menu sahur sehat

Mengkonsumsi makanan bergizi akan membuat Realfoodfam tetap bisa berpuasa tanpa rasa lemas. Oleh karena itu, saat sahur, Realfoodfam perlu menyiapkan menu sahur yang menyehatkan namun tetap mudah dibuat. Yuk, simak 11 menu sahur sehat agar kuat puasa seharian berikut ini:

1. Sup Jagung Ayam

Bagi Realfood yang menyukai menu sahur yang berkuah, bisa mencoba menu ini. Kuah yang terkandung dalam sup mampu memenuhi kebutuhan cairan harian. Selain cara pembuatannya mudah, sup jagung ayam juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Bubur Oatmeal Gurih

Oatmeal tidak hanya kaya akan protein serta karbohidrat yang menyehatkan bagi tubuh, tetapi juga mampu memberikan banyak energi. Untuk sahur, buatlah bubur oatmeal gurih sebagai alternatif nasi putih. Misalnya, Realfoodfam bisa melengkapi oatmeal dengan telur dan juga jamur agar memiliki rasa gurih dan membangkitkan selera makan saat sahur.

3. Tumis Brokoli Udang

Menu sahur sehat dan kaya akan nutrisi serta vitamin adalah tumis brokoli udang. Pasalnya, brokoli mengandung mineral, antioksidan, serta vitamin A dan C yang dibutuhkan tubuh. Apalagi jika Realfoodfam mengkombinasikannya dengan udang yang tinggi protein.

4. Pecel

Makanan khas Indonesia ini kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk menjaga kondisi tubuh saat berpuasa. Sayuran yang terdapat pada pecel memiliki sejuta kandungan yang membuat Realfoodfam tetap bertenaga dan kuat menjalankan puasa seharian. Selain itu, cara membuat pecel pun sangat mudah dan praktis.

5. Omelette Sayur

Telur adalah bahan dasar makanan yang paling mudah dibuat dikala sahur. Agar olahan telur tidak membosankan dan mampu memenuhi kebutuhan gizi harian, cobalah menu sahur sehat ini. Omelette sayur adalah sajian telur yang kaya akan protein dan dicampur dengan aneka sayur-sayuran yang membuatnya lebih padat nutrisi.

6. Sup Kacang Merah

Kacang merah memiliki kandungan protein serta karbohidrat yang mampu mencegah rasa lapar ketika berpuasa. Kemudian, tambahkan protein hewani maupun sayuran lain yang bisa dijadikan sebagai isi sup kacang merah.

7. Oatmeal Kurma Pisang

Bagi Realfoodfam yang tidak menyukai santapan sahur yang gurih atau asin, bisa mencoba menu sahur sehat yang satu ini. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks yang lebih lambat terserap tubuh sehingga Realfoodfam tidak cepat lapar. Untuk menambah nutrisi dan rasa, tambahkanlah kurma dan pisang sebagai toppingnya.

8. Pancake

Ada kalanya Realfoodfam telat bangun sahur dan tidak sempat memasak menu sahur. Alternatif menu sahur praktis namun tetap menyehatkan adalah pancake. Realfoodfam bisa menghidangkan pancake dengan berbagai macam topping yang menyehatkan, seperti madu, keju, maupun buah-buahan.

9. Cah Sawi

Sawi adalah sayuran yang kaya kalium, vitamin, serta serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, cah sawi mudah dibuat, bahkan hanya beberapa menit saja proses pembuatannya. Realfoodfam bisa melengkapinya dengan sumber protein lain seperti tahu, tempe, telur, ataupun ayam.

10. Smoothie Pisang dan Yoghurt

Bagi Realfoodfam yang tidak suka makan pagi, cobalah mengkonsumsi smoothie ini saat sahur. Selain rasanya enak, smoothie pisang dan yoghurt juga mengenyangkan. Terlebih lagi terdapat tambahan yoghurt yang dapat melancarkan saluran pencernaan selama berpuasa.

11. Sandwich

Ketika memiliki waktu yang sedikit untuk menyiapkan sahur, mengkonsumsi sandwich bisa menjadi pilihan. Realfoodfam bisa menambahkan berbagai topping yang menyehatkan, seperti selada, daging, telur, maupun keju. Atau, bagi yang menyukai makanan manis, jadikan madu, buah beri-berian, atau alpukat sebagai isiannya.

Itulah ulasan yang menarik tentang 11 menu sahur sehat namun tetap mudah dibuat. Untuk menjaga sistem imun dan metabolisme tubuh, Realfoodfam juga bisa mengkonsumsi Realfood Ever Glow pada saat sahur.

Adanya kandungan kurma dapat melindungi lambung dari asam lambung sehingga tetap aman dikonsumsi dikala perut kosong sekalipun. Selain itu, ekstrak kurma pada semi concentrated bird’s nest ini juga berguna untuk meningkatkan energi terlebih bagi Realfoodfam yang sedang menjalani ibadah puasa.

Artikel Terkait Lainnya: