diet air putih

Air putih dikenal banyak memiliki manfaat untuk tubuh dan juga kulit. Selain untuk memenuhi asupan kebutuhan cairan tubuh dan menghindari dehidrasi. Banyak yang mempercayai bahwa diet air putih dapat menjadi salah satu opsi diet untuk menurunkan berat badan. Dalam beberapa riset disebutkan bahwa mengonsumsi 2 gelas air putih dalam 30 menit sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan. Namun perlu diperhatikan bahwa diet air putih bukan berarti kita tidak mengonsumsi makanan lain, karena tubuh kita tetap memerlukan nutrisi dari asupana makanan untuk bisa menghasilkan energi.

Baca Juga: 7 Minuman Diet Alami yang Menyehatkan dan Ampuh Turunkan Berat Badan 

Lantas seperti apa sih diet minum air putih dan cara melakukannya agar hasilnya tetap bisa efektif dalam menurunkan berat badan? Diet air putih atau yang dikenal dengan puasa air putih (water fasting) adalah cara menurunkan berat badan dengan tidak mengonsumsi apa pun selain air putih. Minum air putih dengan kadar yang cukup dapat membuat kerja sistem pencernaan lebih efisien dalam mengolah makanan sehingga dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Selain itu dengan mencukup kebutuhan cairan dapat membantu tubuh bekerja lebih cepat dalam membakar lemak. Setelah mengetahui sekilas tentang diet air putih, mari kita bahas apa saja manfaatnya untuk tubuh dan bagaimana cara diet air putih agar tetap efisien dan tidak membahayakan. 

Manfaat Diet Air Putih

Diet minum air putih dipercaya sebagai salah stau cara menurunkan berat badan. Selain menurunkan berat badan, diet ini juga diyakini dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan sebagai berikut: 

  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Mengurangi risiko munculnya penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker
  • Mengurangi stress
  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Walaupun diet minum air putih bisa membantu menurunkan berat badan, tetapi tidak bisa pungkiri bahwa diet ini juga berisiko menimbulkan masalah kesehatan, seperti kekurangan nutrisi dan hipotensi atau tekanan darah rendah. Selain itu, dengan menjalani diet minum air putih dapat membuatmu sulit fokus karena asupan makanan yang masuk hanya sedikit. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan cara diet air putih yang benar. 

Baca Juga: Diet Dijamin Sukses! Ini Dia Jam Makan Malam untuk Diet yang Benar

Cara Melakukan Diet Air Putih

1. Awali pagi hari dengan minum air putih

Saat bangun di pagi hari, pastikan untuk selalu minum air putih untuk menambah cairan yang hilang dan juga untuk memperlancar metabolisme. Pasalnya saat tidur selama kurang lebih 8 jam, perutmu dalam kondisi kosong dan tubuh kekurangan cairan 

 2. Minum sebelum makan

Mengutip WebMD, minum 2 gelas air putih 30 menit sebelum waktu makan dapat membantu mengurangi asupan makanan sebesar 75 kalori. Selain itu, dengan terlebih dahulu minum air putih dapat membantu menekan nafsu makanmu lho, Realfoodfam.

3. Kurangi porsi makan

Saat menjalani diet air putih, kamu bisa memulainya dengan mengurangi porsi makan dan mengurangi camilan selama beberapa hari. Pastikan makanan yang dikonsumsi kaya akan nutrisi seperti serat, karbohidrat, dan lemak sehat. Atau kamu juga bisa membuat jus atau smoothie di fase awal menjalani diet minum air putih agar tubuhmu tidak kaget. 

Baca Juga: Keto Diet: Panduan Detail dan Menu Diet Keto

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Diet minum air putih tetap perlu diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup. Pastikan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi dan serat sehingga membantu metabolisme dan juga membuatmu kenyang lebih lama. 

Selain meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Cleanse Appletox. Suplemen diet detox berbentuk jelly ini merupakan sumber prebiotik yang mengandung ekstrak apel dan asam gelugur. Selain sehat, Realfood Cleanse Appletox juga membantu menutrisi pencernaan dan meningkatkan metabolisme sehingga berat badan tetap terjaga. 

5. Minum air putih ketika merasa lapar

Cara diet air putih yang tak kalah penting adalah dengan memperbanyak minum saat sedang merasa lapar. Pasalnya kamu akan cenderung makan berlebihan dan memilih porsi besar saat dalam kondisi lapar. Dengan minum air putih dikala lapar, dapat membantu menekan keinginan untuk makan berlebihan. 

Baca Juga: 6 Tips Menjalani Diet Rendah Garam dan Variasi Menunya

Meski terbukti efektif menurunkan berat badan, diet air putih tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Beberapa orang yang tidak diperbolehkan melakukan water fasting karena memiliki kondisi berikut sebaiknya tidak perlu mengikuti pola diet air putih: 

  • Orang yang memiliki gangguan makan (eating disorder)
  • Kekurangan berat badan.
  • Ibu hamil atau menyusui
  • Orang yang memiliki masalah jantung
  • Diabetes tipe 1