manfaat sari kurma

Dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kurma seringkali dijadikan buah yang selalu hadir saat bulan Ramadan. Tak hanya dikonsumsi dalam bentuk buah, kurma juga banyak diolah menjadi sari kurma. Dibuat dengan cara menghaluskan buah kurma kemudian diambil sarinya, manfaat sari kurma juga sangat banyak untuk kesehatan dan juga sumber serat yang baik. Tak heran sari kurma seringkali dijadikan alternatif gula yang lebih aman. 

Menurut US Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram sari kurma mengandung setidaknya 310 kkal energi, protein 5g, serat total 10 g, gula total 65 g. Manfaat sari kurma hampir sama dengan kurma utuh karena terbuat dari olahan kurma, untuk itu khasiatnya pun sama dengan kurma utuh. Berikut beberapa manfaat sari kurma untuk tubuh, yaitu: 

1. Mengandung Antioksidan

Sari kurma memiliki manfaat lainnya sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas dan mengurangi kerusakan akibat inflamasi. Kandungan polifenol yang tinggi membuat sari kurma bekerja dengan baik sebagai anti inflamasi. Antioksidan dapat membantu menghindarkan sel dari kerusakan akibat penuaan. Selain itu, sari kurma juga bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi sari kurma secara rutin dapat meminimalisir terkena gangguan pernapasan, penyakit jantung, dan kerusakan otak akibat penuaan. 

2. Kaya Akan Serat

Sama seperti kurma, manfaat sari kurma dapat membantu sistem pencernaan karena kaya akan serat makanan. Selain mudah dicerna, sari kurma juga dapat membantu mempercepat penyerapan makanan lain. Menurut penelitian dari The British Journal of Nutrition, dari 21 orang yang mengonsumsi 7 kurma selama 21 hari mengalami peningkatan peningkatan buang air besar yang signifikan. Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit. Selain itu, serat dalam sari kurma juga dinilai bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

3. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Memiliki kandungan selenium, mangan, tembaga dan juga magnesium, manfaat sari kurma juga untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis. Untuk itu sari kurma sangat baik untuk dinikmati secara rutin oleh semua usia, baik anak-anak hingga orang tua. 

4. Memiliki Khasiat Antibakteri

Menurut sebuah studi dari Society for General Microbiology yang dilakukan peneliti dari Cardiff Metropolitan University di Inggris menemukan bahwa zat dalam sari kurma dapat membantu melawan infeksi beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Senyawa fenolik dalam sirup kurma memperlihatkan hasil efektif untuk mengurangi penyebaran dan pertumbuhan beberapa bakteri dibandingkan madu manuka yang juga memiliki kemampuan penyembuhan luka dan antibakteri. 

5. Menurunkan Kolesterol Jahat

Sari kurma memiliki kandungan serat yang tinggi dan dipercaya bisa untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu kandungan serat pada kurma juga dapat mengikat zat kimia penyebab gejala kanker usus besar. 

6. Membantu Mengatasi Anemia

Mineral tinggi dalam sari kurma dapat berfungsi sebagai suplemen makanan tambahan bagi Realfoodfam yang menderita anemia. Mengonsumsi sari kurma setiap hari dapat menjadi pengobatan alami pada penderita anemia. Pasalnya kekurangan sel darah merah atau anemia membuat tubuh lemas dan lesu. 

7. Mencegah Sakit Jantung, Stroke, dan Kanker

Manfaat sari kurma bagi kesehatan juga untuk mencegah munculnya penyakit berisiko seperti jantung, stroke, dan kanker. Kandungan kalium yang tinggi dan vitamin A pada sari kurma berkontribusi mengurangi potensi munculnya penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Kamu bisa mengonsumsi sari kurma sebanyak dua sendok makan setiap harinya. 

8. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Sari kurma mengandung potassium atau zat utama untuk memperkuat daya ingat dan saraf pada otak manusia, Selain itu, sari kurma juga mengandung beragam vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Tak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, manfaat sari kurma juga bisa dirasakan bayi agar perkembangan otak tidak terlambat dan bisa berkembang sesuai dengan usianya.

9. Melancarkan Proses Persalinan

Kurma sudah cukup dikenal manfaatnya dalam mempermudah proses persalinan pada ibu hamil. Dengan mengonsumsi kurma di trimester akhir kehamilan dapat membantu meningkatkan pelebaran serviks dan mengurangi kebutuhan persalinan dengan induksi. Manfaat sari kurma dapat menjadi pilihan terapi non-farmakologis untuk memicu kinerja hormon oksitosin sehingga dapat mempercepat persalinan yang dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

10. Membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

Dikutip dari Neural Regeneration Research menunjukkan bahwa kurma dapat meningkatkan fungsi otak termasuk membantu menurunkan jumlah hormon penyebab stres (hormon kortisol). Kurma dapat membantu menurunkan penanda inflamasi seperti interleukin yang dikaitkan dengan resiko penyakit otak salah satunya Alzheimer.

11. Meningkatkan trombosit dan hemoglobin

Sari kurma memiliki banyak kandungan glukosa, vitamin C, dan antioksidan yang diyakini bisa menaikkan kadar trombosit, terutama bagi pasien DBD. Sari kurma juga sering dimanfaatkan untuk anemia dan defisiensi zat besi pada anak-anak. Pasalnya dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa kandungan mineral dalam sari kurma berperan penting untuk pembentukan hemoglobin dan produksi sel darah merah

Sudah tahu kan berbagai manfaat sari kurma untuk kesehatan? Realfoodfam juga bisa menikmati olahan kurma dalam bentuk lain dengan mengonsumsi Program 12 Hari Realfood Ever Glow dan Ever Glow+. Dengan kandungan utama sarang burung walet dan kurma, Realfood Ever Glow dan Ever Glow+ memiliki manfaat untuk menjaga imun tubuh dan metabolisme tubuh. Kandungan asam amino esensial, asam sialat dari sarang burung walet dan fruktosa, sukrosa, dan glukosa dari kurma dapat melindungi lambung dari asam lambung sehingga tetap aman dikonsumsi dikala perut kosong.

Artikel Terkait Lainnya: