manfaat sarapan pagi

Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan sangat banyak, mulai dari sebagai sumber energi, memenuhi kebutuhan nutrisi, hingga meningkatkan metabolisme. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan sarapan pagi, apalagi bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan.

Padahal, melewatkan sarapan pagi justru meningkatkan risiko naiknya berat badan. Oleh karena itu, sebaiknya mulai kenali manfaat sarapan untuk kesehatan tubuh maupun bagi Realfoodfam yang tengah menjalani program diet, berikut ini:

1. Sumber Energi untuk Menjalani Aktivitas Harian

Karbohidrat yang Realfoodfam konsumsi saat sarapan akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Hal ini karena saat tidur, kadar glukosa dapat turun. Dengan mengkonsumsi sarapan sehat, tubuh akan mendapatkan asupan glukosa sehingga tubuh lebih berenergi dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Sarapan dapat membantu tubuh mendapatkan nutrisi harian, seperti vitamin B, folat, kalsium, zat besi, hingga serat. Untuk memperoleh manfaat sarapan pagi, sebaiknya Realfoodfam mengkonsumsi menu sarapan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan sedikit lemak agar kenyang lebih lama.

3. Menjaga Pola Makan agar Tetap Sehat

Realfoodfam sebaiknya mulai membiasakan diri untuk rutin sarapan karena pola makan akan lebih sehat daripada orang-orang yang jarang sarapan pagi. Pasalnya, jika Realfoodfam sarapan, akan terhindar dari kebiasaan ngemil yang tidak sehat. Hal ini juga berguna bagi Realfoodfam yang tengah menjalani program diet.

4. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Manfaat sarapan pagi yang akan terasa khususnya bagi Realfoodfam yang sedang diet adalah dapat mengendalikan berat badan. Sarapan pagi mampu menghindari Realfoodfam dari obesitas karena dapat mencegah fluktuasi kadar gula darah besar-besaran dan menghindari rasa lapar yang berlebihan. Selain itu, sarapan pagi dapat membantu Realfoodfam untuk menghindari keinginan ngemil berlebih.

5. Mengontrol Gula Darah agar Tetap Stabil

Melewatkan sarapan dapat mengakibatkan gula darah menurun. Jika tidak ditangani, Realfoodfam bisa lemas, berkeringat dingin, dan merasa sangat lapar. Untuk mencegah penurunan kadar gula darah, Realfoodfam disarankan rutin sarapan pagi agar gula darah tetap normal.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin sarapan pagi ternyata dapat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Namun, manfaat sarapan tersebut hanya bisa didapat jika Realfoodfam mengkonsumsi menu sarapan yang sehat dan bergizi sehingga kadar kolesterol LDL menurun.  Kemudian, sarapan sehat juga dapat meningkatkan sel-sel otot jantung sehingga terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung.

7. Meningkatkan Metabolisme

Saat tidur, tubuh tidak memperoleh asupan sama sekali sehingga kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi saat sarapan dapat menjadi sumber energi untuk beraktivitas.

Namun, jika melewatkan sarapan, maka tubuh akan mengambil cadangan gula dari lapisan liver dan otot, yang disebut dengan glycogen. Padahal, kekurangan glycogen dapat menyebabkan metabolisme tidak seimbang, seperti diabetes maupun obesitas.

Itulah beragam manfaat sarapan pagi untuk kesehatan tubuh dan juga untuk menyukseskan program diet. Setelah sarapan pagi dan disela-sela menunggu makan siang, Realfoodfam disarankan untuk mengkonsumsi cemilan yang menyehatkan. Salah satu cemilan praktis dan menyehatkan adalah Realfood Jelly Pure.


Cemilan berupa beauty jelly ini mengandung sarang burung walet, labu kuning, wortel, zinc, dan madu hutan yang mampu mendetoks kulit wajah sehingga kulit tampak lebih bersih dan awet muda. Realfood Jelly Pure juga rendah kalori serta tanpa gula tambahan, sehingga cocok sebagai cemilan sehat bagi Realfoodfam yang tengah menjalani program diet. Tertarik mencobanya?

Artikel Terkait Lainnya: