makanan buka puasa

Ketika berbuka puasa, keinginan untuk melahap semua makanan sangat tinggi. Namun, tetap perhatikan pola makan sehat agar kondisi tubuh tetap fit sehingga mampu menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan dengan maksimal. Yuk, simak 8 pilihan makanan buka puasa yang menyehatkan, berikut ini:

1. Kurma

Buka puasa memang identik dengan kurma karena sesuai dengan anjuran nabi. Selain itu, kurma juga mengandung gula alami sehingga bermanfaat membantu mengembalikan energi setelah seharian menjalankan ibadah puasa.

Kandungan lainnya yang terdapat pada kurma adalah serat, mineral, dan juga zat besi yang baik untuk tubuh. Makanlah minimal 3 biji kurma ketika berbuka puasa untuk meningkatkan kadar gula darah yang rendah selama berpuasa.

2. Kolak Tanpa Santan

Selain rasanya lezat, mudah dibuat, dan kaya nutrisi, bahan-bahan untuk membuat kola pun mudah ditemukan serta harganya terjangkau. Misalnya, seperti pisang, ubi, singkong, dan masih banyak lagi. Namun, untuk berbuka puasa, sebaiknya mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan, seperti susu skim yang memiliki kandungan lemak lebih rendah.

3. Puding Buah

Makanan buka puasa yang satu ini kaya akan nutrisi yang mampu menjaga kesehatan selama bulan puasa. Lebih baik Realfoodfam membuat puding buah sendiri dari larutan agar-agar yang diberikan potongan buah, bukan dari essence rasa buah. Selain itu, buat juga saus puding yang lebih sehat, yaitu dengan mencampurkan kuning telur, vanili, dan susu rendah lemak.

4. Es Buah

Ketika berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga penting bagi Realfoodfam memilih makanan yang tepat untuk membantu mengembalikan cairan yang hilang. Salah satu caranya, Realfoodfam bisa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan airnya dan diolah menjadi es buah.

Untuk membuat es buah lebih menyehatkan, Realfoodfam bisa mengganti gula dengan campuran air, madu, dan perasan lemon. Atau, Realfoodfam bisa membuat kuah es buah dari jus buah yang mengandung banyak air, seperti semangka.

5. Salad Sayur dan Buah

Makanan buka puasa yang menyehatkan serta praktis yang bisa dicoba selanjutnya adalah salad buah dan sayur. Pasalnya, salad sayur dan buah kaya akan serat yang baik untuk tubuh dan mampu memenuhi kebutuhan serat harian.

Kandungan serat pada sayur dan buah juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Agar salad sayur dan buah lebih sehat ketika dikonsumsi, gunakan dressing salad alami, seperti madu, minyak zaitun, atau yoghurt plain tanpa gula.

6. Bubur Kacang Hijau

Rasanya yang manis dan berkuah membuat bubur kacang hijau menjadi makanan yang tepat untuk berbuka puasa. Menu yang satu ini mengadung banyak jenis mineral yang baik untuk tubuh, seperti zinc, mangan, folat, dan magnesium.

Bubur kacang hijau juga sebagai sumber protein nabati yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Jika tidak ingin mengkonsumsi santan, Realfoodfam bisa menggantinya dengan susu kedelai, oat milk, atau susu almond agar lebih menyehatkan.

7. Lumpia Basah Ala Vietnam

Jika lumpia pada umumnya digoreng, lumpia yang menyehatkan dan cocok dijadikan sebagai makanan buka puasa adalah lumpia basah ala Vietnam. Realfoodfam bisa mengganti kulit lumpia dengan rice paper agar lebih praktis dan bisa diolah tanpa proses pemasakan sekalipun.

Lumpia ini bisa diisi dengan sayur dan buah yang menyehatkan, seperti wortel, daun selada, timun, stroberi, kiwi, dan lain sebagainya. Untuk dipping sauce-nya, Realfoodfam bisa membuatnya dari yoghurt, selai kacang tawar, atau perasan lemon dan madu.

8. Realfood Ever Glow dan Realfood Ever Glow+

Bagi Realfoodfam yang mencari makanan buka puasa yang praktis, menyehatkan, sekaligus menyegarkan cobalah mengkonsumsi Realfood Ever Glow atau Realfood Ever Glow+. Produk dari Realfood ini mengandung ekstrak kurma yang mampu meningkatkan energi setelah seharian berpuasa. Kandungan asam sialatnya juga mampu menjaga sistem imun dan metabolisme tubuh.

Realfood Ever Glow memiliki tekstur yang lebih cair karena mengandung semi concentrated bird nest. Apabila Realfoodfam lebih menyukai kandungan sarang burung walet walet yang lebih banyak dengan tekstur yang lebih padat, Realfoodfam Ever Glow+ adalah pilihan tepat.

Itulah 8 makanan buka puasa yang baik bagi kesehatan. Meskipun rasa ingin memenuhi rasa lapar begitu meningkat ketika berbuka puasa, tetap pilih menu buka puasa yang menyehatkan. Tidak lupa untuk rutin mengkonsumsi Realfood Ever Glow dan Realfood Ever Glow+ sebagai sumber energi bagi tubuh dan untuk meningkatkan sistem imun selama menjalankan ibadah puasa.

Artikel Terkait Lainnya: