vitamin saat puasa

Marhaban ya Ramadan! Tidak terasa bulan suci telah hadir kembali, saatnya kita persiapkan diri untuk berpuasa sebulan penuh. Tubuh memerlukan banyak makronutrien dan mikronutrien, oleh karena itu vitamin untuk puasa tidak boleh terlewatkan agar kesehatan tubuh tetas terjaga saat puasa. Berikut ini adalah 5 vitamin yang penting untuk dikonsumsi saat puasa: 

1. Vitamin C

Salah satu vitamin untuk puasa yang wajib dikonsumsi adalah vitamin C. Amouh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka, vitamin C juga membantu menyerap zat besi dan kalsium dari makanan yang kamu konsumsi. Selain itu, vitamin C juga membantu menunjang produksi kolagen tubuh sehingga sendi dan kulit tetap terjaga vitalitasnya. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, strawberry, kiwi, pepaya, brokoli, tomat merah, dan teh hijau. Setidaknya, konsumsi satu butir jeruk atau 10 butir strawberry untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, atau konsumsi vitamin C minimal 100mg. 

2. Vitamin D

Vitamin untuk puasa yang satu ini, mungkin terdengar tidak asing lagi. Sejak pandemi COVID-19, vitamin D naik daun karena kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kronis. Gak cuma itu, vitamin D juga punya peran penting dalam membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Secara alami, vitamin D bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti kuning telur dan ikan berlemak seperti salmon, gindara, tuna, makarel, sarden, dan herring. Namun, tubuh memerlukan bantuan mengubah provitamin dalam tubuh menjadi vitamin D dengan cara berjemur di bawah matahari. Lakukanlah berjemur selama 5 menit di siang hari karena tubuhmu memerlukan sinar UV B! Bagi kamu yang punya masalah kesehatan, bisa mengonsumsi suplemen vitamin D sesuai dengan anjuran dokter ya. 

3. Vitamin E

Vitamin E membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular. Vitamin E sendiri bisa ditemukan di kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati seperti minyak zaitun. Nah, kamu juga bisa mendapatkan salah satu vitamin untuk puasa yang satu ini dengan mengonsumsi vitamin E dala bentuk kapsul atau memperbanyak konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian seperti bubur kacang hijau untuk berbuka puasa! Hmmmm segar! 

4. Vitamin B

Sering dengar vitamin B kompleks? Ya, vitamin B adalah salah satu vitamin yang wajib dikonsumsi saat berpuasa. Vitamin B sendiri terdiri atas Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin ini penting dalam membantu menjaga sistem saraf, meningkatkan energi, dan membantu meningkatkan metabolisme seperti metabolisme gula dalam tubuh. Sumber vitamin B sendiri sangat beragam mulai dari daging, telur, susu, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.  Sebenarnya vitamin ini cukup tricky karena sulit menjumpai suplemen yang mengandung vitamin B kompleks, ada pun harganya cukup mahal. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau saat berpuasa ya. 

5. Vitamin A 

Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan mata. Bahkan vitamin A juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit juga lho! Seperti yang bisa kamu temukan di Realfood Jelly Flawless. Sumber vitamin A alami sendiri adalah wortel, bayam merah, ubi jalar, mangga, dan hati sapi. 

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini selama bulan puasa ya, agar tubuh terjaga kesehatannya dan mendukung fungsi-fungsi penting selama menjalankan puasa. Namun, ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dulu dengan dokter atau ahli gizi jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. 

Selain vitamin di atas, ada baiknya juga untuk mengosumsi makanan yang tinggi nilai gizi seperti kurma atau konsumsi Realfood Ever Glow saat sahur dan berbuka selama bulan puasa. Formula semi-concentrated sarang burung walet dengan ekstrak kurma ini mampu menggantikan energi yang hilang saat berpuasa lho! Kandungan gula alami dari kurma juga dicerna perlahan, sehingga tidak meningkatkan gula darah secara cepat yang lebih aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Sarang burung walet sendiri kaya akan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh, serta kandungan kurma yang MasyaAllah begitu kaya akan nilai gizi terutama untuk mengembalikan keadaan tubuh setelah seharian berpuasa. Yuk, cobain Realfood Ever Glow dan rasakan manfaatnya!

Baca Juga: