Cheat day

Bagi Realfoodfam yang tengah menjalani program diet, cheat day menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu, bukan? Apalagi cheating day biasanya dijadikan sebagai self-reward dan bisa terlepas dari aturan-aturan diet untuk sementara waktu.

Namun, Realfoodfam sebaiknya tetap menjalani cheating day dengan baik sehingga tidak mengganggu hasil diet. Lalu, kesalahan apa saja yang biasanya terjadi saat cheating day yang bisa menggagalkan diet? Simak ulasannya berikut ini:

Apa Itu Cheat day?

Cheating day juga bisa dipahami sebagai hari libur diet. Jadi, ketika Realfoodfam sedang menjalani cheating day, Realfoodfam sedang beristirahat dan bisa mengkonsumsi makanan apa saja yang ada di luar menu diet.

Baca Juga: Manfaat Susu Protein untuk Diet dan Tips Memilihnya

Umumnya, cheating day dilakukan satu hari dan di hari tersebut, Realfoodfam dapat dengan leluasa mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan dalam program diet. Setelah satu hari tersebut berakhir, Realfoodfam akan kembali ke aturan diet yang biasanya dijalankan.

Jika Realfoodfam sedang menjalani diet ketat, cheating day biasanya diganti dengan cheating meal. Dengan begitu, Realfoodfam tetap dapat kesempatan untuk mengkonsumsi makanan diluar menu diet dan hanya diperbolehkan satu kali waktu makan.

Cheating day juga merupakan suatu konsep psikologis usaha dan imbalan. Ketika Realfoodfam bekerja keras dan bersusah payah menjalani program diet, maka Realfoodfam berhak menerima imbalan yaitu mendapatkan kesempatan untuk menikmati hidangan di luar jangkauan ketika saat diet.

Jadi, ketika Realfoodfam kembali ke hari diet biasanya, akan lebih bersemangat menjalaninya. Realfoodfam juga terhindar dari perasaan jenuh dan menjalani program diet dengan lebih disiplin dan patuh.

Baca Juga: Whey Protein dan Manfaatnya untuk Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Metode cheating day sangat bervariasi bagi satu individu dengan individu lainnya. Semuanya tergantung dari goal dari program diet yang ingin diraih pada masing-masing individu.

Pasalnya, cheating day memang tidak memiliki pedoman khusus mengenai menu apa saja yang dapat dikonsumsi maupun waktu untuk melakukannya. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai cheating day malah menggagalkan pola diet yang dijalankan.

Kesalahan dalam Cheat Day yang Membuat Gagal Diet

Realfoodfam boleh saja menetapkan satu hari libur diet, namun lakukan dengan tetap terkontrol agar tidak menggagalkan diet. Namun, jika Realfoodfam penasaran, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat cheating day:

1. Terlalu Sering Cheat Day

Dalam cheating day memang tidak ada aturan khusus kapan Realfoodfam dapat melakukannya. Namun, jika terlalu sering cheating day, Realfoodfam perlu mempertanyakan pada diri sendiri tentang keseriusan dalam menjalani program diet.

Apalagi jika terlalu sering mengkonsumsi junk food dan gula ketika cheating day, akan muncul kecenderungan semakin mengidamkan makanan tersebut ketika sedang diet. Sebagai solusinya, Realfoodfam bisa menentukan tanggal libur diet dan juga makanan yang akan dikonsumsi saat cheating day.

2. Terlalu Banyak Makan

Meskipun sedang cheat day, namun bukan berarti Realfoodfam bisa makan berlebihan, ya. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi seperti junk food ataupun kue dengan banyak pemanis.

Baca Juga: Cara Bulking Yang Baik dan Benar Serta Aturannya

Jika tidak menjaganya, Realfoodfam bisa mendapatkan asupan kalori yang berlebihan sehingga merusak diet yang seminggu penuh sudah dijalankan. Oleh karena itu, carilah makanan yang benar-benar diinginkan dan nikmati secara perlahan.  

3. Jarang Olahraga

Ketika cheating day, tentunya Realfoodfam sedang menambah kalori ekstra. Pasalnya, pada saat cheating day, Realfoodfam akan mengkonsumsi makanan diluar menu diet yang biasa dijalankan. Dengan begitu, untuk mengurangi kalori tersebut, Realfoodfam sebaiknya berolahraga.

4. Menjadikan Makanan sebagai Pelarian

Ada orang-orang yang terbiasa menghibur diri dengan makanan ketika sedang stress atau sedih. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri ketika sedang menjalani program diet.

Bagi orang-orang tersebut, cheating day ditakutkan menjadi alasan untuk dapat melakukannya berkali-kali, bukan hanya pada satu waktu. Oleh karena itu, saat diet sebaiknya juga melatih diri untuk mencari cara lain dalam mengendalikan emosi, selain melampiaskannya pada makanan.

5. Tidak Melakukan Cheat Day Sama Sekali

Banyak orang yang berpikir jika kunci sukses untuk menurunkan berat badan adalah menjalankan diet ketat. Sedikit saja keluar dari pola diet, maka semua pengorbanan yang dilakukannya sia-sia.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Susu Protein untuk Diet dan Cara Memilihnya

Padahal, menurunkan berat badan tidak bisa instan dan normalnya berlangsung secara bertahap. Oleh karena itu, wajar jika Realfoodfam membiarkan diri untuk sedikit istirahat dari aturan ketat diet dan melakukan cheating day, asalkan semuanya terkontrol.

Selain cheat day, Realfoodfam juga perlu untuk mengkonsumsi minuman suplemen tinggi protein saat menjalani program diet. Salah satunya yaitu Realfood Sporte yang hadir dalam dua varian, yaitu Real Meals dan Real Pro.

Sporte Real Meals adalah pengganti makanan bergizi seimbang dan komplit yang kaya akan mineral, vitamin, serta asam amino esensial untuk melengkapi asupan nutrisi harian. Adanya kandungan karbohidrat slow release dan tinggi serat pangan menjadikan Realfoodfam kenyang lebih lama.

Sementara itu, Real Pro adalah suplemen nutrisi tambahan untuk Realfoodfam yang gym junkie atau yang ingin menambah masa otot. Hadir dengan nutrisi lengkap, vitamin, mineral, dan asam amino esensial sebagai tambahan asupan nutrisi dan juga protein harian.

Realfood Sporte Realpro juga mengandung 25 gr protein yang dapat membantu pertumbuhan otot dan meningkatkan tenaga untuk latihan yang tahan lama.