manfaat kurma untuk ibu hamil

Kurma merupakan buah dengan rasa manis yang banyak dikonsumsi ketika bulan puasa. Dikenal sebagai Buah Nabi, kurma yang memiliki asal usul dari Negeri Jazirah Arab ini memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh. Ternyata, kurma juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Untuk itu, simak apa saja manfaat kurma untuk ibu hamil yang perlu  Realfoodfam ketahui. 

Kurma memiliki nutrisi dan gizi yang dibutuhkan ibu hamil, mulai dari magnesium, tembaga, dan mangan. Dijelaskan dalam penelitian ‘Effect of Dates in Late Pregnancy on the Duration’, bahwa mengonsumsi kurma selama beberapa minggu terakhir kehamilan dapat memiliki efek positif saat proses melahirkan. Kurma dapat dimakan pada setiap tahap kehamilan. 

  • Pada trimester pertama, sebaiknya makan buah kurma dalam jumlah sedang pada awal kehamilan, terutama jika memiliki masalah gula darah.
  • Pada trimester kedua, Realfoodfam dapat menyelipkan kurma dalam makanan sehari-hari 
  • Pada trimester ketiga Realfoodfam dapat mengonsumsi enam buah kurma sehari mulai dari minggu ke 36. 

Setelah mengetahui panduan mengonsumsi kurma selama masa kehamilan, yuk kita bahas manfaat kurma untuk ibu hamil. 

1. Mengatur Tekanan Darah Bumil

Selama masa kehamilan, tekanan darah merupakan salah satu hal yang wajib Realfoodfam perhatikan ya! Manfaat kurma untuk ibu hamil salah satunya dapat mengatur tekanan darah saat hamil. Kurma mengandung kalium yang berfungsi menjaga keseimbangan air, garam, menghindari kram otot pada masa kehamilan, dan juga menjaga tekanan darah. Beberapa bahaya memiliki tekanan darah yang tidak stabil adalah ibu rentan mengalami komplikasi kehamilan, atau terjadinya persalinan prematur. Selain itu kekurangan kalium, dapat meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit jantung, dan stroke.

2. Mencegah Bayi Cacat Lahir

Kurma merupakan sumber folat yang baik. Asam folat pada kehamilan mencegah cacat bawaan pada otak, dan sumsum tulang belakang. Dilansir dari World Health Organization (WHO), merekomendasikan suplemen folat dan asupan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan, untuk mencegah cacat bawaan lahir

Baca Juga: Pentingnya Asam Folat untuk Promil dan Bumil

3. Membantu Pembentukan Tulang dan Gigi pada Bayi

Kurma juga dikenal memiliki kandungan magnesium yang merupakan mineral penting dalam pembentukan janin di kandungan. Dilansir dari Advanced Biomedical Research, magnesium juga berperan penting dalam membantu pembentukan gigi dan tulang pada bayi. Selain itu, magnesium juga berfungsi mengatur kadar gula darah serta tekanan darah. Mengonsumsi kurma pada kehamilan muda juga dapat mengurangi kemungkinan defisiensi magnesium selama kehamilan, yang dapat meningkatkan risiko seperti preeklamsia, disfungsi plasenta, dan persalinan prematur. Tak hanya itu, manfaat kurma untuk ibu hamil juga untuk meningkatkan kepadatan tulang pada janin, pasalnya terdapat juga sekitar 140 miligram kandungan potasium di dalam kurma yang bisa meningkatkan kepadatan tulang. 

4. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang lainnya adalah untuk melindungi sel dari radikal bebas. Journal of the American College of Nutrition menjelaskan bahwa kurma mengandung antioksidan yang paling tinggi dibanding buah sejenis seperti buah ara dan plum kering. Kandungan antioksidan yang ada pada kurma diantaranya adalah flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik . 

5. Mencegah Terjadinya Diabetes Sejak Dini

Manfaat kurma untuk ibu hamil juga nantinya akan dirasakan oleh anak ketika sudah lahir.. Pasalnya, ibu yang kerap mengonsumsi makanan manis berisiko terkena diabetes dan berbahaya bagi ibu dan janin dalam jangka panjang. Sebaiknya, Ibu hamil dapat mengganti cemilan manisnya dengan kurma. Kandungan flavonoid dalam buah kurma bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Memiliki Nutrisi dan Vitamin yang Lengkap

Manfaat kurma bagi ibu hamil usia 6 bulan ke atas yakni berfungsi sebagai sumber nutrisi yang baik. Mengandung kadar lemak yang rendah, dan kaya nutrisi seperti vitamin B kompleks, vitamin A, mangan, magnesium, kalsium, zat besi  dan selenium. Dengan nutrisi yang banyak ini, tak heran jika kurma menjadi salah satu makanan terbaik untuk ibu hamil. 

Realfoodfam juga bisa mengonsumsi Realfood Ever Glow dan Ever Glow+ yang mengandung kurma sebagai salah satu alternatif olahan kurma lainnya. Memiliki kandungan utama sarang burung walet yang kaya akan asam amino, esensial yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil. 

7. Memperkuat Cairan Ketuban Agar Tidak Mudah Pecah

Ketuban atau cairan yang menyelimuti bayi saat berada dalam kandungan. Ketuban biasanya akan pecah ketika bayi siap dilahirkan. Namun ada beberapa kondisi dimana ketuban pecah sebelum waktunya. Pada penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Obstetrics and Gynaecology, disebutkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kurma memiliki selaput ketuban yang lebih kuat. Mengonsumsi kurma sejak awal kehamilan, dinding ketuban akan semakin kuat dan tidak mudah pecah hingga waktu bersalin nanti tiba. 

8. Memicu Kontraksi

Penelitian yang diterbitkan Journal of Obstetrics and Gynaecology menuliskan tentang manfaat kurma untuk ibu hamil. Hasilnya, ibu hamil pada trimester ketiga, dapat menjalani persalinan normal tanpa perlu induksi medis dari dokter. Hal ini dikarenakan kurma menghasilkan hormon oksitosin yang berfungsi merangsang kontraksi rahim dan mempermudah proses persalinan. Salah satu manfaat kurma yaitu untuk membantu memperkuat kontraksi rahim ibu hamil saat proses persalinan.

Artikel Terkait Lainnya: