manfaat salicylic acid

Memiliki kulit wajah yang rentan jerawat memang menjadi tantangan sendiri. Pasalnya kamu tidak bisa sembarangan menggunakan produk skincare tertentu agar tidak membuat kondisi wajah tambah parah. Salah satunya kamu bisa merasakan manfaat salicylic acid yang biasa ada di dalam obat jerawat sebagai salah satu solusi. Salicylic acid merupakan salah satu active ingredients yang belakangan banyak ditemukan di produk skincare seperti exfoliating toner, serum, atau bahkan pembersih wajah. 

Kandungan pada salicylic acid atau yang biasa disebut juga dengan asam asalisilat diantaranya adalah dipercaya bisa merawat kulit dan mengobati jerawat, serta komedo yang kerap muncul di kulit wajah. Terutama bagi yang memiliki kondisi kulit acne prone dan berminyak. 

Baca Juga: Bikin Cerah dan Glowing, Ini 7 Manfaat Essence untuk Kulit Wajah

Manfaat salicylic acid bagi wajah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kandungan bahan yang satu ini juga dipercaya mampu untuk merawat kulit wajah dan sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis jerawat dan komedo yang muncul. Tergolong kedalam keluarga Beta Hydroxy Acid (BHA), biasanya saliciylic acid yang kita jumpai dalam produk skincare di pasaran terdiri atas 0,5% sampai 2%. 

Berikut adalah 5 manfaat salicylic acid untuk wajah yang perlu Realfoodfam ketahui. 

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Salah satu fungsi salicylic acid untuk wajah adalah kamu bisa memanfaatkannya sebagai exfoliator. Gunakan produk yang mengandung salicylic acid 2 kali seminggu untuk membuat mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit wajah lebih halus dan cerah. Selain itu, produk dengan asam salisilat juga bisa membantu menyamarkan garis halus atau kerutan tanda penuaan dini lho. 

Baca Juga: 6 Manfaat Serum Wajah yang Perlu Kamu Tahu! Yuk Mulai Pakai dari Sekarang

Selain menggunakan skincare dengan kandungan asam salisilat, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Forever Bright untuk membantu mencerahkan wajah dari dalam. Kandungan sarang burung walet, niacinamide, dan kolagen ikan didalamnya bantu menjaga dan melindungi kulitmu dari dalam. Kamu bisa mengonsumsi Realfood Forever Bright di pagi atau malam hari saat perut kosong agar penyerapannya lebih maksimal. 

2. Mengurangi Kadar Minyak yang Berlebih

Manfaat salicylic acid lainnya adalah bahan aktif ini punya kemampuan untuk memecah ikatan sebum. Sehingga kadar minyak di wajah akan berkurang dan akan membantu mengurangi risiko munculnya berbagai permasalahan pada kulit yang disebabkan oleh sebum. Diantaranya adalah jerawat. 

3. Menyembuhkan Jerawat

Jerawat umumnya muncul karena beberapa faktor, diantaranya adalah penyumbatan pori-pori, produksi minyak berlebih, dan juga adanya bakteri penyebab jerawat. Peran salicylic acid untuk jerawat adalah dapat membantu menyembuhkan peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat. 

Baca Juga: 10 Cara menghilangkan Belang di Wajah Akibat Sering Terpapar Matahari

4. Mencegah Munculnya Komedo

Fungsi salicylic acid adalah untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo. Kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung BHA sebagai produk eksfoliasi untuk mengangkat kotoran dan mencegah munculnya komedo. 

5. Mengurangi Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari membuat kulit rentan terhadap berbagai masalah kulit. Selain mengangkat sel kulit mati, manfaat salicylic acid juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Misalnya kulit kusam, flek hitam, dan warna kulit yang tidak merata. 

Baca Juga: 8 Manfaat Facial Wajah untuk Kulit & Kesehatanmu

Panduan Menggunakan Salicylic Acid

Salicylic acid memiliki kandungan anti-inflamasi yang bersifat antibakteri dan dapat membantu mengatasi jerawat. Bahan yang satu ini memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam pori wajah dan memecah kumpulan minyak dan sel kulit mati. Tak heran, banyak produk yang ikut memasukkan salicylic acid untuk jerawat. Namun karena tergolong dalam actives ingredients, tentunya kamu perlu memperhatikan cara penggunaannya agar tidak menimbulkan iritasi dan efek samping. Sebelum menggunakan produk berbahan dasar salicylic acid, pastikan untuk mencuci tangan dengan bersih. Kemudian diawal pemakaian, usahakan untuk memulainya dengan konsentrasi paling rendah seperti 0,5%. Lakukan seminggu sekali selama 3-4 minggu dan lihat hasilnya. Jika kulitmu bisa mentoleransi konsentrasi asam salisilat tersebut dan tidak ada efek samping, kamu boleh menaikkan konsentrasinya menjadi 1-2% atau frekuensi penggunaan menjadi 2-3 kali seminggu. Karena sifatnya yang bekerja sebagai exfoliator, ada baiknya tidak terlalu sering menggunakan produk berbahan salicylic acid. Dan pastikan untuk menggunakan pelembap sesudahnya agar kelembapan kulit terjaga dan manfaat salicylic acid dapat terasa semakin efektif pada kulit. Namun jika muncul efek samping atau iritasi, ada baiknya kamu segera konsultasi dengan dokter.