takjil buka puasa

Setelah seharian menjalankan ibadah puasa, Realfoodfam disarankan untuk berbuka puasa didahului dengan makan atau minum yang manis dan ringan. Setelah itu, barulah menyantap makanan berat menjelang malam harinya. Selain kurma, ada beberapa alternatif takjil buka puasa yang menyehatkan sekaligus praktis. Yuk, simak daftar takjil untuk berbuka puasa berikut ini:

1. Sup Buah

Bagi Realfoodfam yang suka buka puasa dengan menu yang menyegarkan, sup buah adalah pilihan tepat. Kuah dari sup buah mampu mengembalikan cairan yang hilang setelah menjalankan puasa seharian. Buah-buahan yang terkandung pada sup buah juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Agar lebih sehat, Realfoodfam bisa mengganti sirup pada sup buah dengan jus buah yang mengandung banyak air.

2. Lumpia Buah Basah

Jika lumpia pada umumnya berisi sayuran dan digoreng, lumpia yang satu ini jauh lebih sehat. Pasalnya, kulit yang digunakan menggunakan rice paper sehingga Realfoodfam tidak perlu menggorengnya. Isian lumpia bisa beragam, sesuai dengan buah-buahan yang disukai. Untuk dipping sauce-nya, Realfood bisa menggunakan yoghurt, mayonnaise, atau perasan air lemon dicampur madu.

3. Kolak Pisang dan Labu Kuning

Takjil buka puasa identik dengan kolak pisang dan labu. Selain rasanya enak, harganya murah, dan mudah dibuat. Pisang mengandung serat 16% yang mampu melancarkan pencernaan dan mencegah susah buang air besar saat berpuasa. Sedangkan labu kuning kaya akan vitamin A, vitamin C, folat, magnesium, dan karotenoid untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Smoothies

Menu takjil yang satu ini memang menyegarkan dan menyehatkan. Umumnya, smoothies dibuat dari campuran susu dan yoghurt dengan potongan buah. Agar lebih sehat, Realfoodfam bisa menggunakan susu dan yoghurt rendah lemak serta tidak menambahkan gula.

5. Es Timun Serut

Ketika berbuka puasa, Realfoodfam dianjurkan mengkonsumsi takjil yang tidak hanya mampu mengembalikan energi tetapi juga memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Es timun dinilai mampu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Cara membuatnya pun mudah, Realfoodfam hanya menyiapkan timun yang sudah diserut, lalu berikan air, selasih, dan perasan jeruk nipis.

6. Setup Pisang

Jika Realfoodfam ingin buka puasa dengan takjil yang nyaman di perut, setup pisang adalah pilihan terbaik. Pasalnya, setup pisang mampu menghangatkan tubuh dan tidak menyebabkan perut begah. Cara membuatnya yaitu dengan memasak gula rendah kalori, air, daun pandan, dan kayu manis. Kemudian, masukkan pisang dan masak hingga pisang matang dan terasa manis.

7. Biji Salak

Selain kolak, menu takjil buka puasa ini tidak pernah absen saat bulan Ramadhan. Rasanya yang legit menjadikan biji salak sebagai menu favorit dan mampu mengembalikan energi dengan cepat. Agar lebih sehat, Realfoodfam bisa mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan, seperti susu rendah lemak atau krimer nabati.

8. Realfood UP Dates

Bagi Realfoodfam yang tidak sempat menyiapkan takjil buka puasa, Realfood UP Dates menjadi pilihan yang praktis sekaligus menyehatkan. Minuman sarang burung walet ini sangat baik untuk tubuh dan mampu meningkatkan imunitas, menjaga kulit tetap sehat, dan membantu meredakan peradangan. Formulasinya juga dibuat dengan kualitas tinggi dan mengandung rendah kalori serta kaya akan oksidan.

Minuman sarang burung walet ini juga dibuat dengan teknologi khusus sehingga menghasilkan produk berkualitas tinggi. Realfood UP Dates juga telah mendapat sertifikasi dari BPOM dan halal MUI sehingga aman dikonsumsi.

Itulah 8 inspirasi takjil buka puasa selain kurma yang sehat dan juga lezat. Jika Realfoodfam menyukai takjil yang praktis namun tetap menyehatkan, Realfood UP Dates adalah pilihan tepat. Rasa kurmanya menyegarkan dengan kandungan sarang burung walet yang memiliki berbagai kebaikan untuk tubuh.

Artikel Terkait lainnya: