7 Manfaat Buah Palem Bagi Kesehatan

07 Januari 2021
manfaat buah palem

Buah palem memiliki berbagai macam nutrisi yang baik bagi kesehatan karena mengandung mineral, vitamin, dan tingkat antioksidan yang tinggi. Pohon palem yang berwarna merah muda ditemukan di pinggir jalan atau rumah sebagai tanaman hias. Padahal, ada berbagai manfaat penting buah palem bagi kesehatan yang bisa kita dapatkan.

Lantas apa saja manfaat buah palem bagi kesehatan? Berikut berbagai manfaat dan khasiat buah palem.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari buah palem yaitu mampu menjaga kesehatan kulit. Buah palem bisa diambil ekstraknya dan dijadikan sebagai pelembab wajah ataupun untuk mengurangi efek akibat panasnya sinar matahari.

Kandungan riboflavin dan vitamin yang ada di buah palem berkhasiat mengatasi masalah kesehatan kulit lainnya seperti kemerahan, dan memar. Khasiat buah palem juga bisa digunakan bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buahnya langsung atau diolah menjadi obat yang dioleskan di permukaan kulit secara langsung.

2. Menyembuhkan Sakit Perut

Menurut Dr Anton Emmanuel seorang konsultan Gastroenterologist di London University College Hospital mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernan.

Realfoodfam bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah ini secara rutin karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B Kompleks, Vitamin C, serat, zat besi, seng, magnesium, dan juga kalium.

Hal tersebut  akan memperlancar pencernaan dan mencegah peradangan pada usus. Hal ni telah dibuktikan pada penelitian Sudram pada tahun 2003, buah palem memiliki banyak sekali kandungan flavonoid dan juga antioksidan yang  kompleks, sehingga bisa digunakan sebagai salah satu nutrisi untuk mengatasi masalah peradangan pada perut.

Baca juga: 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kecantikan Wajah

3. Pilihan Nutrisi yang Tepat Untuk Diet

Kandungan air dan mineral yang tinggi pada buah palem bisa digunakan pilihan nutrisi untuk diet. Buah palem mempunyai kandungan water-soluble dan flavonoid yang bisa digunakan alternatif makanan bagi orang yang sedang menjaga pola diet sehat.

4. Sebagai Alternatif Pengobatan Rumahan

Buah palem berfungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu mengatasi peradangan pada kulit dan juga mual. Tidak hanya itu saja, buah palem bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan minuman tonic untuk menjaga kesehatan. Realfoodfam bisa juga mengonsumsi berbagai makanan tinggi antioksidan untuk kesehatan tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Fungsi buah palem yaitu dapat membantu menurunkan berat badan karena hanya mengandung jumlah kalori yang lebih sedikit. Proses penurunan berat badan membutuhkan sedikit kalori daripada yang dikonsumsi setiap harinya, Realfoodfam bisa memanfaatkan sumber nutrisi dari buah ini dan mengatur pola makan sehat.

6. Menangkal Radikal Bebas

Buah palem memiliki kandungan senyawa antioksidan polifenol yang bisa menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Senyawa tersebut dapat menstabilkan dan mencegah kerusakan oksidatif kedita kadar dalam tubuh menjadi terlalu tinggi.

7. Dilengkapi Dengan Berbagai Macam Mineral

Buah palem memiliki kandungan yang melimpah akan mineral, termasuk fosfor, kalium, tembaga, fosfor, dan seng. Kalium berfungsi sebagai elektrolit dan membantu mengatur tekanan darah. Disamping zat besi, ada juga tembaga yang mampu membantu pembentukan sel darah merah. Hal ini juga bisa memperbaiki saraf dan fungsi kekebalan tubuh.

Sedangkan kandungan fosfor yang ada di buah palem dapat meningkatkan kekuatan gigi dan tulang. Zat fosfor digunakan oleh tubuh untuk memproduksi protein dan memperbaiki sel serta jaringan. Untuk kandungan seng dapat digunakan dari manfaat buah palem bagi kesehatan berfungsi untuk penyembuhan luka.

Dengan berbagai macam kandungan yang melimpah tersebut, Realfoodfam dapat mencoba khasiat buah palem untuk kesehatan.

Baca juga: 13 Manfaat Minum Teh Chamomile untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

 

Sumber:

  • https://www.medindia.net/patients/lifestyleandwellness/top-4-health-benefits-of-palmyra-fruit.htm
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14506001/
  • https://www.kanyakumarimemes.com/benefits-of-nungu-palm-fruit-all-about-nungu/
  • https://www.healthline.com/nutrition/heart-of-palm
  • http://etheses.uin-malang.ac.id/978/8/07620041%20Bab%204.pdf
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5789319/

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars