makanan penyebab asam lambung

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit pencernaan yang memiliki ciri khas munculnya rasa terbakar di dada hingga kerongkongan akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Bisa terjadi setiap hari maupun beberapa kali dalam seminggu. Penyakit ini bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak lho, apalagi penyakit ini mudah diinduksi oleh stress dan makanan penyebab asam lambung. Yuk, kita cari tahu makanan penyebab asam lambung yang sebaiknya kamu hindari!

1. Roti 

Roti merupakan makanan penyebab asam lambung yang paling sering dijumpai karena kandungan ragi dalam roti dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Begitu juga dengan penggunaan tepung terigu putih yang mungkin sensitif di pencernaan bagi sebagian banyak orang karena kandungan gluten, sehingga menyebabkan asam lambung naik. Hindari ya, sarapan dengan menggunakan roti terutama roti putih! 

2. Daun Mint 

Bagi sebagian orang, daun mint yang diseduh mungkin dapat meringankan masalah pencernaan, tetapi bagi penderita asam lambung sebaliknya. Daun mint adalah makanan penyebab asam lambung karena mampu merelaksasi lower esophageal sphincter (LES) sehingga mempermudah asam lambung naik ke esofagus. 

3. Bawang-bawangan

Makanan penyebab asam lambung selanjutnya adalah bawang-bawangan yang sering digunakan dalam berbagai masakan untuk meningkatkan rasa. Bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay dapat memicu pengingkatan produksi asam lambung serta memberikan sensasi panas di pencernaan. Gunakan sedikit saja dan batasi konsumsi bawang-bawangan ya!

4. Makanan Pedas

Bukan rahasia lagi kalau makanan pedas adalah makanan penyebab asam lambung. Cabai dan lada dapat memicu iritasi pada dinding lambung dan menyebabkan sensasi perih panas di lambung. Konsumsi makanan pedas berlebihan dapat memperlambat laju pencernaan dalam tubuh dan muncul reaksi asam lambung naik. 

5. Cokelat

Manis dan nikmat, siapa sangka kalau cokelat adalah makanan penyebab asam lambung? Cokelat mengandung methylxanthine yang dapat melemahkan otot pengendali esofagus sehingga muncul refluks dan berakhir dengan heartburn. Boleh saja kok mengonsumsi coklat, tapi batasi ya! Dan tentunya hindari roti cokelat! 

6. Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk bali, dan lemon, serta buah dengan kandungan asam tinggi seperti nanas dan tomat juga adalah makanan penyebab asam lambung. Bayangkan makanan yang asam ini masuk secara berlebihan ke lambung sehingga asam lambung akan meningkat. Boleh dikonsumsi asal pastikan konsumsi setelah makan berat dan dalam jumlah yang terbatas. 

7. Gorengan 

Makanan tinggi lemak juga merupakan makanan penyebab asam lambung. Sebaiknya hindari gorengan, jeroan, keripik, kerupuk, santan, daging olahan, dan makanan tinggi lemak lainnya. Makanan tinggi lemak dapat menyebabkan malfungsi lower esophageal sphincter (LES) dan menyebabkan heartburn. Pastinya kamu gak bisa nih diet keto! 

8. Alkohol

Bahan yang satu ini jelas adalah makanan penyebab asam lambung. Selain tinggi kalori, alkohol juga memiliki sifat relaksan bagi LES sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan. Minuman keras yang tinggi kadar alkoholnya juga dapat menyebabkan rasa hangat dan perih pada lambung.  

Lalu, konsumsi makanan apa ya yang tidak menyebabkan asam lambung? Sebenarnya bahan di atas bisa saja dikonsumsi dalam batas yang wajar dan tentunya mengetahui batas kemampuan kamu. Namun, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang mampu menjaga kesehatan tubuh terutama lambung seperti Program Realfood 12 Hari Ever Glow dan Ever Glow+. 

Ever Glow dan Ever Glow+ mengandung kurma sebagai pemanis alami dan juga menambah energi. Selain itu, kurma juga sangat bagus lho untuk menjaga kesehatan mukosa lambung. Konsumsi Ever Glow dan Ever Glow+ akan membantu mengurangi rasa perih di lambung meskipun sehabis konsumsi makanan penyebab asam lambung. Yuk, coba rutin konsumsi Ever Glow dan Ever Glow+ selama 12 hari dan rasakan bedanya! 

Artikel Terkait Lainnya: