7 Manfaat Air Liur Burung Walet untuk Tubuh

30 Juni 2020

Burung walet memiliki air liur yang memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Air liur walet terbuat dari banyak protein yang khusus serta mengandung asam amino. Sarang burung walet secara bertahap akan mengeras seiring berjalannya waktu tanpa harus dipanaskan. 

Olahan dari burung walet yang populer yaitu sup. Kendati demikian, banyak juga yang mengolah sarang burung walet ini menjadi makanan penutup. Ada juga yang membuat bahan kosmetik dari sarang burung walet.

Berikut ini adalah manfaat dari sarang burung walet yang dapat Realfoodfam gunakan dalam keseharian ataupun bahan untuk kecantikan wajah.

1. Memiliki Asam Amino 

Air liur burung walet mengandung asam amino yang terbuat dari protein seperti prolin dan juga aspartat yang berguna untuk meregenerasi sel kulit. Lalu, sistein dan fenilalanin yang berkhasiat untuk meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf, serta membantu mengoptimalkan penyerapan vitamin D dari sinar matahari.

Selain itu, air liur burung walet juga mengandung tirosin yang berfungsi sebagai bahan percepat pemulihan pasca operasi atau sakit, glukosamin yang berfungsi untuk proses memulihkan tulang yang rawan. 

Bahkan, beberapa asam amino tidak mampu untuk diproduksi oleh tubuh manusia. Hal inilah yang menjadikan sarang burung walet menjadi pilihan untuk menambah asam amino tersebut. Ternyata masih banyak lagi kandungan yang ada pada air liur burung walet seperti di antaranya adalah glikoprotein yang sangat mudah larut dan juga antioksidan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan yang ada pada sup ikan atau ayam.

2. Sumber Mineral yang Baik

Mineral yang terkandung dalam sarang burung walet juga sangat tinggi. Mineral diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti mangan, tembaga, seng, dan kalsium. Kandungan mineral mangan yang ada dalam tubuh. Ada juga mineral mangan yang di dalam tubuh dapat membantu untuk pertumbuhan tulang, melancarkan metabolisme tubuh, serta mampu menyembuhkan luka. 

Kandungan mangan juga berfungsi untuk memastikan dan mengaktifkan enzim secara optimal agar dapat bekerja kembali. Kandungan tembaga mampu berperan sebagai proses menurunkan kadar gula dan tekanan darah agar tetap normal. Tembaga juga berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, serta meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

3. Dapat Mencegah Resistensi Insulin

Berbagai macam studi penelitian telah membuktikan tentang mengkonsumsi sarang burung walet secara rutin mampu mencegah resistensi insulin, terutama bagi Realfoodfam yang sering makan makanan yang berminyak. Resiko yang dapat timbul adalah terkena penyakit diabetes.

Tahukah Realfoodfam bahwa sarang burung walet juga mengandung nutrisi yang dapat membantu mencegah otak melepaskan sinyal untuk memperbanyak produksi insulin. Hormon ini digunakan sebagai respon dari asupan lemak berlebihan yang masuk dalam tubuh. 

Selain itu, sarang ini juga dapat meningkatkan kerja pada metabolisme tubuh untuk memecah lemak dalam tubuh. Meski baru saja dilakukan uji coba pada hewan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan sangat baik jika dikonsumsi oleh manusia.

4. Tinggi Antioksidan

Dalam sebuah penelitian melaporkan bahwa sarang walet termasuk makanan tinggi antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa aktif yang memiliki manfaat agar mampu melawan efek dari radikal bebas yang dapat mengakibatkan banyak sekali penyakit kronis bagi manusia.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat lain yang bisa kita peroleh dari sarang burung walet yaitu penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Dari laporan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, khasiat dari sarang burung walet ternyata mampu untuk menurunkan resiko hiperkoagulasi atau pengentalan darah yang diakibatkan oleh kolesterol yang tinggi.

 6. Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sarang walet juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada manusia setelah menjalankan kemoterapi yang mengakibatkan kekebalan imun dalam usus melemah. Senyawa yang ada dalam liur burung walet ini juga berkhasiat untuk  mengurangi cedera yang terjadi pada jaringan usus akibat efek samping penggunaan obat cyclophosphamide.

Baca juga: 6 Cara Menjaga & Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

7. Meredakan Peradangan

Dalam sebuah penelitian tahun 2011 di Malaysia juga melaporkan bahwa dengan mengkonsumsi sarang burung walet secara rutin dapat efektif membantu mengurangi produksi TNF-α.  Produksi ini adalah protein yang khusus untuk dapat memicu peradangan yang terjadi sistemik pada tubuh. 

Realfoodfam kini memahami manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi sarang burung walet bagi kesehatan. Dengan mengetahui banyak sekali manfaat dari air liur burung walet ini, Realfoodfam jadi lebih tertarik untuk mencobanya, bukan? 

Mulai rutinitas sehat dengan Program 12 Hari Fit with Realfood yang dirancang dalam berbagai jenis program untuk memenuhi kebutuhan segala usia, mulai dari 1 tahun ke atas, baik pria maupun wanita. Ganti juga minuman ringan biasa menjadi yang lebih sehat seperti minuman ekstrak sarang burung walet dari Realfood, yuk! Minuman ini dibuat khusus secara alami menggunakan teknologi modern dan telah mendapatkan sertifikat MUI, BPOM, dan ISO 22000. 

Jadi, sudah Lengkapi kebutuhan nutrisi harian dengan minuman sehat walet dari Realfood setiap hari belum, Realfoodfam?

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars