manfaat moisturizer

Ditengah produk skincare yang semakin menjamur baik dari lokal maupun mancanegara, tentunya membuat kita sebagai konsumen harus lebih pintar dalam memilih kandungan dan produk yang akan digunakan. Mulai dari facial wash, toner, serum, hingga moisturizer. Semuanya tentu memiliki banyak manfaat dan fungsinya masing-masing. Misalnya manfaat moisturizer yang mungkin dulu hanya digunakan sebagai pelembap, namun sekarang fungsinya semakin banyak seperti untuk mencerahkan, menjaga kulit tetap halus. Hal ini disebabkan karena bahan atau kandungan yang dipakai didalamnya semakin beragam dan modern. 

Baca Juga: 8 Manfaat Facial Wajah untuk Kulit & Kesehatanmu

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa manfaat moisturizer hanya bisa dirasakan oleh orang dengan kulit kering, namun sebenarnya pemilik kulit sensitif dan berminyak tetap membutuhkan moisturizer lho. Moisturizer bekerja dengan cara menghidrasi kulit, sehingga kulit tetap lembap. Lantas sebenarnya apa saja khasiat moisturizer untuk kulit wajah? Berikut 6 manfaat dan tips memilih moisturizer yang sesuai dengan kulitmu.

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat moisturizer yang paling banyak diketahui orang tentunya adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Moisturizer biasanya digunakan pada tahapan terakhir dalam perawatan skincare karena tekstur dan konsistensinya yang lebih berat dari rangkaian produk lain. Disini ia berperan untuk mengunci dan menjaga kelembapan mulai dari kulit lapisan terluar hingga lapisan dalam. 

Selain menggunakan produk moisturizer untuk melembapkan kulit, kamu juga bisa lho mengonsumsi Realfood New Forever Young dengan formulasi baru yang mengandung triple action kolagen yang mampu menjaga elastisitas kulit. Dilengkapi dengan sarang burung walet dan juga Epidermal Growth Factor (EGF) yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dari dalam. Sehingga kulit tetap lembap dan awet muda. 

2. Mencegah Munculnya berbagai Masalah Kulit

Rutin mengaplikasikan moisturizer dalam rangkaian skincare dapat menjaga pH kulit seimbang dan menjauhkan wajah dari masalah kulit kering dan dehidrasi. Namun jika kamu memiliki kulit berminyak, masalah jerawat pun akan mudah muncul. Dengan menggunakan moisturizer dengan kandungan yang tepat dapat meminimalisir permasalahan kulit. 

Baca Juga: 8 Cara Memutihkan Kulit Tangan dengan Alami dan Cepat, Bebas Belang!

3. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Manfaat moisturizer dengan rutin juga dapat membuat wajahmu tampak awet muda, jauh dari tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus lho, Realfoodfam! Kulti kering dan dehidrasi menandakan kurangnya nutrisi dalam kulit, tak heran tanda penuaan akan muncul lebih awal. Kamu bisa menggunakan moisturizer dengan kandungan hyaluronic acid untuk menambah kelembapan dan membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga wajah nampak awet muda. 

4. Membuat Kulit Tampak Glowing

Tahukah kamu bahwa menggunakan moisturizer sebagai langkah akhir dari skincare routine mu dapat membuat kulit tampak glowing dan bercahaya? Fungsi melembapkan dari moisturizer juga akan membuat kulit nampak glowing dan sehat dengan pemakaian rutin dan tepat. 

5. Membantu Menyamarkan Noda Bekas Luka

Noda bekas luka atau jerawat yang tak kunjung hilang terkadang membuat rasa percaya diri berkurang. Tak perlu khawatir karena dengan pemakaian moisturizer dengan rutin akan membantu menyamarkan noda bekas luka. Sebab manfaat moisturizer lainnya adalah membantu regenerasi sel kulit, sehingga noda bekas luka akan tergantikan dengan lapisan kulit baru. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen jika akan beraktivitas di luar pada pagi hingga siang hari. 

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung Ini Bisa Kamu Lakukan Sendiri

6. Mengontrol Minyak di Wajah

Meskipun moisturizer atau pelembap identik untuk pemilik kulit kering, namun salah satu fungsinya juga untuk mengontrol minyak berlebih. Caranya dengan mengeluarkan minyak berlebih dan menjaga kelembapan kulit sesuai dengan pH nya. Karena minyak berlebih dapat menimbulkan jerawat.

Tips dalam Memilih Moisturizer yang Sesuai

Setelah mengetahui berbagai manfaat moisturizer untuk kulit wajah, kamu juga perlu memerhatikan tips memilih produk pelembap yang tepat dan sesuai kondisi kulit. Pasalnya salah memilih produk dan kandungan akan membuat kondisi kulit semakin prah dan menimbulkan masalah kulit baru. Berikut beberapa tips memilih moisturizer untuk kamu lakukan, Realfoodfam!

  1. Pilih moisturizer yang memiliki kandungan antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit. Kamu juga bisa memilih produk yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang membuat kulit kusam, dan mempercepat penuaan.
  2. Hindari memilih produk moisturizer yang mengandung pewangi karena dapat menimbulkan  iritasi pada kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. 
  3. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, ada baiknya memilih moisturizer yang mengandung bahan dasar yang ringan. Sedangkan untuk pemilik kulit kering, kamu bisa memilih moisturizer dengan kandungan ceramide untuk menambah kelembapan wajah. 

Baca Juga: Trend dari Korea, Ini Dia 5 Manfaat Masker Mugwort untuk Wajah

Itulah 6 manfaat moisturizer untuk wajah dan bagaimana tips memilih produk moisturizer yang tepat dan sesuai dengan permasalahan kulit. Jangan lupa untuk mengonsumsi Realfood New Forever Young dengan kandungan sarang burung walet dan triple action collagen untuk menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan awet muda dari dalam.