tips belanja online

Menyambut akhir tahun semakin banyak promo baik di e-commerce maupun brand yang turut meramaikan promo tanggal kembar yang sudah terjadi beberapa tahun belakangan ini.Dalam Terlebih saat tanggal kembar, berbagai platform belanja pun mulai memberikan diskon yang menggiurkan. Untuk itu disini kita akan membagikan tips belanja online agar Realfoodfam tetap untung. Terlebih selama pandemi, banyak orang yang beralih ke cara belanja online. Namun belanja online saat Harbolnas ataupun tanggal kembar memerlukan keahlian tersendiri agar tidak tertipu dan malah buntung. Semakin maju teknologi yang digunakan, semakin besar risiko saat berbelanja online. Untuk itu Realfoodfam tetap perlu bersikap bijak dalam berbelanja.Berikut 10 tips belanja online agar tetap aman dan cuan!

1. Cek dan Bandingkan Harga Sebelum Promo

Sebelum kalap dan lapar mata saat periode promo besar-besaran yang biasanya terjadi diakhir tahun, ada baiknya kita sebagai konsumen cerdas melakukan riset harga terlebih dahulu. Untuk itu, baiknya mendekati tanggal kembar, Realfoodfam bisa berkunjung ke ecommerce dan melihat harga produk yang menjadi incaran. Selain itu bandingkan harga antara satu platform ecommerce dengan lainnya. Karena beberapa ecommerce memberikan promo khusus seperti cashback atau gratis pengiriman. Biasanya juga akan ada selisih tipis harga barang yang sama di satu e-commerce dengan lainnya. 

2. Berlangganan Newsletter untuk Dapat Promo 

Cara terbaik dan tercepat yang seringkali dilupakan orang saat berburu promo akhir tahun atau Harbolnas adalah berlangganan newsletter. Padahal beberapa toko online memberikan diskon khusus bagi pelanggan newsletternya. Biasanya dalam bentuk kode promo yang dikirimkan ke emailmu. Untuk itu pastikan kamu sign up ke newsletter toko online incaran mu untuk mendapatkan kode promo diskon pembelian pertama atau diskon khusus di tanggal tertentu seperti tanggal kembar atau Hari Raya. 

3. Pilih Seller dengan Reputasi Baik

Tips belanja online agar untung berikutnya adalah memilih seller yang terpercaya. Saat ini banyak dari situs belanja online sudah menggunakan sistem reputasi atau rating untuk sellernya, jadi pastikan kamu membeli dari seller yang memiliki reputasi tinggi ya. Pilih seller dengan cermat yang menampilkan deskripsi yang jelas dan foto barang yang asli alias bukan foto hasil curian ya. Caranya kamu dapat memanfaatkan fitur filter yang ada di toko online favoritmu. Kamu bisa mengurutkan toko dengan bintang atau rating yang tinggi yang berarti seller tersebut banyak dipilih konsumen dan terpercaya. Usahakan untuk selalu membeli produk dari Official Store ya, Realfoodfam!

4. Buat List dan Belanja Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli secara online, kita harus tahu apa kebutuhan kita. Karena pada saat harbolnas hampir semua harga barang yang dijual mendapatkan potongan. Ada baiknya agar Realfoodfam untuk menyusun list apa saja yang akan dibeli saat Harbolnas tiba. Hal ini untuk meminimalisir terkena impulse buying akan banyaknya promo di sosial media dan website berbagai brand. Pastikan kamu juga membatasi atau menentukan anggaran belanja agar tabungan tidak jebol. 

Setelah membuat list, pastikan untuk membeli sesuai kebutuhan. Jangan sampai tergiur promo dan membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Hindari terlalu sering membuka situs belanja online agar tidak tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. 

5. Manfaatkan Promo Bank 

Tips belanja online agar tetap untung adalah dengan memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh bank atau metode pembayaran lainnya. Pastikan sebelum checkout keranjang belanjaan, kamu memperhatikan metode pembayaran mana yang memberikan promo. Karena beberapa bank juga turut meramaikan harbolnas dan diskon akhir tahun dengan memberikan promo pada e-commerce tertentu. 

6. Teliti Membaca Deskripsi Produk

Saat belanja online, kamu tidak bisa mencoba dan melihat langsung barang incaranmu. Untuk itu sangat penting untuk teliti membaca deskripsi soal kualitas, kuantitas, bahan, warna, ukuran dan metode pengembalian. Pastikan deskripsi barang, varian, spesifikasi hingga kelengkapan yang ditawarkan sudah sesuai dengan yang tertulis. Jika informasi kurang lengkap atau kamu belum yakin, kamu bisa menanyakan langsung ke penjual melalui fitur pesan. 

7. Cek Ulasan Produk

Jika Realfoodfam sudah memerhatikan deskripsi dan memilih seller terpercaya, jangan lupa untuk mengecek ulasan produk yang ingin kamu beli dari pengguna lain yang sudah membelinya terlebih dulu. Hal ini untuk memastikan bahwa seller dan produk yang ingin kamu beli sudah sesuai ekspektasi. Pastikan bahwa ulasan pembeli lainnya, jangan lupa untuk memperhatikan foto dari pembeli dengan seksama ya, Realfoodfam!

8. Jangan Simpan Informasi Kartu Kredit di Toko Online

Hal lain yang harus diperhatikan saat belanja online adalah memastikan Realfoodfam tidak menyimpan informasi kartu kredit "diingat" atau disimpan secara otomatis pada platform toko online manapun. Walaupun hal ini memudahkan saat berburu flash sale, namun hal ini dapat menyebabkan penyalahgunaan informasi. Misalnya orang lain menggunakan kartu kredit tanpa kita menyadarinya. Selain itu, jangan lupa untuk keluar dari situs tersebut setelah selesai bertransaksi atau melakukan pembayaran untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

9. Siapkan Video unboxing 

Setelah menerima barang yang kamu pesan, pastikan untuk mendokumentasikan proses unboxing produk untuk memastikan barang yang kamu terima sesuai dengan deskripsi dan tidak ada cacat baik saat di gudang ataupun saat pengiriman. Dengan begini, jika barang yang kamu terima tidak sesuai, kamu bisa mengajukan komplain berubah menukar barang atau dalam bentuk refund (pengembalian uang). Namun jangan lupa ya Realfoodfam, pastikan video unboxing kamu lengkap mulai dari saat kamu membuka packing hingga memperlihatkan produk dengan jelas. Hal ini agar pihak penjual juga dapat memastikan bahwa kamu tidak melakukan klaim palsu. 

10. Gunakan Komputer atau Jaringan Internet Milik Sendiri

Tips belanja online satu ini seringkali dilupakan oleh Realfoodfam, padahal ini sangat penting untuk melindungi data privacy kita. Pastikan untuk berbelanja dengan perangkat komputer, smartphone dan juga jaringan internet pribadi. Hal ini agar kita terhindar dari cyber crime, pencurian data dan keamanan finansial. Realfoodfam juga bisa menginstall firewall atau antivirus agar terhindar dari kejahatan dunia maya. 

Berbelanja saat promo Harbolnas atau akhir tahun bisa menjadi salah satu cara berhemat jika kamu menyiasatinya dengan benar. Namun bisa juga membuat rekening jebol karena lapar mata melihat banyaknya promo. 10 langkah diatas bisa menjadi panduan kamu saat berburu promo akhir tahun yang akan datang nih, Realfoodfam! Dengan melakukan tips belanja online diatas, kamu bisa terhindar dari kesalahan memilih produk, penipuan dan juga lebih aman bertransaksi secara daring. Jadi sudah siap berburu diskon akhir tahun? Jangan lupa cek Toko Official Realfood di marketplace favoritmu ya, Realfoodfam! Karena banyak promo menarik mulai dari diskon, promo gratis ongkir, hingga cashback.

Artikel Terkait Lainnya: