tips diet pemula

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan banyak orang baik itu pria maupun wanita. Tak heran banyak yang mulai menjalani program diet untuk mencapai tubuh ideal, baik itu memiliki tubuh langsing, ataupun memiliki tubuh berotot yang dapat menambah percaya diri bagi pemiliknya. Tak heran banyak sekali tips diet pemula yang bermunculan, mulai dari menjaga pola makan, rutin melakukan olahraga tertentu, hingga mengonsumsi suplemen atau protein. 

Program diet yang dilakukan sendiri terbilang kompleks, karena tidak bisa fokus pada satu bagian saja. Tidak hanya mengonsumsi makanan sehat, namun lebih dari itu Realfoodfam juga perlu memperhatikan beberapa hal lain agar diet yang dilakukan tetap seimbang. Untuk itu bagi pemula sangat penting untuk mengetahui cara dan tips diet pemula agar program diet yang kamu lakukan tetap aman dan efektif. Untuk itu penting untuk memerhatikan asupan dan nutrisi yang dibutuhkan agar tidak defisit. Berikut 8 tips diet pemula yang bisa kamu terapkan untuk mencapai body goals mu!

1. Sarapan rendah kalori

Tips diet pemula yang penting diketahui adalah untuk meskipun sedang diet, bukan berarti kamu harus melewatkan jam sarapanmu. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengganti menu sarapan dari nasi goreng menjadi opsi yang lebih sehat seperti smoothies, yogurt, buah-buahan, atau oatmeal. Pastikan sarapan yang kamu pilih kaya nutrisi seperti serat dan vitamin, dan rendah kalori. 

2. Pilih Makanan dengan Karbohidrat Kompleks

Faktanya mengonsumsi karbohidrat kompleks dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Untuk itu pastikan makanan yang kamu konsumsi memiliki kandungan serat tinggi. Kamu bisa mulai mengganti nasi putih dengan nasi merah, atau mengonsumsi jenis karbohidrat lain seperti pasta gandum, kentang, atau ubi rebus. 

3. Atur Jadwal Makan

Tips diet pemula berikutnya adalah dengan menjaga jadwal makan. Diet bukan berarti kamu melewatkan jadwal makanmu. Namun kamu justru harus mengaturnya agar perut tidak kelaparan. Pasalnya ketika merasa lapar, tubuh akan mengonsumsi lebih banyak makanan. Untuk itu tetap pastikan makan teratur sesuai jadwal dan penuhi nutrisi yang dibutuhkan. 

4. Olahraga

Satu hal yang harus diperhatikan ketika menjalankan program diet adalah rutin melakukan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga lari, bersepeda, HIIT (High Intensity Interval Training), atau pilates. Lakukan setidaknya minimal 30 menit sehari. Selain untuk membakar kalori, olahraga juga membantu membentuk ototmu. 

Selain rutin melakukan olahraga, tips diet pemula lainnya kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Sporte Realpro dan Realmeals. Pada dasarnya realmeals adalah produk pengganti makanan yang memiliki nutrisi komplit dan cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena energi dan nutrisi diserap perlahan sehingga membuat kenyang lebih lama. Sedangkan Realpro adalah suplemen whey tinggi protein dengan kandungan sarang burung walet didalamnya yang dapat membantu pertumbuhan massa otot. 

5. Hindari Makanan Kemasan dan Olahan

Pastikan selama menjalani program diet kamu juga mengurangi dan menghindari konsumsi makanan olahan dan makanan cepat saji. Karena kedua makanan jenis ini mengandung banyak sekali gula, lemak, dan tinggi kalori yang dapat merusak perjalanan dietmu untuk mencapai body goals! Kurangi juga minuman bersoda dan bisa menggantinya dengan mengonsumsi air putih lebih banyak. 

6. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Tips diet pemula ini pasti sudah akrab dan sering kamu dengar. Sebab mengonsumsi sayur dan buah memang terbukti efektif menurunkan berat badan. Vitamin, mineral, dan serat pada buah dan sayur yang tinggi sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang diet. Kamu bisa mengonsumsi buah seperti alpukat, kiwi, pisang, apel, atau jeruk.

7. Makan Malam 3 Jam Sebelum Tidur

Banyak orang yang sedang diet dan memutuskan untuk melewatkan makan malam dengan harapan tubuh akan lebih cepat langsing. Padahal kamu tetap bisa mengonsumi makan malam, hanya saja kamu perlu memerhatikan menu dan waktunya. Pilih makanan dengan rendah gula dan garam. Selain itu juga pastikan untuk mengonsumsi makan malam maksimal 3 jam sebelum tidur atau antara pukul 6-7 malam. Mengonsumsi makan malam terlalu larut  akan membuat tubuh kesulitan untuk tidur, karena gula darah mengalami peningkatan. 

8. Kurangi Gula

Selain memicu munculnya penyakit kronis seperti diabetes, konsumsi gula berlebih juga dapat membuat berat badan naik. Untuk itu pastikan untuk batasi asupan gula baik dari makanan, minuman seperti soda, jus kemasan, kopi susu, atau teh manis. mulai lah menggantinya dengan air putih sebagai opsi yang jauh lebih sehat.

Diet bagi pemula memang terkadang sulit dan terasa berat dijalankan. Namun yang harus diperhatikan adalah konsistensi, aktivias olahraga, dan asupan yang kamu konsumsi. Hal ini yang akan memengaruhi hasil dari program diet  yang kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen Realfood Sporte Realpro dan Realmeals yang berfungsi sebagai pengganti makanan dan juga suplementasi yang dapat membuatmu kenyang lebih lama.

Artikel Terkait Lainnya: