Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi kulit wajah merupakan salah satu tahapan skincare yang belakangan mulai dilakukan oleh para wanita. Eksfoliasi wajah merupakan perawatan kulit yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Lantas, apa saja sih manfaat dari eksfoliasi wajah dan bagaimana melakukan eksfoliasi tanpa menimbulkan efek purging atau iritasi? Berikut adalah manfaat, jenis eksfoliasi yang bisa kamu pilih, hingga step untuk melakukannya: 

Manfaat Melakukan Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

1. Meratakan warna kulit

Penumpukan sel kulit mati pada wajah dapat membuat kulit tampak kusam dan kering. Dengan rutin melakukan  eksfoliasi wajah dapat membantu meratakan hingga mencerahkan warna kulitmu. 

2. Mempercepat regenerasi sel

Dengan membersihkan sel kulit mati yang ada di permukaan wajah dapat membuat proses terjadinya regenerasi kulit menjadi lebih cepat. Hal ini yang membuat wajah tampak awet muda, lebih sehat dan juga glowing. 

3. Mencegah jerawat

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Dengan melakukan eksfoliasi, sel kulit mati penyebab pori tersumbat akan terangkat. Kulit wajah menjadi lebih bersih, dan produksi minyak yang menjadi penyebab munculnya jerawat menjadi berkurang. 

realfood jelly

Selain melakukan eksfoliasi wajah sebagai tahapan skincare mu, kamu juga dapat mengonsumsi Realfood Jelly Pure yang mengandung bird nest, labu kuning, wortel, dan kolagen. Kandungan bird nest dalam Realfood Jelly Pure dapat membantu meredakan jerawat, hingga membuat luka bekas jerawat lebih cepat pudar lho, Realfoodfam. Tak hanya itu, Realfood Jelly Pure juga mengandung antioksidan yang berperan sebagai anti-aging. Segala kebaikan dari bird nest bisa kamu dapatkan dalam 1 sachet Realfood Jelly Pure. Jadi makin penasaran kan untuk coba? 

4. Membantu penyerapan produk skin care berikutnya

Manfaat lainnya dari rutin melakukan eksfoliasi adalah membuat produk skincare menyerap dengan lebih baik. Pasalnya penumpukan sel kulit mati membuat produk skincare mu tidak bekerja secara maksimal.

Jenis Eksfoliasi Wajah

Physical Exfoliation

Physical exfoliation adalah metode eksfoliasi yang dilakukan dengan mengikis kulit mati secara manual atau dengan cara menggosok kulit wajah. Biasanya dilakukan dengan menggunakan scrub wajah. Selain memilih produk physical exfoliation di pasaran, kamu juga dapat menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Misalnya dengan memanfaatkan scrub alami dari garam, gula, atau ampas bubuk kopi. Pastikan produk eksfoliasi wajah sudah sesuai dengan kondisi kulitmu ya, Realfoodfam. 

Chemical Exfoliation

Jenis eksfoliasi kulit lainnya adalah dengan menggunakan active ingredients yang bertujuan untuk mengelupas kulit secara kimia. Bahan aktif yang umum digunakan untuk eksfoliasi wajah adalah asam alfa hidroksi (AHA), asam beta hidroksi (BHA), retinoid, atau retinol. 

Kandungan bahan aktif tersebut dapat membantu melarutkan dan melepas sel-sel mati pada permukaan kulit sehingga lebih mudah terangkat. Umumnya, chemical exfoliator tersedia dalam bentuk toner, serum wajah. 

Cara Eksfoliasi Wajah dengan Benar

1. Kenali tipe kulitmu

Salah satu cara eksfoliasi wajah yang penting dan tidak bisa dilewatkan adalah mengetahui jenis kulit wajah terlebih dahulu. Dengan mengetahui jenis kulit dapat membantu menentukan produk untuk eksfoliasi wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. 

2. Pilih jenis eksfoliasi wajah yang sesuai

Selanjutnya adalah menentukan jenis dan produk untuk eksfoliasi sesuai dengan tipe kulitmu. Jika kamu memiliki kulit normal, kamu bisa memilih physical ataupun chemical exfoliation. Sementara untuk kulit berminyak sebaiknya memilih metode physical exfoliation. Dan untuk sensitif dan kering, eksfoliasi chemical bisa menjadi pilihanmu. Eksfoliasi kulit secara physical tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif dan kering karena bisa membuat kulit semakin kering dan rentan iritasi. Sementara, eksfoliasi untuk kulit berminyak sebaiknya dilakukan secara fisik karena metode penggosokan kulit dapat memberi hasil yang maksimal. Maka dari itu, sangat penting untuk menemukan produk eksfoliasi wajah yang benar-benar cocok sesuai kulit Anda.

4. Oleskan pelembap setelahnya

Eksfoliasi wajah membuat kulit menjadi lebih kering dari biasanya. Untuk menghindari efek negatif atau iritasi pada kulit pasca eksfoliasi, selalu pastikan untuk menggunakan pelembap pada wajah. Kamu bisa mengaplikasikan hydrating toner dan pelembap yang lebih rich saat sesudah melakukan eksfoliasi. 

5. Hindari Melakukan Eksfoliasi Terlalu Sering 

Perlu diketahui bahwa eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Pastikan bahwa kamu paham kondisi dan jenis kulit wajah, untuk dapat menentukan seberapa sering kamu perlu melakukan eksfoliasi. Jika kamu memiliki kulit berminyak, lakukan eksfoliasi maksimal 3x seminggu. Sedangkan pemilik kulit kering dan sensitif dapat melakukan sebanyak 1-2x exfoliation dalam seminggu. Karena, terlalu sering mengeksfoliasi kulit akan membuat efektifitasnya berkurang, bahkan dapat menimbulkan peradangan dan kulit menjadi lebih kering. 
Selain melakukan eksfoliasi secara teratur, jangan lupa untuk mengonsumsi birds nest Realfood Jelly Pure yang dapat membantu meredakan jerawat, dan memiliki manfaat anti aging.

Artikel Terkait Lainnya: