6 Cara Alami untuk Menghilangkan Ketombe

19 Februari 2021
cara menghilangkan ketombe secara alami

Permasalahan ketombe dapat mengganggu penampilan seseorang. Kulit kepala yang gatal dan mengelupas merupakan salah satu pertanda yang harus diwaspadai.

Ketombe disebabkan oleh jamur malassezia yang memakan sebum (minyak alami rambut) dan memecahnya menjadi asam lemak yang dapat mengiritasi kulit kepala.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa kulit kepala sering kali merasa gatal dan kering, sehingga menyebabkan banyak sel kulit mati yang menumpuk dan menjadi ketombe. Untuk mengatasinya, simak cara menghilangkan ketombe alami berikut ini.

1. Mencuci Rambut

Langkah pertama untuk menghilangkan ketombe secara alami adalah keramas. Dengan begitu,  sel-sel kulit mati maupun kotoran yang menempel akan terbuang. Tetapi, jangan terlalu sering keramas. Sebab kebiasaan ini akan menghilangkan minyak alami pada rambut & kulit kepala.

Dilansir dari situs webmd.com, untuk mencuci rambut disarankan 2 hari sekali. Namun, hal ini juga harus disesuaikan dengan jenis rambut. Alangkah baiknya Realfoodfam berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan saran secara medis dengan tepat.

2. Menggunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil berasal dari ekstrak tanaman khusus Melaleuca alternifolia yang mampu mengobati kutu air dan juga dermatitis. Selain itu, kandungan antimikroba yang kuat mampu mengurangi jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan gatal di lapisan kulit kepala.

Cara menghilangkan ketombe alami memakai tea tree oil ialah dengan mengoleskan langsung ke seluruh rambut, lalu pijat lembut kulit kepala kemudian bilas sampai bersih.

Baca juga: 6 Cara Mudah Merawat Rambut Rusak Karena Rebonding Agar Kembali Sehat

3. Oleskan Minyak Kelapa

Cara alami menghilangkan ketombe bisa dengan menggunakan minyak kelapa yang terbukti mampu mengurangi iritasi kulit, mencegah pertumbuhan jamur, serta meningkatkan hidrasi kulit dengan baik. Untuk menggunakannya, Realfoodfam juga bisa langsung mengoleskannya ke rambut dan tunggu 15 menit baru dibilas hingga bersih.

4. Lidah Buaya

Dilansir dari Medical News Today, gel lidah buaya  mengandung senyawa asam amino dan antioksidan yang dapat dapat meningkatkan kelembaban kulit kepala, penyembuhan luka bakar, dan mengatasi ketombe.

Selain bisa menghilangkan ketombe, lidah buaya juga bisa mengatasi rambut rontok. Dengan menggunakan bahan alami ini, kulit kepala juga menjadi lebih dingin dan segar.

  • Ambil gel lidah buaya kemudian dihaluskan.
  • Setelah itu, oleskan sampai rata di kulit kepala dan diamkan selama 15 menit.
  • Setelah itu, bilas dengan air dingin.

Baca juga: Perpaduan Warna Cat Rambut yang Bagus dengan Warna Kulit

5. Bawang Putih

Bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe selanjutnya adalah bawang putih, Di dalamnya ada kandungan antibakteri untuk membunuh jamur maupun kuman yang bersarang di bawah permukaan kulit kepala.

Untuk menggunakan bawang putih sangatlah mudah.

  • Haluskan bawang putih kemudian mencampurnya dengan jahe ataupun madu.
  • Aduk sampai rata lalu oles di kulit kepala.
  • Oles dengan rata dan tunggu selama 15 menit.
  • Setelah kering, bilas dengan air bersih.

6. Asam Cuka

Asam cuka bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jamur dan bakteri penyebab ketombe. Berikut cara penggunaannya.

  • Oleskan asam cuka di kepala secara langsung.
  • Tunggu selama 15 menit.
  • Lalu, bilas hingga bersih.

Realfoodfam bisa memilih salah satu bahan alami yang aman untuk digunakan.  Untuk memaksimalkan kesehatan rambut, Realfoodfam bisa ikut Program 12 Hari Hair Power yang diformulasikan secara khusus dengan ekstrak lidah buaya yang kaya vitamin C, E, A, dan Zinc untuk menjaga kesehatan rambut dari dalam.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars