why protein dan manfaatnya

Whey protein merupakan protein yang terdapat dalam whey atau sisa susu dari hasil produksi keju dan umumnya hadir dalam bentuk bubuk. Whey protein sendiri merupakan salah satu jenis dari protein shakes yang biasa dikonsumsi oleh binaragawan atau orang yang rutin datang ke gym. Namun, whey protein merupakan salah satu dari tiga jenis protein shake yang paling populer. Jenis protein  ini mengandung asam amino esensial dari susu sapi yang mudah diserap tubuh.

Baca Juga: Cara Bulking Yang Baik dan Benar Serta Aturannya

Biasanya dikonsumsi dengan cara ditambahkan kedalam menu sarapan atau minuman seperti jus, atau milkshake. Whey protein belakangan mulai banyak mendapat sorotan karena manfaatnya yang bisa membantu membentuk massa otot. Padahal, manfaat whey protein lebih dari itu. Salah satunya untuk memenuhi asupan protein harian. 

Berikut adalah beberapa manfaat whey protein bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. 

1. Meningkatkan massa otot

Whey protein mengandung asam amino yang merupakan bahan utama untuk menyusun sel dan jaringan tubuh dan massa jaringan otot. Tak heran banyak orang yang ingin membentuk massa otot mengonsumsi whey protein. Namun, perlu diingat bahwa whey protein ini sfatnya hanya sebagai pelengkap, dan bukan menggantikan protein harian utama yang bisa kamu dapatkan dari ikan, telur, dan tahu tempe. Karena tubuh kita membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mencerna protein shakes ketimbang protein yang berasal dari makanan. 

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Susu Protein untuk Diet dan Cara Memilihnya

Selain mengonsumsi whey protein, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Sporte Realpro dan Realmeals. Pada dasarnya realmeals adalah produk pengganti makanan yang memiliki nutrisi komplit dan cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena energi dan nutrisi diserap perlahan sehingga membuat kenyang lebih lama. Sedangkan Realpro adalah suplemen whey tinggi protein dengan kandungan sarang burung walet didalamnya yang dapat membantu pertumbuhan massa otot. 

2. Membantu metabolisme

Dalam jurnal yang ditulis oleh Nutrition and Metabolism disebutkan bahwa melakukan diet tinggi protein dapat membantu kinerja metabolsime tubuh melalui beberapa cara, diantaranya adalah dengan menekan sekresi hormon ghrelin, dan juga menumnuhkan efek thermal pada makanan. Dengan menambahkan protein shakes dalam menu diet dapat menekan asupan kalori dan membantu diet lebih cepat dan efektif 

3. Menambah berat badan

Whey protein merupakan salah stau nutrisi yang dapat mendukung peningkatan berat badan melalui pembentukan massa otot. Pada beberapa orang, meningkatkan berat badan menjadi hal yang sulit karena ada faktor tetentu seperti penuaan, genetik, atau penyakit tertentu. Untuk itu, kamu bis ajuga mengonsumsi whey protein sebagai upaya menambah berat badan melalui protein tambahan untuk dikonsumsi harian. 

Baca Juga: 10 Makanan Penambah Massa Otot yang Perlu Dikonsumsi

4. Mengurangi kolesterol dan tekanan darah

Dalam beberapa riset disebutkan bahwa mengonsumsi whey protein dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Tak hanya itu, rutin minum whey protein dapat membantu menjaga organ vital seperti jantung dan juga otak. 

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Protein apapun yang masuk akan diolah menjadi asam amino oleh tubuh, begitupun halnya dengan whey protein. Asam amino berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kuman, bakteri dan virus penyebab penyakit. 

Cara Mengonsumsi Whey Protein

Untuk merasakan manfaat dari whey protein, ada baiknya kamu mengetahui takaran dan cara mengonsumsinya dengan benar. Dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi whey protein adalah sebanyak 1-2 sendok makan setiap harinya. Kamu bisa mencampurnya dengan yogurt dan buah atau granola, atau menambahkannya ke dalam menu jus favoritmu. 

Baca Juga: Apa itu Creatine, Manfaat dan Efek Samping yang Harus Kamu Tahu!

Namun bagi Realfoodfam yang memiliki alergi terhadap produk susu dan turunannya, harap memperhatikan dan menghindari konsumsi whye protein sebelum konsultasi dengan ahli gizi atau dokter yang menangani mu ya. Perlu diperhatikan juga bahwa terlalu banyak mengonsumsi whey protein dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti mual, perut kembung, diare, nyeri, dan kram. Pastikan kamu mengonsumsinya sesuai takaran yang dianjurkan ya!