6 Cara Mudah Merawat Rambut Rusak Karena Rebonding Agar Kembali Sehat

31 Agustus 2020
cara menyehatkan rambut rusak akibat rebonding

Rebonding merupakan proses meluruskan rambut yang dijalankan oleh mereka yang memiliki permasalahan rambut keriting ataupun patah karena proses rebonding.

Namun, proses ini juga memungkinkan terjadinya kerusakan pada rambut karena dapat menghilangkan kelembaban alami rambut dan membuatnya menjadi kering.

Nah, ada beberapa cara yang bisa Realfoodfam gunakan untuk mengembalikan kesehatan rambut.

1. Menggunakan Sisir Bergigi Jarang

Menurut penelitian dari laman Universitas Pendidikan Indonesia, sisir yang biasa digunakan dapat berpengaruh terhadap tingkat kerusakan rambut. Penggunaan sisir yang bergigi padat bisa memperparah keadaan karena membuat rambut lebih mudah rontok, mudah patah, dan melukai kulit kepala.

Gunakan sisir bergigi jarang agar kondisi rambut tidak mudah rusak. Tidak hanya itu, cara menyisir rambut juga perlu diperhatikan. Sisir rambut dengan pola yang benar dengan cara membagi rambut menjadi beberapa bagian, kemudian sisir dari ujung rambut hingga ke akarnya.

2. Hindari Menggaruk Kepala

Menggaruk dapat menyebabkan kerusakan rambut menjadi lebih parah dan mudah patah. Alangkah baiknya untuk memijat lembut area kepala atau segera berkonsultasi ke dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan khusus untuk mengembalikan kesehatan rambut.

3. Hindari Penggunaan Pengering Rambut atau Hair Dryer

Menurut informasi dari Kumparan.com, bila kondisi rambut basah, lebih baik biarkan rambut mengering secara alami. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut karena dapat merusak batang rambut. Namun, apabila terpaksa menggunakan pengering, aturlah pada suhu terendah sebelum memakainya untuk meminimalisir kerusakan pada rambut.

Baca juga: 6 Langkah Awal Meningkatkan Kekebalan Tubuh di Zaman Modern

4. Menggunakan Sampo yang Mengandung Minyak Kelapa 

Pada rambut rusak karena rebonding, pemilihan sampo dapat mempengaruhi kondisi dan kualitas rambut. Seperti yang dilansir dari laman Sehatq.com, minyak kepala sangat baik untuk rambut karena dapat mengembalikan protein dan menjaga kondisi rambut tetap sehat secara alami. Jadi, memilih shampo yang mengandung minyak kelapa merupakan pilihan tepat.

Selain minyak kelapa, kandungan lain dalam sampo yang perlu diperhatikan adalah deterjen. Kandungan deterjen atau sodium laureth sulfate yang terlalu tinggi bisa menyebabkan  pengikisan minyak alami pada rambut. Oleh sebab itu, saat membeli shampo perhatikan dengan baik kandungan yang ada di dalamnya.

5. Melakukan Hair Mask

Perawatan lain yang dapat dilakukan untuk menyehatkan rambut yang rusak karena rebonding adalah dengan menggunakan masker rambut secara teratur. Masker rambut bisa mengembalikan tekstur alami rambut apabila digunakan secara terus-menerus. Penggunaan masker rambut ini bisa dilakukan sendiri di rumah.

Untuk melakukannya, Realfoodfam bisa menggunakan beberapa buah-buahan seperti pisang atau alpukat yang dihaluskan lalu dicampur dengan madu ataupun minyak kelapa, aduk merata selama 5 menit. Jika sudah, oleskan pada rambut dan tunggu 30 menit. Setelah selesai, bilas rambut dengan air bersih.

Baca juga: Sudah Tahu Rahasia Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami?

6. Memotong Ujung Rambut

Memotong ujung rambut dapat meminimalisir kerusakan rambut, bahkan potongan rambut pendek dapat mengatasi rambut yang bercabang, rambut rontok, hingga merawat lapisan rambut. Oleh karena itu, ada baiknya setiap 6 hingga 8 minggu sekali untuk memotong rambut.

7. Merawat Rambut dari Dalam

Tumbuh kembang rambut juga dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Sebagaimana yang dikutip dari Alodokter, Beberapa kandungan seperti vitamin A, B6, Asam folat dan protein dibutuhkan untuk menutrisi rambut.

Vitamin A berguna untuk produksi sebum pada kulit kepala agar rambut tidak kering. Vitamin B6 berguna untuk mempertebal rambut dan membuatnya berkilau, sementara asam folat dan protein berguna untuk memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok dan patah.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, rambut rusak karena rebonding dapat kembali seperti semula. Jadi, jangan malas merawat rambut ya!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars