makanan penyebab jerawat

Percaya atau tidak, makanan dapat menjadi penyebab jerawat karena beberapa jenis makanan dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawaat lho! Banyak yang bilang bahwa susu, telur, dan kacang adalah makanan penyebab jerawat, tapi sebenarnya masih banyak lagi lho! Yuk kita cari tahu! 

Jerawat sendiri adalah masalah kulit yang paling banyak dialami oleh manusia. Jerawat sendiri bukan sekedar penyakit kulit, tetapi jerawat memiliki hubungan yang kompleks dengan tubuh manusia dan sistemnya seperti pencernaan sehingga makanan dapat menjadi penyebab jerawat. Biasanya, beberapa makanan penyebab jerawat memiliki risiko mempengaruhi produksi minyak berlebih dan munculnya hormon testosteron yang bisa memicu munculnya jerawat.

Umumnya, makanan penyebab jerawat diakibatkan dari peningkatan minyak di wajah, tetapi banyak riset yang menemukan bahwa makanan tertentu dapat mempengaruhi munculnya jerawat karena makanan berhubungan dengan hormon. Yuk, cek apa aja sih makanan penyebab jerawat itu? 

1. Gula dan permen

Makanan tinggi gula seperti gula-gula dan permen ternyata makanan penyebab jerawat lho! Konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan kemungkinan resistansi inulin sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak hormon testosteron yang menyebabkan jerawat. Sebaiknya ikuti anjuran WHO untuk mengonsumsi maksimal 25 gram gula sehari bagi orang normal dan cek gula darah secara berkala untuk memastikan apakah kemampuan tubuh mengolah gula masih baik atau tidak. 

2. Produk susu dan turunannya

Produk susu makanan penyebab jerawat

Pernah dengar susu dan keju bikin jerawatan? Ternyata memang makanan dan minuman yang terbuat dari susu adalah makanan penyebab jerawat! Hal ini dikarenakan olahan susu dapat memicu peningkatan hormon insulin karena termasuk makanan dengan kadar respons insulin yang tinggi dan IGF-1 sebagai penyebab jerawat. Meskipun olahan susu seperti susu rendah lemak, whey protein, dan yogurt adalah minuman yang menyehatkan, sejatinya bagi mereka yang punya masalah dengan resistansi insulin justru dapat menyebabkan jerawat lho! Ingat bahwa susu mengandung laktosa yang merupakan disakarida dari glukosa dan galaktosa! 

3. Alkohol

alkohol makanan penyebab jerawat

Alkohol sendiri bukanlah makanan penyebab langsung munculnya jerawat. Akan tetapi, konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan kerusakan liver dan kurangnya kualitas tidur sehingga terjadi beragam gangguan tubuh seperti gangguan hormonal. Selain itu, konsumsi alkohol berlebih juga dapat meningkatkan produksi minyak di wajah lho!

4. Fast Food 

fast food makanan penyebab jerawat

Salah satu makanan yang dianggap sebagai penyebab jerawat adalah fast food atau junk food. Memangnya ada hubungannya? Makanan siap saji seperti kentang goreng, nugget, hot dog, pizza, hamburger ini memang mengandung minyak lemak jenuh tinggi yang dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti kardiovaskular. Namun, hingga saat ini para ahli masih mencari bukti antara fast food dan penyebab jerawat. Beberapa mengatakan bahwa fast food tinggi akan gula dan lemak ini dapat meningatkan kadar lemak, kadar insulin, dan juga membuat produksi minyak di kulit lebih banyak lagi. 

5. Coklat

Coklat makanan penyebab jerawat

Makanan manis  yang satu ini memang sempurna untuk dikonsumsi saat sedang penat dan jenuh ya? Coklat yang kaya akan antioksidan dan mampu mengurangi hormon kortisol si penyebab stress. Tapi apakah coklat sendiri adalah makanan penyebab jerawat? Tergantung jenis coklat yang kamu pilih! Coklat susu dan coklat putih biasanya mengandung kantungan cocoa yang rendah atau bahkan tidak ada sama sekali. Coklat susu biasanya mengandung 40-50% cocoa, sisanya adalah lemak coklat dan gula. Sedangkan coklat putih tentu saja terbuat dari lemak coklat, susu, dan gula. Keduanya tinggi akan gula dan kandungan susu yang menyebabkan kenaikan produksi insulin dan IGF-1. Jika kamu ingin sekali makan coklat, masih bisa kok! Pilih saja coklat hitam atau dark chocolate yang tidak mengandung gula atau menggunakan sedikit gula.

6. Roti dan Pastry

roti makanan penyebab jerawat

Roti putih, pasta, pastry, dan sereal mengandung tinggi karbohidrat yang dapat mempengaruhi kadar gula dan insulin, sehingga dapat disebut sebagai makanan penyebab jerawat. Selain tinggi karbohidrat, gluten yang merupakan protein di dalam tepung terigu juga memiliki sifat inflamasi sehingga menyebabkan peradangan di dalam saluran pencernaan. Ada baiknya sih kamu melakukan tes alergi jika kedapatan sering sakit perut atau merasa kembung setelah makan roti agar kamu bisa memecahkan salah satu misteri makanan penyebab jerawat ya!

7. Telur 

telur makanan penyebab jerawat

Sebenarnya menyebut telur sebagai salah satu makanan penyebab jerawat adalah sebuah mitos, Realfoodfam. Makanan yang kaya dengan gizi seperti protein, vitamin D, dan vitamin lainnya. Sayangnya, banyak orang yang alergi terhadap telur sehingga salah satu tanda alerginya adalah dengan jerawatan! Jika kamu berjerawat setelah mengonsumsi telur, ada baiknya sih menghindari telur ya. Tapi jika belum yakin, coba konsultasikan ke dokter untuk melakukan tes alergi melalui darah ya. 

8. Asam Lemak Omega-6 

lemak daging penyebab jerawat

Meskipun kita membutuhkan asam lemak omega-6 setiap harinya, tapi ternyata omega-6 berlebih justru menjadi makanan penyebab jerawat lho! Gaya hidup barat yang kaya akan omega-6 ternyata terbukti dapat meningkatkan munculnya jerawat. Omega-6 sendiri banyak terdapat dari minyak jagung dan minyak kedelai. Konsumsi omega-3 yang kurang dan omega-6 yang berlebihan dapat memberikan efek pro-inflammation sehingga wajah jadi jerawatan! Pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak omega-3 ya!

9. Whey Protein

whey protein makanan penyebab jerawat

Banyak dikonsumsi sebagai suplemen protein, whey protein ternyata kaya akan asam amino leucine dan glutamine yang membuat sel kulit bertumbuh dan membelah diri lebih cepat sehingga dapat memicu munculnya jerawat. Selain itu, kandungan asam amino dari whey protein dapat mestimulasi produksi insulin sehingga kemungkinan menjadi makanan penyebab jerawat lebih besar! 

10. Kacang 

kacang makanan penyebab jerawat

Seperti yang sudah dibahas di atas, kebanyakan kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-6, apa lagi jika mengonsumsi makanan dengan kacang tanah yang digoreng. Jelas bisa jadi makanan penyebab jerawat! Sebaiknya batasi konsumsi kacang dengan kandungan omega-6 tinggi seperti kacang Brazil, kacang pecan, pistachio, pine nuts, walnuts, dan kacang tanah. Pilih kacang yang cenderung tidak menjadi penyebab jerawat seperti macadamia, hazelnut, dan almond. Apa pun penderita jerawat biasanya memiliki kadar antioksidan yang rendah sehingga kacang-kacangan dapat memenuhi kebutuhan mikronutrien kamu.

11. Pisang

pisang makanan penyebab jerawat

Pisang adalah salah satu sumber karbohidrat yang sangat baik tapi ternyata juga memiliki indeks glikemis yang tinggi lho! Ada baiknya menghindari konsumsi pisang berlebih ya agar tidak resistansi insulin, atau buat kamu yang wajib banget minum smoothie di pagi hari--tambahkan lebih banyak sayur aatau plant-based protein supaya kada indeks glikemik tidak terlalu tinggi.

12. Kafein 

kafein makanan penyebab jerawat

Suka minum kopi susu kekinian? Coba deh dicek lagi apa saja sih bahan pembuat kopi susu itu? Kopi, susu, gula aren, dan kadang-kadang ada tambahan krimer atau sirup! Semuanya adalah bahan yang bisa meningkatkan hormon kortisol dan insulin di dalam tubuh sehingga produksi minyak berlebih meningkat dan pastinya muncul jerawat. Kalau kamu harus banget minum kafein supaya tetap melek, coba ganti jadi iced americano atau iced green tea tanpa susu dan gula!

13. Buah Kering, Manisan, dan Jus Buah 

manisan makanan penyebab jerawat

Buah kering pada dasarnya adalah buah yang dikeringkan dengan bantuan matahari atau dehidrator. Sayangnya, hilangnya kadar air justru membuat buah kering ini hanya berisi gula lho. Begitu juga dengan manisan, buah yang diawetkan dengan gula pastinya akan meningkat kadar gula di dalam buah itu sendiri. Jus buah juga sebaiknya dikurangi atau diperbanyakn sayurnya agar tidak terlalu tinggi gula. Pantas dong kalau ketiga makanan dan minuman ini bisa jadi makanan penyebab jerawat?

14. Dessert 

dessert makanan penyebab jerawat

Bukan hanya tinggi kalori dan miskin gizi, dessert biasanya dioleh sedemikian rupa agar terasa enak sehingga ditambahkan lemak dan gula. Oleh karena itu, dessert adalah makanan penyebab jerawat yang kadang suka kita lupakan sanking enaknya! 

15. Vitamin B12 

vitamian b12 makanan penyebab jerawat

Terakhir, jika kamu merasa tidak ada masalah dengan makanan dan minuman di atas, coba deh apakah kamu sedang mengonsumsi vitamin B12 atau cobalamin?  Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak vitamin B12 dapat menyebabkan bakteri yang ada di kulit menyeb abkan iritasi dan jerawat. Sehingga makanan dengan kandungan vitamin B12 tinggi digadang-gadang menjadi makanan penyebab jerawat.

Artikel Terkait Lainnya: