Menu Sahur

Menjalani sahur pada bulan puasa merupakan tantangan sendiri bagi sebagian orang. Hal tersebut terkadang membuat pemilihan menu sahur menjadi sembarangan. Padahal, penting untuk menjaga daya tubuh tetap prima pada bulan puasa.

Oleh karena itu, pilihlah hidangan sahur yang sederhana namun tetap praktis dan menyehatkan. Pastikan makanan sahur kaya akan nutrisi dan vitamin yang bisa menjadi energi meskipun seharian beraktivitas saat berpuasa. Lalu, apa saja menu sahur yang sederhana, praktis, dan sehat? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Pancake Sayuran

Bagi penggemar drama korea, pasti sudah tidak asing dengan pancake sayur atau pajeon. Menu sahur ini sangat mirip dengan itu, namun pembuatannya lebih praktis dan sederhana. Untuk membuatnya, Realfoodfam cukup menyiapkan bahan-bahan seperti zucchini, wortel, daun bawang, bawang putih, dan pancake mix. Campurkan semua bahan tersebut dan masak diatas teflon dengan api kecil dan sedikit minyak.

2. Pasta Ala Asia

Apabila ingin menyantap makan sahur yang tinggi karbohidrat namun bosan dengan nasi, menu ini adalah pilihan yang tepat. Meskipun pasta identik dari Eropa, menu pasta yang satu ini diracik menggunakan cita rasa Asia sehingga lebih mudah dibuat. Siapkanlah bahan-bahan, seperti spaghetti, daging ayam, wortel, dan pakcoy.

Kemudian, rempah dan bumbu yang dipakai adalah bawang putih, bawang bombay, kecap ikan, kecap asin, jahe, bubuk cabe, kaldu ayam, dan minyak wijen. Tumis semua bahan hingga matang dan pasta ala Asia siap dihidangkan.

3. Sup Sayur

Hidangan menu sahur yang sederhana, praktis, dan juga sehat adalah sup sayur. Realfoodfam bisa menggunakan sayuran maupun protein yang ada di rumah. Semakin beraneka ragam sayuran yang digunakan, maka semakin kaya juga nutrisi yang ada pada sup sayur. Kuah yang terdapat pada sup sayur juga cocok untuk mencegah dehidrasi ketika menjalani ibadah puasa.

4. Capcay

Tumis sayuran seperti capcay kaya akan serat yang baik untuk tubuh dan mampu memenuhi kebutuhan serat harian selama menjalankan ibadah puasa. Asupan serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama dan mencegah susah buang air besar selama berpuasa. Selain itu, sayuran juga mengandung banyak mineral dan juga vitamin agar kesehatan tetap terjaga.

5. Sandwich

Jika Realfoodfam hanya memiliki waktu yang sedikit untuk mempersiapkan sahur, sandwich adalah pilihan tepat. Pasalnya, sandwich memiliki kandungan gizi yang lengkap, seperti karbohidrat dari roti, vitamin dan mineral dari tomat dan selada, serta protein dari daging dan keju. Untuk menjadikan sandwich lebih sehat dan kaya serat, Realfoodfam bisa menggunakan roti gandum.

6. Oatmeal

Karbohidrat pengganti nasi yang rendah kalori ini termasuk dalam biji-bijian yang kaya akan protein dan juga serat. Kandungan vitamin B kompleks dan mineral menjadikan oatmeal salah satu makanan yang padat gizi.

Jika menyukai hidangan manis saat sahur, cobalah mengkonsumsi oatmeal dengan topping buah-buahan yang dilengkapi dengan yogurt atau madu. Apabila menyukai olahan oatmeal yang gurih, Realfoodfam bisa memasaknya dengan kaldu ditambahkan dengan telur, potongan jamur, dan keju.

7. Smoothies Kurma

Kurma kaya akan kalium yang merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa. Realfoodfam bisa membuat smoothies kurma sebagai menu sahur yang super praktis.

Bahan yang perlu disiapkan adalah susu skim atau susu almond, kurma, dan kacang almond. Campurkan kurma dan susu menggunakan blender hingga kekentalannya sesuai selera. Kemudian, tambahkan bubuk kacang almond untuk menambah tekstur dan nutrisi pada smoothies kurma.

8. Muffin Keju Telur

Bagi Realfoodfam yang bosan dengan omelet biasa, cobalah menu praktis yang satu ini. Meskipun rendah karbohidrat, muffin telur keju mengandung banyak nutrisi dan teksturnya lembut.

Realfoodfam bisa mencampurkan bahan-bahan seperti telur dan bayam, kemudian diberi bumbu garam, merica, dan bubuk bawang putih. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam loyang muffin dan berikan keju parut di atasnya. Masukkan ke dalam oven hingga muffin matang sempurna.

Itulah daftar menu sahur sederhana yang bisa jadi ide unik untuk dicoba. Lengkapi juga kebutuhan nutrisi harian yang bisa dikonsumsi saat sahur dengan mengkonsumsi Realfood EverGlow dan Realfood Ever Glow+. Kandungan ekstrak kurmanya mampu meningkatkan energi saat menjalankan ibadah puasa.

Produk dari Realfood ini juga mengandung asam sialat yang membantu menjaga sistem imun dan metabolisme tubuh. Realfood Ever Glow+ memiliki tekstur yang lebih padat karena mengandung fully concentrated bird nest. Sementara itu, jika Realfoodfam lebih menyukai tekstur bird nest yang lebih cair, Realfood Ever Glow adalah pilihan tepat.

Artikel Terkait Lainnya: