makanan rendah kalori

Selain rutin melakukan olahraga, salah satu cara menjaga berat badan agar tetap ideal adalah dengan mengonsumsi makanan rendah kalori dan lemak. Tak heran belakangan banyak sekali orang yang sudah mulai sadar akan kesehatan mulai mengonsumsi makanan dengan kadar kalori rendah. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, dapat menunda rasa lapar dan jumlah kalori yang dibakar. Tak heran, makanan jenis ini banyak disebut sebagai salah satu langkah cepat menurunkan berat badan. 

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kalori rendah yang bisa kamu konsumsi. Ternyata gak cuma sayur-sayuran aja lho, Realfoodfam. Yuk simak bahasan berikut ini!

1. Dada Ayam

Dada ayam terkenal sebagai salah satu menu yang kerap dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Pasalnya bagian daging ayam tanpa lemak ini memiliki kalori yang rendah dan kaya akan protein. Selain itu, dada ayam juga mengandung selenium, niacin dan juga vitamin B12. Dalam 85 gram dada ayam terkandung 100 kalori. Tak heran menu satu ini banyak menjadi andalan bagi orang yang sedang diet. 

2. Greek Yogurt

Greek yogurt merupakan salah satu opsi makanan rendah kalori yang bisa dikonsumsi untukmu yang sedang diet. Mengandung protein tinggi dan menjaga berat badan, greek yogurt atau yogurt Yunani dapat kamu konsumsi di pagi hari dengan buah-buahan atau granola. 

3. Telur

Sebutir telur mengandung 72 kalori dan 6 gram protein dan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk dietmu. Telur rebus juga terbukti dapat mengurangi rasa lapar dan membuat kenyang lebih lama. Kamu bisa mengonsumsinya di pagi hari sebagai salah satu menu sarapan sehat, atau juga menjadikannya cemilan di sela-sela waktu makan. 

4. Semangka

Buah semangka yang memiliki kandungan air cukup tinggi mampu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik dan juga membuat tubuh lebih cepat merasa kenyang, lho. Dalam buah semangka terkandung vitamin A dan C, dan juga termasuk sebagai makanan rendah kalori. Tak heran, dengan mengonsumsi buah semangka dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. 

5. Cuka apel 

Cuka apel belakangan banyak dimanfaatkan salah satunya untuk menurunkan berat badan karena dapat memberikan efek rasa kenyang. Selain itu cuka apel juga berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam darah. Kamu bisa mengonsumsi 1 sendok cuka apel di pagi hari dengan air hangat. 

6. Tahu

Menjadi salah satu sumber protein (khususnya nabati), tentu tahu banyak dimanfaatkan bagi orang yang sedang diet sebagai tambahan menu protein sehari-hari. Tahu mengandung kalori sebanyak 80 kalori dengan 10 gram protein dan hampir 5 gram lemak saja didalamnya. Tak heran bahan makanan ini banyak dikonsumsi sebagai salah satu menu makanan rendah kalori. Untuk Realfoodfam yang sedang diet, kamu bisa mengolah tahu dengan cara direbus atau di tim untuk memaksimalkan manfaatnya.

7. Bayam

Sayuran hijau yang seringkali dimasak sebagai sayur bening ini ternyata memiliki banyak sekali kandungan gizi dan juga termasuk ke dalam makanan dengan kadar kalori rendah lho, Realfoodfam. Ternyata dalam 100gram sayur bayam terdapat sekitar 2,2 serat dengan 2,8 protein dan 24 kalori. Siapa sangka menu sederhana dan murah meriah ini ternyata bisa menjadi salah satu opsi makanan yang dapat kamu konsumsi saat diet. 

Jadi sekarang sudah tahu kan Realfoodfam menu apa saja yang bisa kamu konsumsi sebagai opsi makanan rendah kalori selama program dietmu? Makanan sehat tidak harus mahal, dan bahkan bisa kamu temukan pada bahan yang tersedia di dapur. Jadi yuk lebih sering mengkonsumsi makanan sehat yang ada di rumah!

Artikel Terkait Lainnya: