makanan korea

Saat menonton drama Korea, selain jatuh cinta pada para pemainnya, Realfoodfam juga penasaran ingin mencoba makanannya bukan? Pasalnya, dalam drama Korea seringkali menampilkan beragam makanan Korea yang menggiurkan. Bahkan, menurut Journal of The Korean Society of Food Culture, drama Korea mempengaruhi minat pembelian hidangan Korea.

Dengan tren hidangan Korea yang semakin populer, maka tidak heran jika makanan Korea kini lebih mudah didapatkan. Ada banyak sekali kuliner khas Korea yang bisa Realfoodfam cicipi, mulai dari bibimbap, kimbap, japchae, hingga samgyeopsal. Jika Realfoodfam penasaran apa saja hidangan Korea yang wajib disantap, berikut ulasannya:

1. Bibimbap

Sesuai namanya, bibim dalam bahasa Korea artinya adalah campur, sedangkan bap adalah nasi. Dengan begitu, bibimbap adalah nasi campur ala Korea dan biasanya disajikan dalam mangkuk batu panas. Guna dari penyajian menggunakan mangkuk batu panas adalah untuk menciptakan kerak nasi yang bercampur dengan bumbu dan bahan lainnya,

Bibimbap berisi nasi dan beragam sayuran, seperti timun, tauge, jamur, bayam, wortel, dan lain-lain dan ditengahnya terdapat telur mata sapi setengah matang dan juga daging sapi. Bumbu yang digunakan adalah gochujang atau sambal cabai khas Korea. Sebelum dimakan, bibimbap diaduk terlebih dahulu agar semua isiannya tercampur rata dan ditambah sedikit minyak wijen dan taburan biji wijen agar menambah rasa.

2. Jjajangmyeon

Mie dengan saus kedelai hitam ini sangat digemari oleh anak-anak maupun dewasa. Pasalnya, Jjajanmyeon tidak memiliki rasa yang pedas. Biasanya jjajangmyeon disajikan bersama potongan daging dan bawang yang semakin memperkaya rasa. Kemudian, Realfoodfam juga akan menemukan acar lobak kuning khas Korea atau danmuji yang disajikan di atas jjajangmyeon.

3. Japchae

Ini adalah hidangan mie tradisional Korea yang terbuat dari bihun atau soun yang dicampur dengan sayuran yang diiris tipis dan daging sapi. Makanan Korea yang satu ini umumnya disajikan sebagai lauk makan siang maupun makan malam. Tidak hanya itu saja, japchae juga biasanya disajikan pada acara besar. Ternyata, japchae juga memiliki sejarah yang panjang, loh Realfoodfam. Pasalnya, hidangan khas Korea ini sudah ada sejak abad ke-17 saat Dinasti Joseon.

4. Samgyetang

Berbeda dengan makanan Korea sebelumnya, samgyetang adalah sup yang terdiri dari daging ayam utuh, ginseng, dan rempah-rempah lainnya yang membuat rasanya semakin lezat. Ayam yang ada di samgyetang diisi dengan akar ginseng, nasi ketan, bawang putih, dan juga jujube.

Daging ayam tersebut kemudian direbus dalam api yang kecil dalam jangka waktu yang cukup lama bersama kaldu dan bumbu lainnya. Maka tidak heran jika hidangan yang satu ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat tetapi juga menyehatkan. Kebanyakan orang Korea menyantap samgyetang pada musim panas.

5. Bulgogi

Jika di Jepang ada beef teriyaki, di Korea dinamakan bulgogi. Pasalnya, kedua makanan tersebut menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Kemudian, daging sapi tersebut kemudian dipanggang atau ditumis dengan bawang putih dan irisan bawang bombay. Cara makan bulgogi ala orang Korea yaitu membungkusnya dengan selada atau daun perilla dan ditambah dengan ssamjang (pasta pedas merah bertekstur kental).

6. Jjampong

Makanan Korea lainnya yang berbahan utama mie adalah jjampong. Bedanya, jjampong adalah mie kuah yang dipadukan dengan seafood dengan kuah merah serta rasanya pedas dan segar. Ada banyak jenis seafood yang biasanya ada dalam jjampong, seperti udang, kerang, kepiring, cumi-cumi, dan gurita. Bagi pecinta makanan berkuah pedas, jangan lewatkan hidangan Korea yang satu ini, ya!

7. Kimchi Jjigae

Jika Realfoodfam ingin mencoba menu klasik khas Korea, cobalah menyantap kimchi jjigae. Makanan Korea yang satu ini adalah sup yang terbuat dari kimchi, daun bawang, daging atau seafood, tahu, dan sawi putih. Biasanya sup ini dihidangkan beserta lauk pelengkap lainnya atau dinamakan banchan. Jika Realfoodfam menyantap kimchi jjigae di restoran, sup ini akan disajikan dalam ttukbaegi (panci keramik berukuran kecil).

8. Tangsuyuk

Sebenarnya tangsuyuk adalah santapan khas Korea-Cina. Makanan ini berupa potongan daging yang digoreng bersama tepung sehingga menjadi crispy. Kemudian daging tersebut ditumis dengan saus asam manis bersama dengan potongan sayuran, seperti wortel dan bawang. Kebanyakan orang Korea menyantap tangsuyuk dengan jjajangmyeon atau jjampong.

9. Samgyeopsal

Ini adalah makanan Korea yang terbuat dari daging perut babi panggang. Biasanya daging yang digunakan untuk samgyeopsal tidak dibumbui terlebih dahulu, melainkan langsung dipanggang di atas pemanggangan. Setelah matang, daging akan dicelupkan ke dalam saus khas Korea, seperti ssamjang dan gireumjang. Pada umumnya orang Korea akan menyantap samgyeopsal dengan daun selada atau daun perilla, irisan bawang putih mentah, irisan cabai hijau, dan kimchi.

10. Kimbap

Makanan yang satu ini memang sekilas serupa dengan sushi. Namun, kimbap berisi sayuran, acar, nasi, dan tambahan daging yang kemudian digulung dengan rumput laut. Karena isinya lebih banyak, maka diameter kimbap pun biasanya lebih besar daripada sushi. Kimbap banyak diminati karena kepraktisannya, sehingga Realfoodfam bisa membawanya ketika piknik atau aktivitas lain di luar ruangan.

Itulah 10 makanan Korea yang wajib dicoba, mulai yang berbahan utama mie hingga sup pedas yang segar. Beberapa makanan tersebut juga mudah ditemui di Indonesia sehingga bisa mengobati rasa penasaran bagaimana cita rasanya. ]adi, dari 10 hidangan Korea tersebut, Realfoodfam mau menyantap yang mana dulu?

Artikel Terkait Lainnya: