manfaat jeruk nipis untuk diet

Jeruk nipis yang kerap digunakan sebagai campuran minuman atau menghilangkan bau amis pada seafood, ternyata banyak memiliki manfaat lainnya loh. Salah satunya adalah manfaat jeruk nipis untuk diet yang mungkin belum banyak disadari oleh Realfoodfam. Dilansir dari Healthline, jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Tak hanya sampai disitu, rutin mengonsumsi air jeruk nipis untuk diet juga dapat membantu meremajakan kulit dan mencegah munculnya jerawat. 

Beberapa kandungan penting yang ada dalam jeruk nipis adalah vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan kalium. Tak heran jeruk nipis dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan flu, serta mempercepat pemulihan luka dengan mengurangi peradangan pada tubuh karena memiliki antioksidan yang berasal dari senyawa flavonoid didalamnya. Lantas bagaimana sih cara minum jeruk nipis untuk diet agar hasilnya maksimal dan lebih terasa? Yuk simak bahasan 7 manfaat jeruk nipis untuk program dietmu dibawah ini: 

1. Menurunkan berat badan 

Salah satu manfaat jeruk nipis untuk diet adalah mampu menurunkan berat badan. Caranya kamu dapat mengonsumsi perasan air jeruk nipis yang dicampur segelas air hangat di pagi hari sebelum makan. Fungsi air perasan jeruk nipis ini adalah untuk membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak di dalam tubuh. Dilansir dari MedicalNewsToday, asam sitrat pada perasan jeruk nipis dapat membantu meningkatkan metabolisme.

2. Membantu Kesehatan Pencernaan

Jeruk nipis juga dapat menjaga kesehatan pencernaan kamu lho, Realfoodfam. Karena didalam jeruk nipis terkandung senyawa yang dapat membantu proses sekresi pencernaan. Cara minum jeruk nipis untuk diet dan melancarkan pencernaan adalah dengan mengolahnya menjadi acar dan mencampur pada makanan yang kamu konsumsi, atau menjadikannya minuman. Kamu cukup mencampur dengan air dan sedikit madu untuk memberikan rasa manis. 

Kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Cleanse Appletox untuk menutrisi pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Hadir dalam bentuk jelly, Realfood Cleanse Appletox bisa kamu konsumsi sesudah makan setiap harinya untuk membantu mempercepat program dietmu. 

3. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Jeruk nipis juga bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Bekerja dengan cara menyerap gula ke dalam aliran darah, jeruk nipis memiliki indeks glikemik yang sangat rendah dan dapat menurunkan gula darah. Hal ini dikarenakan didalam jeruk nipis terdapat senyawa pektin yang dapat memperlambat proses pencernaan dan menyerap gula darah dengan lebih lambat dan stabil.

4. Menecgah Influenza 

Selain manfaat air jeruk nipis untuk diet juga bisa kamu manfatakan untuk mencegah flu selama musim penghujan dan dimasa pandemi ini. Cukup minum infused water dengan campuran air jeruk nipis dan bisa juga dikombinasikan dengan sedikit daun minta untuk menambah rasa segar. Kandungan antioksidan dan vitamin C nya meningkatkan kekebalan dan melawan virus influenza

5. Mengoptimalkan Penyerapan Zat Besi 

Salah satu kandungan pada jeruk nipis yaitu vitamin C memiliki peranan penting dalam proses penyerapan zat besi dan juga membantu produksi darah dalam tubuh. Pasalnya dengan kadar zat besi yang rendah dapat menimbulkan penyakit seperti anemia. 

6. Menunda Rasa Lapar

Cara minum jeruk nipis untuk diet lainnya adalah dengan mencampurnya dengan beberapa buah atau sayuran dan menjadikannya jus. Jeruk nipis memiliki kandungan  serat larut air dan serat tak larut. Kedua serat tersebut dapat membantu Realfoodfam merasa kenyang tanpa kalori yang berlebihan. Terlebih jika kamu menjadikannya jus, maka kamu akan merasa kenyang lebih lama dan tetap berenergi 

7. Menurunkan Resiko Kanker

Dalam beberapa penelitian ditemukan hubungan antara buah jeruk dengan penurunan resiko penyakit seperti kanker. Studi di tahun 2015 yang dilakukan oleh Medicine (Baltimore) menyebutkan bahwa kemungkinan adanya hubungan peningkatan konsumsi buah jeruk dengan penurunan resiko kanker esofagus. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi air perasan jeruk nipis yang banyak memiliki kebaikan untuk tubuhmu kan, Realfoodfam!

Artikel Terkait Lainnya: