manfaat omega 6

Banyak yang belum menyadari, jika manfaat omega 6 sama baiknya dengan omega 3. Omega 6 memiliki berbagai manfaat, seperti menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, mengurangi gejala hipertensi, dan mengatasi alergi.

Selain itu, omega 6 juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit, mulai dari menguatkan skin barrier, melembapkan kulit, hingga mengurangi efek penuaan dini. Namun, sebelum mengetahui manfaat omega 6 untuk kulit lainnya, simak dulu apa itu omega 6, berikut ini:

Apa Itu Omega 6?

Omega 6 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan tubuh sebagai komponen sel dan produksi energi. Meskipun diperlukan tubuh, namun tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri sehingga Realfoodfam perlu mendapatkannya dari makanan yang mengandung omega 6.

Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan yang banyak mengandung omega 6 dan jumlahnya per 100 gram:

  • Minyak kanola (79 gram)
  • Biji labu (20 gram)
  • Minyak kenari (53 gram)
  • Biji bunga matahari (34 gram)
  • Minyak kedelai (50 gram)
  • Biji wijen (20 gram)
  • Minyak safflower (75 gram)
  • Daging sapi (300 milligram)

Menurut angka kecukupan gizi Indonesia, batas maksimal mengkonsumsi omega 6 pada pria usia 19 – 49 tahun adalah 16 gram per hari. Sedangkan untuk wanita usia 19 – 49 tahun, jumlah maksimal yang disarankan adalah 12 gram per hari.

Ragam Manfaat Omega 6 untuk Kulit

Apabila dikonsumsi dengan tepat, omega 6 dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit, Yuk, simak apa saja manfaat omega 6 untuk kulit, berikut ini:

1. Mencegah Kulit Kering dan Iritasi

Kulit yang dibiarkan kering tanpa segera diatasi dapat menimbulkan iritasi atau kondisi yang lebih parah, seperti psoriasis ataupun dermatitis atopik. Untuk mengatasinya, Realfoodfam dapat mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung omega 6.

Selain itu, Realfoodfam juga bisa mengaplikasikan produk skin care yang memiliki kandungan omega 6 di dalamnya. Pasalnya, omega 6 dapat memberikan efek melembabkan pada kulit secara alami. Selain itu, omega 6 juga dapat mengurangi sensitivitas kulit dan menjaga kulit agar kelembapannya senantiasa terjaga.

2. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

Meskipun bermanfaat bagi kesehatan tubuh, paparan sinar ultraviolet yang berlebihan juga bisa berbahaya dan menimbulkan gangguan kesehatan, seperti kerusakan kulit. Jika Realfoodfam terkena paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu yang lama, maka dapat mengakibatkan penuaan kulit.

Kabar baiknya, kandungan omega 6 dapat menguatkan skin barrier sebagai pelindung utama dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dan polusi. Selain itu, omega 6 juga berfungsi untuk mencegah peradangan kulit yang terjadi karena paparan sinar matahari yang terlalu lama.

3. Mencegah dan Mengurangi Jerawat

Manfaat omega 6 lainnya adalah mengatasi masalah jerawat. Tentunya, ini adalah permasalahan kulit yang seringkali dialami. Jika Realfoodfam kerap memiliki permasalahan jerawat yang membandel, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 6. Pasalnya, menurut penelitian, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 6 dapat mengurangi risiko breakout pada kulit wajah.

4. Menyamaratakan Warna Kulit

Omega 6 dapat merangsang pergantian sel. Dengan begitu, sel-sel baru yang sehat muncul permukaan kulit untuk menggantikan yang kusam dan mati. Dengan proses ini, maka kulit menjadi lebih cerah, melembutkan tekstur kulit, dan menyamaratakan warna kulit.

5. Mengurangi Efek Penuaan Dini

Bagi kaum hawa, munculnya kerutan, garis halus, ataupun noda hitam pada kulit wajah tentu saja menakutkan. Pasalnya, gejala penuaan dini tersebut dapat membuat kulit tampak kusam dan tidak segar. Namun, tenang saja karena omega 6 dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit sehingga Realfoodfam terlihat awet muda.

Manfaat omega 6 memang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk merasakan manfaatnya, Realfoodfam dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 6, seperti Realfood Jelly Kiwi Barrier Boost.

Ini adalah cemilan kecantikan yang berbentuk jelly dengan kesegaran kiwi yang berfungsi untuk memperkuat skin barrier. Realfood Jelly Kiwi Barrier Boost mengandung sarang burung walet, ekstrak kiwi, ekstrak peach, omega 6, omega 3, dan vitamin B5 yang bisa menjaga kesehatan kulit, terutama skin barrier.Snack kecantikan asli Indonesia ini juga bebas gula, rendah kalori, serta bebas kandungan pewarna dan pengawet. Realfoodfam bisa mengkonsumsinya kapan saja, baik siang atau malam, sebelum maupun sesudah makan.

Artikel Terkait: