Salah satu hal yang tidak bisa ditahan ketika menonton drama Korea adalah rasa penasaran mencicipi hidangan Korea. Pasalnya, di drama Korea seringkali menampilkan makanan Korea yang menarik perhatian untuk dicoba. Untuk Realfoodfam yang muslim, tentunya harus pintar-pintar memilih makanan Korea halal.

Hal ini karena makanan Korea seringkali menggunakan bahan baku yang tidak boleh dikonsumsi oleh umat muslim. Namun, tidak perlu khawatir ternyata ada beberapa makanan Korea yang aman dikonsumsi oleh umat muslim. Berikut ini adalah rekomendasi 10 makanan Korea halal yang menggugah selera:

1. Kimchi

Makanan Korea halal yang satu ini terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan beraneka bumbu dan memiliki cita rasa pedas dan asam. Ada banyak sayuran yang bisa dijadikan kimchi, seperti sawi putih, mentimun, dan juga lobak. Bumbu yang digunakan untuk membuat kimchi adalah jahe, cabe kering bubuk, bawang bombay, pasta udang, saus ikan, dan bawang putih.

2. Sup Rumput Laut

Sesuai namanya, bahan utama dari hidangan yang satu ini adalah rumput laut. Cara mengolahnya sangat mudah, yaitu rumput laut direndam dalam air kaldu sapi atau ikan dan diberi bumbu bawang putih, garam, minyak wijen, dan kecap asin. Biasanya santapan ini umum disajikan ketika seseorang berulang tahun atau setelah melahirkan.

3. Bibimbap

Hidangan yang satu ini berupa semangkuk nasi putih yang di atasnya terdapat berbagai sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Biasanya bibimbap dihidangkan menggunakan mangkuk batu dan sebelum disantap, sebaiknya semua isiannya diaduk terlebih dahulu agar cita rasanya semakin lezat.

4. Haemultang

Sup makanan laut atau haemultang adalah hidangan Korea halal yang memiliki cara masak yang unik. Untuk memasak haemultang, air, bumbu, dan juga kaldu diletakkan di wadah dan dipanasi hingga mendidih. Kemudian, barulah dimasukkan berbagai makanan laut yang masih dalam keadaan sangat segar, seperti kepiting, cumi-cumi, udang, kerang, hingga gurita.

5. Kimbap

Jika ingin menyantap makanan Korea yang praktis dan juga halal, Realfoodfam bisa mencoba kimbap. Makanan ini mirip sushi, yaitu nasi dengan beraneka ragam sayur, telur, daging, dan digulung dalam rumput laut. Sayur yang biasanya digunakan adalah bayam, timun, wortel, dan lobak.

6. Tteokbokki

Bagi Realfoodfam yang sering menyaksikan drama Korea pasti sudah tidak asing dengan tteokbokki. Makanan Korea yang satu ini terbuat dari tepung beras yang berbentuk silinder dan dimasak dengan bumbu gochujang sehingga menghasilkan rasa pedas manis. Biasanya tteokbokki dijadikan sebagai kudapan.

7. Dakkochi

Jika di Indonesia memiliki menu sate ayam, di Korea dinamakan dakkochi. Proses pembuatan dakkochi yaitu daging ayam dipotong lalu ditusuk menggunakan lidi dan direndam dengan campuran bumbu, yang terdiri dari merica bubuk, jahe, brown sugar, pir, dan bawang bombay. Lakukan marinasi kurang lebih 45 menit lalu dibakar hingga kecoklatan.

8. Yangnyeom Tongdak

Makanan Korea Halal yang satu ini termasuk dalam olahan ayam yang memiliki cita rasa yang manis dan pedas serta di atasnya ditaburi biji wijen. Nama lain dari yangnyeom tongdak adalah ayam crispy berbumbu dan biasanya banyak dijual di restoran fast food khas Korea. Makanan ini begitu populer sehingga Realfoodfam dapat dengan mudah menemukan yangnyeom tongdak di Indonesia.

9. Doenjang Jjigae

Hidangan ini berupa sup yang berbahan dasar pasta kedelai yang sudah difermentasi dan dicampur dengan sayuran segar, seperti bawang bombay, lobak, cabai hijau, zucchini, daun bawang, dan lain-lain. Kemudian, doenjang jjigae juga berisi daging sapi yang sudah dipotong kecil dan tahu putih yang dipotong berbentuk dadu.

10. Meuntang

Bahan baku utama untuk makanan khas Korea ini adalah ikan air laut maupun ikan air tawar. Ikan tersebut direbus bersama gochujang, jamur, selada, zucchini, ssukgat, dan rempah-rempah lainnya. Maeuntang memiliki cita rasa yang pedas dan gurih serta kuahnya berwarna merah.

Kini Realfoodfam sudah tahu, ya, jika ada beberapa makanan Korea halal. Semua makanan tersebut berbahan baku aman untuk dikonsumsi umat muslim. Bahkan, Realfoodfam bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan bakunya mudah ditemukan dan cara memasaknya mudah.

Artikel Terkait Lainnya: