Tak terasa bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Sebagian besar orang mulai mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan puasa, mulai dari stok makanan dan menyiapkan menu sahur dan berbuka, beberapa juga mulai mempersiapkan perubahan jam olahraga disaat puasa. Pasalnya tantangan terberat saat puasa adalah menahan rasa haus dan lapar. Bagi kamu yang ingin tetap fit dan kuat selama bulan puasa bisa menjalankan beberapa tips kuat puasa agar ibadah dan aktivitas tetap berjalan beriringan. 

Tak bisa dipungkiri bahwa tantangan menahan haus dan lapar terkadang menjadi kendala dalam beraktivitas. Pasalnya, perut kita yang tadinya terisi oleh makanan dan minuman perlu menyesuaikan diri tidak mendapat asupan selama lebih dari 12 jam. Biasanya puncak rasa lapar dan haus ini akan muncul di siang hari atau waktu makan siang. Tak hanya lapar, selama berpuasa biasanya tubuh akan terasa lebih lemas dan rasa malas akan menghampiri. Pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan minuman bergizi saat sahur agar tetap kuat puasa. Realfoodfam juga bisa coba ikuti tips kuat puasa berikut ini agar kamu tetap dapat beraktivitas normal walau berpuasa seharian. 

1. Perbanyak Konsumsi Cairan 

Saat berpuasa seharian tentu tubuh akan kehilangan banyak cairan, sehingga tubuh akan lebih rentan terkena dehidrasi. Pastikan untuk tetap minum minimal delapan gelas sehari. Kamu bisa membaginya 3 gelas saat sahur dan berbuka, dan dua gelas saat akan tidur. Dengan menjaga asupan cairan yang cukup akan menjaga tubuh tetap fit saat beraktivitas seharian selama berpuasa. 

2. Perbanyak Asupan Serat dan Protein

Tips kuat puasa selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi serat dan protein. Mengonsumsi banyak serat dapat membuat kenyang lebih tahan lama, dan protein membantu memberikan energi tubuh selama seharian beraktivitas. Untuk itu pastikan kamu mengonsumsi lebih banyak sayur, buah dan protein saat sahur dan berbuka agar tubuh kenyang lebih lama, dan tetap berenergi seharian. 

Selain itu kamu juga bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi Realfood Sporte Realpro Protein Boost. Realpro merupakan suplemen nutrisi tambahan yang kaya protein, vitamin, mineral dan juga mengandung asam amino esensial (BCAA, EAA). Realfood Sporte Realpro dapat menjadi salah satu opsi tambahan asupan nutrisi dan juga protein harianmu lho, Realfoodfam. Selain itu juga Realpro dapat membantu kamu membentuk massa otot. Jadi kamu bisa mengonsumsi Realpro baik selama berpuasa maupun tidak. 

3. Sahur dengan Menu Lengkap

Tips kuat puasa lainnya adalah dengan mengonsumsi menu makanan lengkap dan tinggi nutrisi saat sahur. Menurut Ultimate Performance, memastikan asupan yang cukup saat sahur adalah salah satu cara untuk tetap kuat dan energik saat puasa. Pastikan kamu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, karbohidrat, dan juga lemak. Tak lupa untuk konsumsi buah-buahan dan sayuran agar imun dan energi tetap terjaga selama berpuasa. 

4. Mandi Air Dingin

Menurut penelitian dari Behavioral and Brain Function Journal menyebutkan bahwa mandi dengan air dingin dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak lemas. Hal ini dapat menjadi salah satu tips kuat puasa yang bisa kamu lakukan nih, Realfoodfam. Kamu bisa mandi dengan air dingin di pagi hari sebelum beraktivitas agar tubuh terasa segar dan siap menjalani aktivitas meskipun berpuasa.

5. Tidur Cukup

Tips tetap kuat puasa meski lupa sahur selanjutnya adalah beristirahat dengan tidur siang secukupnya jika memungkinkan. Tidur dan istirahat akan membantumu untuk menahan lapar saat puasa. Tapi ingat, jangan lupakan kewajiban ibadahmu yang lain ya. Perubahan waktu dapat berdampak pada level energi manusia secara signifikan .

Waktu tidur kita akan berkurang selama bulan Ramadan akibat jadwal beribadah dan sahur. Akan tetapi, penting untuk tetap memastikan istirahat yang cukup dan juga berkualitas sebagai cara untuk tetap kuat saat puasa. Kita sering merasa malas dan lelah saat puasa. Hal ini sering membuatmu merasa butuh makan dan minum untuk mendapat energi tambahan. Padahal, bukan itu solusinya. Cobalah untuk mengatur jadwal tidurmu lebih baik saat puasa. Setelah tarawih, usahakan untuk langsung tidur hingga satu jam sebelum sahur. Lalu, jika memungkinkan, cobalah untuk tidur siang selama satu jam.

6. Tetap Lakukan Olahraga Ringan

Kamu bisa tetap olahraga saat puasa, lho. Bahkan, kata Gulf News, tips ini adalah cara yang bagus untuk tetap bersemangat dan kuat saat puasa. Akan tetapi, jangan sampai kamu berolahraga terlalu berat. Saat sedang berpuasa, turunkan intensitas olahraga hingga 20%-25% saja. Tujuan dari olahraga saat sedang berpuasa adalah untuk tetap rutin melatih tubuh kita supaya selalu sehat.

Tak hanya itu, olahraga saat puasa juga merupakan strategi yang bagus untuk mengurangi berat badan secara lebih efektif, lho. Berolahraga adalah aktivitas menyehatkan yang harus tetap dilakukan selama berpuasa. Namun, pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat, seperti jalan kaki, yoga, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah (mencuci, menyapu, menyiram kebun).

Berolahraga ringan merupakan kunci agar tetap fit saat berpuasa. Lakukan tips berpuasa ini supaya Anda bisa lebih kuat dan sehat dalam menjalani puasa.

7. Konsumsi Vitamin

Selama berpuasa tentu tubuh akan kekurangan cairan dan terasa lemas. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mengonsumsi vitamin untuk membantu memperkuat imun tubuh. Pasalnya saat berpuasa tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit. Kamu bisa mengonsumsi vitamin B12 dan vitamin C saat sahur ya Realfoodfam! 

8. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Mengonsumsi makanan minuman manis di bulan puasa memang menjadi hal lumrah, seperti berbuka dengan kurma, sirup ataupun es teh. Tips kuat puasa terakhir ini merupakan salah satu tips penting untuk menjaga daya tahan tubuh selagi berpuasa. Mengurangi makanan dan minuman manis dapat membuatmu lebih kuat berpuasa selama sebulan penuh.  Pasalnya, mengonsumsi gula secara berlebihan dapat mendorong peningkatan dalam produksi insulin yang dapat memicu tubuh untuk menginginkan asupan gula lebih banyak lagi.

Itulah beberapa tips kuat puasa untuk kamu jalankan di bulan Ramadan ini, Realfoodfam! Tentunya tetap penuhi asupan makanan dan bantu dengan vitamin dan konsumsi Realfood Sporte Realpro sebagai suplemen untuk tambahan nutrisi tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Meskipun puasa, bukan alasan untuk bermalas-malasan dan tidur seharian ya. Tetap lakukan aktivitas dan olahraga ringan agar imun tetap kuat ya, Realfoodfam!

Baca Juga: