makanan buka puasa

Makanan buka puasa identik dengan gorengan, es buah, dan kolak. Padahal, setelah lebih dari 12 jam berpuasa, kadar gula darah cenderung turun dan akan melonjak jika berbuka puasa dengan makanan yang tinggi gula dan karbohidrat. Gak cuma gula darah, makanan buka puasa yang salah justru malah bisa membuat kolesterol naik lho! Yuk, cek 10 makanan dan minuman yang baik kamu konsumsi saat berpuasa. 

1. Teh Manis dan Buah Kurma 

Saat berbuka puasa, segeralah siapkan teh manis dan buah kurma sebagai makanan buka puasa untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang tanpa menaikkan gula darah berlebih. Tentunya perlu membatasi penggunaan gula pasir di dalam teh dan konsumsi maksimal 3 buah kurma ya. Kurma sendiri mengandung gizi baik seperti kalium, magnesium, zat besi, vitamin B6, dan serat yang baik untuk pencernaan. Sedangkan teh dengan kandungan gula akan mudah dicerna. 

2. Ubi Rebus 

Ubi memiliki rasa manis yang khas karena kandungan karbohidrat yang tinggi yang baik sebagai makanan buka puasa. Namun, tidak hanya karbohidrat tetapi juga serat dan protein yang baik untuk tubuh. Ubi sendiri memberikan rasa kenyang yang lebih lama daripada jenis karbohidrat lainnya. Pastikan kamu mengolah ubi dengan cara direbus, dikukus, atau dibakar dan membiarkan ubi dingin untuk membentuk pati resisten lebih tinggi.

3. Sup Sayur

Ingin buka puasa dengan makanan buka puasa berkuah seperti bubur kacang hijau atau bubur ketan hitam? Coba deh ganti dengan sup jagung, sup tomat, atau sup ayam yang lebih tinggi nilai gizinya. Sup akan membuat rasa kenyang lebih lama dengan lebih sedikit kalori. Hindari pemberian krim dan santan, tetapi ganti dengan telur atau maizena sebagai pengental.

4. Salad Buah 

Buah adalah salah satu sumber gula yang kaya akan serat dan vitamin. Jika bosan mengonsumsi buah sebagai makanan buka puasa, cobalah menambahkan yogurt atau mayonaise rendah lemak agar menjadi salad buah. Menu ini menyegarkan sekali lho! 

5. Jus Alpukat

Tidak ada salahnya berbuka puasa dengan jus alpukat! Tekstur kental yang membuat kenyang ini bisa kamu padukan dengan susu kental manis agar jus alpukat menjadi makanan buka puasa yang kaya akan karbohidrat dan lemak. Pastikan kamu tidak mengonsumsi susu kental manisnya berlebihan ya! 

6. Kolang-kaling

Kolang-kaling adalah salah satu makanan buka puasa yang sangat baik karena kandungan air yang tinggi mencapai 90% dalam setiap 100 gramnya! Selain itu kolang-kaling juga kaya akan karbohidrat dan serat tidak larut yang memberikan rasa kenyang dan melancarkan saluran cerna tubuh. Jika biasanya kolang-kaling dimasak dengan gula, cobalah untuk mengganti cara masak makanan buka puasa yang satu ini dengan cara yang lebih sehat seperti merebus dan mencampurkannya ke sari buah atau es kopi. Cocok lho sebagai pengganti nata de coco atau cincau! 

7. Jagung Bakar

Makanan buka puasa yang satu ini seru sekali lho jika dikonsumsi bersamaan dengan teman maupun keluarga! Jagung yang dibakar menggunakan sedikit mentega dan bumbu penyedap seperti garam dan sambal akan membuka puasa dengan unik tanpa meningkatkan gula darah berlebih. Pastikan kamu mengonsumsinya tidak berlebihan ya dan hindari bagian yang hangus. 

8. Smoothie Bowl

Selain jus buah dan sop sayur, kamu juga bisa nih mengonsumsi smoothie bowl. Jus buah seperti buah naga, pisang, dan mangga yang dihias dengan berbagai biji-bijian, kacang-kacangan, kelapa parut, hingga potongan buah segar dapat menjadi makanan buka puasa yang kaya sehat dan karbohidrat kompleks, serta vitamin yang esensial untuk tubuh!

9. Yogurt dan Granola

Nah, makanan buka puasa yang satu ini cocok banget buat kamu yang harus komuter dari kantor ke tempat tinggal. Saat harus berbuka di jalan, yogurt dalam cup dan granola yang manis bisa jadi makanan buka puasa yang sehat, mengenangkan, dan pastinya cukup menahan lapar hingga sampai rumah nanti! 

10. Biji-bijian dan buah kering

Makanan buka puasa yang rendah gula? Kenapa tidak mencoba buka dengan beragam biji-bijian dan buah kering seperti kismis dan kurma? Selain praktis, keduanya sangat baik untuk memberikan rasa kenyang tanpa meningkatkan gula darah berlebih lho!

Artikel Terkait Lainnya: