makanan tinggi protein rendah lemak

Makanan tinggi protein rendah lemak adalah makanan paling sering kamu cari saat kamu diet karena makanan tinggi protein biasanya membantu memberikan rasa kenyang dan kepuasan sedangkan makanan rendah lemak biasanya rendah kalori. Sehingga kombinasi keduanya akan jadi pas banget untuk teman dietmu. Dipadukan dengan sayuran, berat badanmu akan lebih cepat turun lho. Cek 17 makanan tinggi protein rendah lemak yang bisa kamu konsumsi. 

1. Ikan dori 

Makanan tinggi protein yang satu ini juga kaya akan omega 3, yodium, zat besi, magnesium, taurin, selenium, DHA, dan EPA. Teksturnya yang lebut cocok ditumis dengan sayuran atau asam manis. 

2. Ikan kakap putih

Nah makanan rendah lemak yang satu ini juga kaya akan Vitamin A, Vitamin D, natrium, kalsium, selenium, zat besi, dan kalium. Ikan kakap paling enak dimasak tim dengan jahe nih!

3. Brokoli 

brokoli

Iya, sayur brokoli adalah makanan tinggi protein yang sangat baik untuk diet. Selian itu juga kaya akan kalsium untuk kesehatan tulangmu lho! Brokoli sendiri bisa kamu masak dengan cara ditumis atau dikukus dengan bawang putih. 

4. Bayam

Bayam juga merupakan makanan rendah lemak lho! Bayangkan dalam 100 gram daun bayam mengandung 2,3 gram protein, 3,2 gram karbohidrat, 3 gram besi, dan 81 gram kalsium. Sisanya adalah serat tidak larut yang sangat baik untuk pencernaan!

5. Selada 

Yup, daun selada pun gak kalah lho, Realfoodfam! Beragam jenis selada ini memang mengandung protein yang baik untuk tubuh dan tentunya rendah lemak. Salah satu jenis selada dengan kandungan protein tertinggi adalah daun kale. 

6. Tahu 

Wah yang satu ini jelas salah satu makanan tinggi protein rendah lemak ya. Setiap 100 gram mengandung 8 gram protein lho dan kalorinya hanya 76 kkal jika diproses tanpa digoreng atau ditambahkan bumbu dengan kalori lainnya. Pas banget nih buat memenuhi kebutuhan protein harian. 

7. Tempe 

Makanan asli dari Tanah Jawa ini juga merupakan makanan tinggi protein rendah lemak lho. Bahkan proteinnya lebih tinggi dari tahu yaitu 19gram per 100gram. Hanya saja, kalorinya jelas lebih tinggi dan tempe rentan mengalami proses pemasakan dengan bumbu berlebih seperti kecap. 

8. Edamame

Edamame Beans

Mirip-mirip tahu dan tempe, edamame adalah makanan tinggi protein rendah lemak yang berasal dari jenis kacang polong. Bedanya, edamame sudah nikmat hanya dengan dikukus aja nih. Setiap 100 gram mengandung 11 gram protein lho, pas banget buat dijadikan cemilan! 

9. Kacang Arab

Kacang Arab atau chickpea adalah makanan rendah lemak yang mengandung 19 gram per 100 gram lho! Cocok direbus dan ditumis sebagai lauk.

10. Oat 

Meskipun oat tinggi karbohidrat, oat adalah salah satu makanan tinggi protein yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol karena tinggi kandungan serat larut. 

11. Biji Labu

Alternatif makanan tinggi protein rendah lemak yang cukup terjangkau adalah biji labu. Cocok dijadikan cemilan ataupun dicampur ke kue kering.

12. Almond 

almond

Nah kalau yang ini, jelas makanan tinggi protein rendah lemak yang bagus untuk diet. Cocok dijadikan cemilan, tapi ingat ya, tetap ada kandungan lemak sehingga makan secukupnya! 

13. Putih telur 

Di dalam telur, putih telur adalah makanan tinggi protein rendah lemak. Sedangkan kuning telur lebih banyak mengandung kolesterol dan vitamin larut lemak. Perbanyak putih telur ya! 

14. Susu skim

Susu skim adalah susu full cream yang mengalami proses penghilangan lemak hingga 0% lemak dan menjadi makanan tinggi protein. Rasanya cenderung manis dan cair, jika kamu lebih suka susu dengan rasa creamy, coba susu low fat 2%.

15. Greek Yogurt 

yogurt

Sama seperti susu skim, green yogurt adalah yogurt yang mengalami proses penyaringan whey sehingga tekstur lebih kental. Penyaringan membuat greek yogurt mengandung 3 kali lebih banyak kandungan protein daripada yogurt biasa dan lebih rendah gula. Pilih greek yogurt yang terbuat dari susu rendah lemak ya sebagai makanan tinggi protein rendah lemak ya!

16. Dada ayam

Terutama tanpa kulit, dada ayam adalah makanan tinggi protein rendah lemak yang paling populer di makan. Cobalah untuk merendam dada ayam di baking soda selama 30 menit untuk mendapatkan tekstur ayam yang lebih juicy dan empuk! 

17. Daging kalkun

Meskipun jarang ada di Indonesia, daging kalkun adalah makanan tinggi protein yang lezat lho! Terutama di area pahanya yang sangat juicy. 

Salah satu makanan tinggi protein rendah lemak lain yang bisa kamu jadikan pilihan sehat untuk nyemil adalah Realfood Flawless Jelly lho. Protein berasal dari sarang burung walet yang kaya akan kolagen. Selain itu setiap bungkusnya hanya mengandung 5kcal dan 1g gula. Sekarang juga sudah tersedia dalam varian Jelly Appletox yang lebih tinggi serat untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu. Yuk, pilih Realfood Jelly untuk bantu diet kamu!

Artikel Terkait Lainnya: