cemilan untuk penderita asam lambung

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit pencernaan yang ditandai dengan munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu asam lambung juga bisa disertai dengan sendawa berlebihan, mual, muntah, hingga sesak napas. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengatasi kenaikan asam lambung dan menetralkannya. 

Bagi penderita asam lambung, makan adalah sebuah kewajiban termasuk mengonsumsi cemilan untuk penderita asam lambung agar lambung selalu terisi dan tidak terlalu asam. Namun, terus-menerus mengonsumsi makanan tentunya akan memberikan kerugian untuk tubuh karena kadar gula darah yang tinggi. Oleh karena itu, Realfoodfam harus lebih cermat dalam memilih cemilan untuk penderita asam lambung agar perut gak terasa perih tapi juga menjaga gula darah. Ini dia 8 cemilan yang bisa kamu rutin konsumsi!

1. Buah-buahan

Buah buahan

Banyak sekali pilihan buah yang dapat menjadi cemilan untuk penderita asam lambung seperti apel, alpukat, pir, pepaya, strawberry, dan bengkuang. Konsumsi dalam jumlah yang wajar seperti 100 gram perkali makan dan hindari penggunaan garam buah yang pedas. Khusus untuk buah dengan gula tinggi seperti pisang, semangka, dan cherry, sebaiknya konsumsi tidak lebih dari 100 gram ya. Buah sendiri kaya akan serat dan zat gizi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan serta mengurangi kemungkinan kambuhnya asam lambung. Cocok banget sih sebagai cemilan untuk penderita asam lambung!

2. Makanan dan Minuman Fermentasi 

Makanan dan Minuman Fermentasi

Salah satu cemilan untuk penderita asam lambung yang sangat bermanfaat adalah makanan dan minuman yang mengandung probiotik alias fermented food. Cemilan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kefir, natto, kimchi, dan kombucha terdapat bateri baik yang menguntungkan seperti Lactobacillus bulgaricus dan Lactobacillus acidophilus yang mampu mengontrol asam lambung sekaligus meyeimbangkan mikroflora alami dalam sistem pencernaan. Cemilan yang satu ini cenderung asam ya, pastikan kamu mengonsumsi produk yang tidak terlalu asam dan konsumsi di antara jam makan. 

3. Salad

Salad

Sayuran ringan seperti wortel, selada, kentang rebus, buncis, mentimun, dan jagung manis bisa menjadi cemilan untuk penderita asam lambung yang sehat tanpa membuat asam lambung kambuh. Hindari sayuran tinggi gas seperti kubis, kembang kol, dan brokoli yang dapat menyebabkan perut kembung dan memperparah asam lambung di perut. Kamu juga bisa lho menggunakan saus seperti mayonaise, hummus, dan cottage cheese.

4. Oatmeal 

oatmeal background

Cemilan untuk penderita asam lambung yang juga mengenyangkan adalah oatmeal. Oatmeal kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa membuat overnight oatmeal, oatmeal cookies, oatmeal mug cake, atau oatmeal pancake sebagai cemilan yang ramah di perutmu lho. 

5. Kacang-kacangan

kacang kacangan

Buat kamu yang nyari cemilan untuk penderita asam lambung tapi suka yang renyah dan garing. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, pistachio, macadamia, dan mede bisa banget jadi camilan yang tinggi serat. Selain itu, biji-bijian seperti chia seed dan flaxseed juga bisa kamu konsumsi sebagai cemilan untuk penderita asam lambung karena makanan ini mampu memberikan rasa kenyang tanpa menyebabkan lonjakan gula darah. Cocok banget nih buat kamu yang harus isi perut terus! 

6. Susu Rendah Lemak atau Susu Nabati 

susu hewani

Jika kamu gak terlalu suka yogurt, coba deh beralih ke susu rendah lemak atau susu nabati seperti susu almond atau susu oat. Susu yang tinggi lemak dapat melemahkan otot esofagus yang membuat asam lambung terasa hingga ke mulut. Konsumsi susu secara rutin dan bertahap akan membantu menetralisir asam lambung juga lho. Yuk, coba konsumsi susu sebagai cemilan untuk penderita asam lambung terutama buat kamu yang malas mengunyah. 

7. Snack Hewani 

snack hewani

Kamu juga bisa lho konsumsi protein hewani sebagai cemilan untuk penderita asam lambung. Misalnya seperti ayam, telur, ikan, atau kalkun. Protein hewani dengan rendah lemak akan jauh lebih baik daripada sapi atau babi. Selain itu proses masak yang sehat seperti tumis, rebus, kukus, pengasapan, atau pengeringan juga lebih baik lho daripada digoreng. Cemilan untuk penderita asam lambung juga bisa kok tinggi protein! 

8. Jelly

songkang realfood jelly

Yes! Cemilan untuk penderita asam lambung yang satu ini terbilang sederhana tapi kaya manfaat. Jelly terbuat dari rumput laut atau gelatin ini kaya akan serat dan kandungan air, jika tidak ditambahkan gula sebagai pemanis. Namun, ada lho jelly yang rendah kandungan gula, kaya gizi, rendah kalori, dan bisa dikonsumsi sebagai cemilan untuk penderita asam lambung. Yuk, kenalan sama Realfood Flawless Jelly! Jelly yang satu ini cuma mengandung 5kcal dan 1 gr gula lho, jadi bisa banget jadi cemilan untuk penderita asam lambung di mana pun dan kapan pun. Gak cuma jelly biasa, Realfood Flawless Jelly mengandung sarang burung walet yang kaya EGF dan asam sialat, kolagen, elderberry untuk daya tahan tubuh, pomegranate sebagai antioksidan alami, dan retinol untuk regenerasi kulit. Gak cuma aman di perut, tapi juga bermanfaat buat kulit. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, kenapa tidak? Yuk, konsumsi Realfood Flawless Jelly sebagai cemilan anti GERD sekarang!

Artikel Terkait Lainnya: