal ini dapat membuat kesehatan mentalmu memburuk lho.

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Diet Rendah Lemak

Berikut ini adalah rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat diet rendah lemak adalah: 

  1. Protein berkualitas tinggi ,Hindari konsumsi daging merah yang tinggi lemak dan beralihlah ke protein berkualitas tinggi yang rendah lemak seperti daging ayam tanpa kulit, daging kalkun, daging ikan berwarna putih.
  2. Protein rendah lemak, jika ingin sekali mengonsumsi daging merah, pilih daging merah yang rendah lemak seperti gandik, tanjung, dan sirloin. 
  3. Protein nabati seperti tempe, tahu, natto, kacang polong, kacang pea, chickpea.
  4. Sayuran hijau seperti brokoli, kangkung, bayam, mentimun, zukini, dan selada
  5. Buah-buahan rendah gula dan pati seperti apel, pear, jeruk, kiwi, strawberry, blueberry, raspberry, dan melon. 
  6. Kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond.

Ingat untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti Realfood Cleanse Appletox. Snak sehat yang satu ini adalah cemilan jelly sehat yang memenuhi kebutuhan gizi kamu, melancarkan pencernaan, dan membantu mencegah pembentukan lemak dalam tubuh. Diperkaya dengan kandungan sarang burung walet yang tinggi akan protein dan enzim, ekstrak apel hijau, ekstrak asam gelugur yang ampuh membantu menurunkan berat badan, dan konjak yang bikin kamu kenyang lebih lama. Diet rendah lemakmu pasti terasa lebih menyenangkan dan mengenyangkan dengan Realfood Cleanse Appletox!

Artikel Lainnya: